Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik yang Paling Banyak Dicari

vacuum cleaner terbaik

Vacuum cleaner, atau yang sering disebut dengan penyedot debu dalam bahasa Indonesia, adalah alat elektronik yang dirancang untuk membersihkan debu, kotoran, dan partikel-partikel kecil lainnya dari permukaan lantai dan permukaan lainnya. Vacuum cleaner bekerja dengan cara menciptakan tekanan rendah di dalam unitnya sehingga udara dan kotoran terhisap ke dalam tabung penyedot. Debu dan kotoran kemudian disaring dan disimpan dalam wadah atau kantong penyaringan yang dapat dilepas.

Di pasaran sendiri kini tersedia berbagai merek vacuum cleaner terbaik yang sangat berguna dalam membersihkan rumah, dan ruangan lainnya dengan cara yang efisien dan efektif. Apalagi kini telah tersedia berbagai model serta ukuran vacuum cleaner yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan spesifik Anda. Dengan begitu, dapat disesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. 

Tipe-tipe Vacuum Cleaner

Saat ini vacuum cleaner terbaik di pasaran sering dilengkapi berbagai aksesoris maupun fitur yang akan makin mempermudah pekerjaan menyedot debu. Ada banyak tipe vacuum cleaner yang dapat Anda pilih, masing-masing dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pembersihan.

Pemilihan tipe vacuum cleaner tergantung pada kebutuhan Anda, jenis lantai, dan area yang akan Anda bersihkan. Pastikan untuk mempertimbangkan jenis dan ukuran ruangan, tingkat kemudahan penggunaan, dan fitur yang Anda butuhkan saat memilih vacuum cleaner.

Berikut adalah beberapa tipe vacuum cleaner yang umum:

  1. Vacuum Cleaner Berdiri (Upright Vacuum Cleaner)

Tipe pertama dan merupakan vacuum cleaner yang pertama kali dikembangkan adalah upright vacuum cleaner. Karena itu, tipe ini merupakan salah satu vacuum cleaner terbaik yang ada di pasaran sebab menjadi yang paling umum dan mudah digunakan. 

Tipe ini memiliki desain yang tegak berdiri dan memiliki pegangan untuk menggerakan penyedot. Vacuum cleaner berdiri cocok untuk pembersihan lantai datar seperti karpet dan ubin, seiring perkembangannya, model ini juga telah banyak dilengkapi dengan aksesori tambahan untuk pembersihan dinding dan sudut.

  1. Vacuum Cleaner Canister

Model pengembangan pertama dari vacuum cleaner berdiri adalah vacuum cleaner canister, yang didesain berbentuk kotak dengan tabung yang dihubungkan ke kepala penyedot.

Dengan model yang kompak, tipe vacuum cleaner terbaik ini didesain untuk memenuhi kebutuhan pembersihan pada berbagai jenis lantai, dan permukaan, serta penyedotan debu di sudut-sudut rumah yang sulit dijangkau. Sebab, jenis canister ini biasanya lebih ringan dibandingkan model upright. 

  1. Vacuum Cleaner Stick

Vacuum cleaner stick adalah model yang lebih ringan dan mudah digunakan. Jenis ini cocok untuk pembersihan cepat dan harian, tetapi mungkin kurang efektif untuk membersihkan debu yang dalam atau karpet tebal.

  1. Vacuum Cleaner Robot

Salah satu pengembangan peralatan rumah tangga di zaman teknologi smart home. Vacuum cleaner robot adalah model otomatis yang dapat membersihkan lantai dengan sendirinya. Tipe ini dilengkapi dengan sensor untuk menghindari rintangan dan mengikuti rute pembersihan yang sudah ditentukan. Cocok untuk pembersihan harian dan pemeliharaan. 

Kini makin banyak rumah tangga yang menggunakan jenis ini karena aplikasinya yang sangat mudah menjadikan tipe vacuum cleaner robot sebagai salah satu vacuum cleaner terbaik yang ada di pasaran.

  1. Vacuum Cleaner Portabel

Selain pengembangan dengan robot, salah satu yang juga populer dalam pengembangan vacuum cleaner adalah yang bertipe portable. Dengan model yang kecil dan portable, jenis ini cocok untuk membersihkan permukaan kecil atau area yang sulit dijangkau, seperti tangga, mobil, atau jok sofa. Apalagi input listrik dapat memanfaatkan baterai, menjadikannya juga sebagai salah satu vacuum cleaner terbaik yang dapat Anda pilih 

  1. Vacuum Cleaner Wet and Dry

Vacuum cleaner wet and dry dirancang untuk membersihkan cairan, seperti tumpahan air, serta debu dan kotoran. Tipe ini biasanya digunakan di garasi, bengkel, atau untuk membersihkan permukaan keras yang sering terkena cairan.

Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik

Agar Anda tidak bingung dalam memilih merk vacuum cleaner terbaik, berikut ini rekomendasi yang bisa jadi pilihan sesuai kebutuhan Anda:

  1. Philips FC8291 Vacuum Cleaner 

Philips merupakan salah satu merek peralatan rumah tangga yang telah teruji sejak lama. Dari lini pembersihan, vacuum cleaner Philips FC8291 bisa menjadi opsi yang dapat Anda pertimbangkan. Dengan daya tampung hingga 1,6 liter, seri ini dapat membersihkan debu, kotoran, rambut rontok adalah poin utama dengan optimal. Ditambah boobt yang sangat ringan, dan harga yang sangat terjangkau pantas kalau Philips FC 8291 masuk jajaran salah satu vacuum cleaner terbaik yang ada di pasaran kini. 

  1. Philips Cordless Stick Vacuum Cleaner 3in1 SpeedPro Aqua

Sementara jika Anda memiliki kebutuhan penyedotan debu yang lebih kompleks, seri Philips lainnya yaitu 3in1 SpeedPro Aqua bisa jadi rekomendasi. Vacuum cleaner berjenis stick ini didesain khusus untuk membersihkan lantai dengan optimal. Belum lagi beragam fitur seperti pegangan yang ergonomis, lampu led yang dapat memindai debu akan makin memudahkan Anda dalam melakukan pembersihan. 

  1. Xiaomi Deerma DX700 2 in1 Handheld 

Merek Xiaomi yang terkenal sebagai pabrikan gawai kini mulai merambah memenuhi kebutuhan-kebutuhan elektronika rumah tangga. Tak terkecuali, Xiaomi kini juga memiliki produk-produk vacuum cleaner, dan salah satu vacuum cleaner terbaik dari Xiaomi adalah Derma DX700 2in1 yang dapat membersihkan bagian sudut-sudut ruangan dengan optimal karena memiliki fitur penyedot debu yang sangat kuat, sehingga mampu menyedot debu sampai ke sudut-sudut ruangan sekalipun yang sulit dijangkau. 

Tipe ini juga dapat menjadi opsi terbaik, karena memiliki sejumlah fitur unggulan seperti kapasitas tangki hingga 1,2 liter, HEPA filter untuk untuk menyedot debu penyebab alergi, hingga fitur anti bising. Dan yang paling menonjol adalah harganya yang sangat terjangkau, Anda dapat mendapatkan salah satu vacuum cleaner terbaik yang ada di pasaran ini dengan harga kurang dari 500 ribu.

  1. Kurumi KV 08 Robot 

Sedangkan untuk tipe vacuum cleaner robot, ada Kurumi KV 08 yang telah dilengkapi dengan teknologi giro yang akan membantu Anda melakukan pembersihan di jalur yang dapat Anda sesuaikan sendiri. Dengan desain yang mewah dan elegan, Kurumi KV 08 juga dapat dikoneksikan dengan ponsel sehingga meskipun berjalan otomatis, Anda dapat tetap memantau aksi pembersihan lantai sampai celah-celah terkecil dari salah satu vacuum cleaner terbaik ini. 

  1. BOLde Super Hoover Turbo

Adapun jika Anda menginginkan vacuum cleaner dengan harga yang super ekonomis namun tetap memiliki kinerja mumpuni, BOLde super Hoover Turbo bisa menjadi opsi vacuum cleaner terbaik yang Anda pilih. Dengan harga di bawah 300 ribu, Anda telah bisa memiliki vacuum cleaner dengan desain yang elegan dan ringkas yang dilengkapi dengan filter microparticle yang sangat ampuh untuk menyaring kotoran dan debu yang berukuran kecil sekalipun.

Sebelum memutuskan untuk membeli vacuum cleaner yang Anda inginkan, pertimbangkan pula untuk membaca ulasan konsumen dan membandingkan spesifikasi berbagai model. Semoga artikel ini bermanfaat ya. 

Artikel Terkait

Artikel Terbaru