7 Manfaat Air Purifier Yang Wajib Diketahui Untuk Kesehatan

Air purifier merupakan salah satu alat berteknologi baru yang memberikan banyak manfaat, khususnya dalam bidang kesehatan. Alat tersebut dilengkapi dengan filter yang berguna untuk menyaring udara dalam ruangan. Berikut adalah ulasan mengenai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari alat ini:

Mampu Menetralisir Bau dalam Ruangan

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari pemasangan air purifier dalam ruangan adalah mampu menetralisir bau yang tidak sedap. Bau tersebut tentunya sangat mengganggu jika terus ada di dalam ruangan.

Alat ini juga telah diuji oleh Japan Spinners Inspecting Foundation dengan skala pengukuran bau. Hasil dari uji tersebut menunjukkan bahwa alat ini mampu menetralkan bau yang tidak sedap. Bau tersebut biasanya berasal dari partikel tertentu.

Prinsip kerja dari air purifier untuk menetralkan bau adalah dengan menyaring partikel penyebab bau tersebut. Ini akan membuat udara yang telah tersaring menjadi bersih dan tidak bau lagi.

Bisa Menyaring Gas Kimia Berbahaya dalam Ruangan

Pemasangan air purifier juga memberikan manfaat untuk mencegah terhirupnya gas yang berbahaya oleh anggota keluarga. Bahaya yang ditimbulkan dari menghirup gas kimia tersebut dapat berakibat jangka pendek maupun jangka panjang.

Gas yang terhirup akan menumbuk dalam tubuh dan mampu menyebabkan masalah yang serius terhadap kesehatan tubuh. Adanya gas beracun dalam ruangan dengan sirkulasi yang buruk juga bisa mengakibatkan masalah dalam pernapasan.

Air purifier juga dapat menyaring gas kimia, baik gas semprotan obat nyamuk, gas dari cairan pembersih lantai, atau gas beracun lainnya.

Mampu Menyaring Partikel Kecil

Virus dan bakteri dengan mudah berpindah dari satu orang atau tempat ke lainnya melalui partikulat-partikulat. Bakteri atau virus yang terbawa bisa menyebarkan penyakit, umumnya adalah batuk dan flu.

Sebagai upaya untuk memastikan kualitas udara di dalam ruangan supaya tidak terkontaminasi dengan bakteri atau virus pembawa penyakit, Anda bisa menggunakan air purifier. Pemasangan alat ini sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas udara agar tetap segar dan sehat untuk anggota keluarga.

Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Menjaga kualitas tidur adalah hal utama yang harus Anda perhatikan. Ketika kualitas tidur Anda terganggu, segala aktivitas dan produktivitas bisa menurun seiring dengan menurunnya kesehatan.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, agar tidak terganggu dengan alergen yang ada di kamar, Anda bisa memanfaatkan air purifier. Alat yang satu ini juga bisa menyaring debu, jamur, bakteri, dan alergen lainnya yang dapat memicu gangguan tidur Anda.

Tersedianya udara yang bersih dan segar, tentu akan membuat tidur Anda semakin nyaman, nyenyak, dan lebih berkualitas. Dengan demikian, Anda bisa memulai hari dengan tubuh yang segar karena kualitas tidur yang bagus.

Dapat Menyaring Partikel Penyebab Alergi

Manfaat berikutnya dari air purifier adalah dapat meringankan alergi. Cara kerjanya adalah dengan memfilter partikel-partikel yang menjadi penyebab dari munculnya alergi. Partikel yang dapat disaring diantaranya sebu, serbuk sari, dan partikel sejenis penyebab alergi.

Air purifier dapat menjaga udara tetap segar dan terbebas dari partikel alergen. Sehingga, Anda tidak lagi menghirup udara kotor yang dapat memicu batuk, bersin, dan hidung berair dalam ruangan. Kualitas udara dalam ruangan Anda akan terjaga dari partikel-partikel tersebut.

Bermanfaat untuk Penderita Asma

Penderita asma sangat direkomendasikan untuk memasang air purifier dalam ruangannya. Hal tersebut dikarenakan alat ini dapat mengurangi intensitas dari kambuhnya asma bagi penderita. Purifier dilengkapi dengan penyaring HEPA yang mampu memfilter partikel kecil seperti bulu hewan, debu, serbuk sari.

Udara dalam ruangan akan selalu menjadi segar dan bebas dari partikel kecil. Dengan demikian, kesehatan paru-paru Anda juga akan terjaga melalui kualitas udara yang selalu bersih.

Memfilter Radon yang Berbahaya

Radon termasuk gas yang tidak berwarna, tidak berbau, namun sangat berbahaya untuk kesehatan. Umumnya, gas ini berasal dari batuan, tanah, dan granit. Apabila material dari hunian Anda menggunakan beberapa dari bahan tersebut, pastikan untuk memasang air purifier.

Salah satu risiko yang dapat ditimbulkan dari sering menghirup atau terhirup radon ke tubuh adalah terkena kanker. Dengan adanya air purifier, gas tersebut akan tertahan dengan saringan HEPA dan menghasilkan udara yang bersih.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru