Jenis Tanaman Sukulen yang Banyak Dijumpai Saat Ini

Tanaman yang memiliki perawatan yang mudah serta mampu bertahan dengan berbagai kondisi disebut sebagai tanaman sukulen. Jenis tanaman sukulen sangat bermacam-macam yang dapat digunakan untuk menghias ruangan. Berikut beberapa tanaman sukulen yang dapat dipilih.

Tanaman Sukulen Haworthia

Haworthia merupakan salah satu tanaman sukulen dengan bagian tubuh yang kecil. Tanaman ini hanya memiliki tinggi maksimal 15 cm. Haworthia dapat tumbuh dengan subur ketika berada dibawah sinar matahari. Perawatannya pun juga cukup mudah dengan melakukan penyiraman secara teratur.

Jenis Tanaman Sukulen Haworthia

pexels.com

Namun, jika tidak mendapatkan air yang cukup maka tumbuhan ini tetap akan tumbuh sebagaimana mestinya. Tanaman ini memiliki warna hijau tua dengan daun yang memanjang dan runcing. Pada bagian daun juga terdapat garis berwarna putih yang membuat tanaman ini menjadi lebih indah.

Tanaman Sukulen Jade

Tanaman sukulen jenis ini dapat Anda gunakan sebagai dekorasi untuk menambah kesan sejuk pada ruangan. Pasalnya, Jade merupakan tanaman sukulen yang memiliki bunga dengan warna merah muda dan putih ketika mekar. Daun pada tanaman ini juga cukup unik dan menarik perhatian.

Jenis Tanaman Sukulen Jade

pexels.com

Bentuk daun yang tebal dengan tampilan yang gendut membuat tanaman ini memiliki kesan yang lucu. Daun Jade pada umumnya memiliki bentuk oval dan lonjong dengan warna hijau tua. Jika beruntung, Anda dapat menemui Jade dengan ujung daun yang berubah menjadi merah muda.

Tanaman Sukulen Kalanchoe

Tanaman sukulen Kalanchoe merupakan flora endemik dari Pulau Madagaskar dan beberapa negara tropis di Afrika. Jenis tanaman sukulen ini memiliki lebar daun sekitar 1,5 sampai 2,5 cm. Selain itu, panjang daun juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar yaitu sekitar 5 sampai 20 cm.

pexels.com

Tampilan tubuh tanaman yang tidak terlalu besar sangat cocok digunakan sebagai dekorasi rumah. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat karena memiliki antioksidan yang tinggi. Kalanchoe dikenal di Indonesia sebagai tanaman “cocor bebek”.

 

Baca Juga : Material Table Top yang Bagus untuk Dapur

 

Tanaman Sukulen Echeveria

Tanaman jenis ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki daya tahan yang cukup baik. Pasalnya, tanaman ini mampu bertahan dengan waktu cukup lama dalam kondisi tanpa air. Tanaman Echeveria juga dapat bertahan dalam kondisi yang relatif dingin bahkan membuat daun membeku.

pexels.com

Jenis sukulen yang memiliki lebar bunga 2 cm dengan diameter 50 cm membuat tanaman ini menjadi lebih estetik jika ditempatkan pada pot berwarna putih. Tanaman ini memiliki tampilan seperti tumpukan warna yang saling berkombinasi satu dengan yang lain.

Tanaman Sukulen Graptopetalum

Tanaman yang mampu bertahan lama dalam kondisi minim air ini dapat dijadikan salah satu tanaman untuk mempercantik tampilan rumah. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan penyiraman rutin pada  tanaman tersebut setiap hari.

pinterest.com

Anda dapat menempatkan tanaman ini pada bagian pojok ruangan untuk suasana lebih segar. Tanaman ini memiliki berbagai jenis warna yang dapat Anda pilih. Tampilan fisik dari tanaman ini juga cukup menarik karena susunan tumbuhan ini secara alami akan memiliki bentuk seperti bunga mawar.

Tanaman Sukulen Snake Plant

Memilih tanaman sukulen snake plant sebagai salah satu dekorasi rumah memang menjadi pilihan yang baik. Tanaman yang asli dari Afrika Barat ini memiliki daun yang memiliki berbagai kombinasi warna hijau. Jenis tanaman sukulen ini dapat dirawat dan dibudidayakan dengan sangat mudah.

pexels.com

Snake Plant ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Tanaman sukulen ini ternyata dapat bertahan hidup lebih lama dalam kondisi yang memiliki akses pencahayaan yang kurang serta minim air.

Tanaman Sukulen Torch Plant

Tanaman yang sekilas memiliki bentuk seperti lidah buaya ini ternyata dapat hidup dengan waktu yang cukup panjang. Secara tampilan fisik tumbuhan, Torch Plant berbentuk seperti obor dengan tinggi maksimal 50 cm. Pada bagian daun terkadang Anda juga akan menemui warna kemerahan.

pinterest.com

Walaupun terlihat begitu menarik, tanaman ini memiliki duri-duri yang menyebar di sekitar daun. Hal ini harus membuat Anda berhati-hati ketika melakukan perawatan pada tanaman ini. Jika dirawat secara optimal Torch Plant dapat tumbuh dengan bunga yang mencapai lebar 45 cm.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru