Pilihan Bahan Lantai Carport yang Bagus

Sebelum membangun carport Anda perlu mempertimbangkan bahan lantainya yang bagus. Ini penting, karena fungsi dari lantai carport yaitu menahan beban kendaraan yang Anda miliki. Bahan lantai yang dipilih harus kuat dan mudah perawatannya. Berikut rekomendasi bahan lantai untuk carport yang bagus.

Lantai Carport Batu Alam

Apakah Anda pernah mendengar lantai berbahan batu alam? Lantai batu alam, sesuai namanya bahannya berasal dari batuan hasil dari letusan gunung berapi seperti batu andesit ataupun batu kali lempeng. Menemukan bahan lantai ini di toko bangunan juga tidak sulit dan harganya masih terjangkau.

lantai carport batu alam

pinterest.com

Bahan batu alam cocok digunakan untuk lantai karena mempunyai ketahanan yang bagus. Ciri lantai batu alam motifnya beragam dan biasanya mempunyai warna gelap hitam keabuan. Warna ini menjadi nilai tambah karena bisa menyamarkan jika terdapat noda.

Lantai Carport Plesteran

Solusi bagi Anda yang tidak ingin repot mencari bahan lantai untuk garasi kendaraan, bisa menggunakan semen sebagai plesteran. Membuat lantai dengan bahan ini juga lebih terjangkau sehingga bisa menghemat anggaran. Hasilnya pun bisa bisa menyesuaikan dengan kreativitas masing-masing.

pinterest.com

Karena plesteran ini bisa dikombinasikan seperti dengan rumput di bagian tengahnya ataupun dengan bahan lainnya. Hal yang harus diperhatikan jika menggunakan bahan ini yaitu diperlukan membuat motif garis-garis sebagai tekstur supaya lantai tidak licin.

Lantai Carport Homogenous

Merupakan bahan keramik yang mempunyai tingkat kekokohan yang baik, jenis ini bisa menjadi pilihan lantai garasi mobil Anda. Hasil uji tingkat kekerasan homogenous ini hasilnya yaitu sebesar 450 kilonewton. Jadi Anda tidak perlu meragukan daya tahannya karena sudah teruji.

pinterest.com

Jika keramik biasa mempunyai lapisan glazur dengan tanah liat, homogenous tersusun dari 1 material baik dari granit maupun marmer. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa sebelum pemasangan keramik ini tidak perlu direndam dengan air terlebih dahulu.

Lantai Carport Grass Block

Rekomendasi pilihan lantai carport yang bagus dan kuat berikutnya yaitu grass block. Bahan satu ini cocok diterapkan untuk lantai garasi karena materialnya terbuat dari beton sehingga kuat dan tahan lama untuk menahan beban kendaran yang berat.

pinterest.com

Tidak hanya dari segi kekuatannya saja, Anda juga bisa memilih jenis bahan ini sebagai penunjang rumah dengan kesan natural. Agar lebih tampak alami mengkombinasikan dengan rumput hias juga bisa Anda lakukan. Namun, diperlukan perawatan lebih jika Anda menambahkannya dengan rumput.

 

Baca Juga : Kotak Menyimpan Barang yang Wajib Ada di Rumah

 

Lantai Carport Semen Cetak

Berikutnya, bahan lantai yang bisa digunakan untuk carport adalah semen cetak. Bahan ini tersusun dari kombinasi koral, pasir dan semen yang dicetak menjadi lembaran dengan ukuran tertentu. Semen cetak ini biasanya mempunyai ketebalan 3 hingga 5 centimeter.

idea.grid.id

Jenis bahan ini cocok untuk garasi mobil, karena ketika proses pembuatannya sudah memperhitungkan tingkat kemiringannya. Nah, untuk mengurangi selip akibat licin dari bahan ini Anda bisa mengisi bagian nat dengan batu koral. Selain itu, penambahan koral juga menambah kesan estetika.

Lantai Carport Batu Koral

Selain bisa untuk mempercantik batu koral juga bisa dijadikan bahan utama lantai garasi rumah Anda. Bahan ini cocok sekali bagi Anda yang menyukai hal-hal estetik, karena batu koral ini bisa mempercantik lantai dan memberikan kesan elegan.

pinterest.com

Proses pemasangannya membutuhkan waktu lama, karena membutuhkan ketelitian ketika pemasangannya. Di akhir proses pemasangan biasanya dilakukan proses penyikatan dengan tujuan untuk memunculkan tekstur alaminya. Tidak heran bila bahan ini juga dikenal sebagai koral sikat.

Lantai Carport Keramik Vinyl

Ingin mempunyai lantai garasi yang beda dengan umumnya, Anda bisa memilih keramik vinyl. Keramik ini mempunyai banyak pilihan motif dan lebih tahan dibandingkan keramik biasa. Memiliki kemampuan terhadap air yang bagus dan lebih tahan goresan, karena punya lapisan anti-scratch.

eclipsesaga

Jadi, Anda bisa memilih motif keramik vinyl sesuai dengan bangunan rumah. Biasanya, motifnya seperti kayu berwarna coklat, namun ada pula warna-warna lainnya. Harga keramik ini pun masih di angka ratusan ribu per meternya, namun harga tersebut juga bergantung dari ketebalan yang Anda pilih.

Nah, sudah tahukan bahwa memilih lantai carport pertimbangan pertama yang harus Anda terapkan adalah dari segi kekuatannya. Setelah itu, baru Anda mempertimbangkan motif dan kesannya. Anda bisa menjadikan rekomendasi di atas sebagai bahan acuan nantinya saat memilihnya.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru