Berapa Ukuran Wastafel Cuci Piring yang Ideal? Simak Penjelasannya!

ukuran wastafel

Ukuran wastafel cuci piring adalah salah satu pertimbangan yang harus Anda buat ketika merombak atau membangun dapur. Pasalnya, dapur sendiri merupakan salah satu area paling penting untuk kegiatan rumah tangga.

Di area dapur, Anda akan memasak, mengolah makanan, hingga mencuci piring-piring atau perlengkapan makan. Karena itulah, dapur perlu terasa nyaman, bersih, dan fungsional.

Ingin tahu berapa ukuran wastafel cuci piring yang ideal untuk rumah Anda? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Berbagai Manfaat Wastafel Cuci Piring

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan dari kehadiran wastafel cuci piring. Salah satunya adalah menjaga peralatan makan dan memasak menjadi lebih bersih dan higenis untuk digunakan.

1. Menjaga Kebersihan

Dengan memanfaatkan wastafel cuci piring, Anda bisa membersihkan kotoran, sisa makanan, sampai bakteri yang mungkin menempel. Hal ini tentunya berdampak secara tidak langsung terhadap kesehatan anggota keluarga yang tinggal di rumah.

2. Menghemat Waktu

Selain itu, penggunaan wastafel cuci piring di dapur juga lebih efisien dan dapat menghemat waktu. Wastafel cuci piring telah dilengkapi dengan kran air yang dapat mengalirkan air dengan cukup.

Apabila Anda membandingkan proses mencuci piring di kamar mandi, wastafel cuci piring di dapur lebih unggul dalam akses kebersihan dan membuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih cepat selesai.

3. Menghemat Air

Poin plus lainnya, penggunaan wastafel cuci piring juga dapat menghemat air. Karena kebanyakan produknay sudah dilengkapi dengan fitur kran air yang dapat dikontrol. Dengan begitu, Anda bisa mengatur penggunaan air sesuai kebutuhan dan mencegah aliran air yang berlebihan saat mencuci piring.

4. Tampak Estetik

Kehadiran wastafel cuci piring di dapur rumah juga dapat menunjang nilai estetika atau keindahan interior. Kelebihan lainnya, nih!

5. Lebih Nyaman Digunakan

Ketika Anda hendak membersihkan peralatan makan dan memasak, Anda tidak perlu membungkuk jika menggunakan wastafel cuci piring. Sebab, wastafel cuci piring sudah dirancang untuk mengurangi cedera pada punggung. Sehingga Anda juga tidak lebih cepat lelah!

Ragam Jenis Ukuran Wastafel Cuci Piring 1 Bak

Sebelum memutuskan untuk membeli wastafel cuci piring baru, Anda perlu mengetahui macam-macam ukuran terlebih dahulu. Berikut berbagai jenis ukuran wastafel cuci piring 1 bak yang bisa Anda miliki!

1. Ukuran Wastafel Cuci Piring 1 Bak 50 x 40 cm

Ukuran wastafel cuci piring 1 bak yang pertama adalah ukuran 50 x 40 cm. Ukuran wastafel cuci piring 1 bak ini cocok untuk area dapur yang mungil.

Agar tidak terlihat sempit, Anda bisa menggunakan wastafel tanpa sayap untuk tatakan peralatan dapur. Wastafel ini juga dirancang untuk kegiatan mencuci peralatan dapur saja.

2. Ukuran Wastafel Cuci Piring 1 Bak 75 x 40 cm 

Lalu ada juga ukuran wastafel cuci piring 1 lubang dengan ukuran 75 x 40 cm. Nah, kalau ukuran wastafel yang ini lebih cocok untuk ruangan dapur yang sedang!

Ukuran lubang wastafel cuci piring ini juga lebih besar dan memiliki bagian sayap. Sehingga Anda adpat mencuci dan meletakkan peralatan dapur dengan rapi.

3. Ukuran Wastafel Cuci Piring 1 Bak 96 x 43 cm

Ukuran wastafel cuci piring 1 bak yang ketiga adalah 96 x 43 cm. Desainnya dibuat dengan 1 bak tempat mencuci piring serta 1 sayap untuk menaruh piring, gelas, dan peralatan makan lainnya.

Karena ukuran wastafel cuci piring 1 lubang ini lebih lega, Anda bahkan bisa meletakkan panci, wajan, atau perlengkapan memasak yang lebih besar.

4. Ukuran Wastafel Cuci Piring 1 Bak 52 x 38 cm

Terakhir, ada ukuran wastafel cuci piring 1 bak 52 x 38 cm. Ukurannya mungkin tidak terlalu besar, tapi desainnya cocok untuk dapur yang dinamis.

Anda bisa mencuci peralatan dapur hingga mencuci bahan-bahan masakan dengan leluasa. Karena minimalis, jenis wastafel cuci piring ini cocok untuk dapur yang modern.

Tips Memilih Wastafel Cuci Piring

Ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda buat sebelum membeli wastafel cuci piring. Di antaranya adalah:

1. Cari Tahu Ukuran Standar Wastafel Cuci Piring

Kebanyakan wastafel cuci piring memiliki ukuran standar 60 cm hingga 65 cm. Lebarnya sendiri bervariasi.

Berikut rincian ukuran lebar wastafel cuci piring yang ideal:

– Ukuran wastafel cuci piring 1 bak atau single sink lebarnya 80 cm

– Ukuran wastafel cuci piring 2 bak atau double sinks lebarnya 120 cm.

– Ukuran wastafel cuci piring 3 bak atau triple sinks lebarnya 150 cm.

2. Pertimbangkan Bahan Wastafel

Pertimbangan yang pertama berkaitan dengan material bahan wasatafel. Ada banyak bahan wastafel yang bisa Anda temukan di pasaran.

Untuk wastafel cuci piring yang awet dan tahan lama, sangat direkomendasikan untuk menggunakan wastafel dengan bahan stainless steel. Bahan ini dinilai awet, harganya terjangkau, dan memiliki variasi warna yang menarik.

Selain itu, usahakan untuk membeli wastafel  yang bahannya solid. Tak cuma terlihat indah, wastafel ini juga berumur panjang. Walaupun biaya perawatannya mungkin cukup tinggi.

3. Sesuaikan dengan Ukuran Dapur

Selain mengetahui jenis ukuran wastafel cuci piring yang tepat, Anda juga perlu mengetahui berapa ukuran dapur rumah Anda. Contohnya nih, untuk dapur ukuran 40 meter persegi, Anda bisa memakai wastafel dengan ukuran mungil.

Karena apabila ukuran wastafel cuci piring terlalu besar, hal itu bisa membuat space dapur menjadi lebih sempit. Anda juga bisa jadi kurang leluasa untuk beraktivitas di dalamnya.

4. Jangan Lupa untuk Ukur Kedalaman Wastafel

Tips selanjutnya untuk membeli wastafel cuci piring adalah mengukur kedalaman wastafelnya terlebih dahulu. Untuk Anda yang tinggal sendiri atau berdua, bisa gunakan wastafel cuci piring dengan kedalaman 20 cm.

Sedangkan, untuk rumah dengan lebih banyak anggota keluarga bisa gunakan wastafel dengan kedalaman 25 cm atau lebih.

5. Ketahui Tinggi Wastafel yang Nyaman

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah memilih ketinggian wastafel cuci piring. Anda bias menyesuaikan tingginya yang pas agar tidak perlu membungkuk atau menjinjit saat menggunakannya.

Idealnya, ukuran wastafel cuci piring untuk orang Indonesia tingginya adalah 80 cm dari lantai. Catat, nih!

Ragam Inspirasi Desain Wastafel Cuci Piring

Butuh inspirasi desain wastafel cuci piring untuk rumah Anda? Tak perlu khawatir, simak inspirasinya di sini!

1. Desain Simpel dengan Single Sink

Desain yang pertama ini untuk ukuran wastafel cuci piring 1 bak. Sehingga Anda bisa mencuci semua peralatan masak dan makan dalam bak yang sama.

Karena ukuran lubang wastafel cuci piring ini juga tak terlalu besar, jenis wastafel ini cocok untuk tipe rumah minimalis.

2. Multitasking dengan Ukuran Wastafel Cuci Piring 2 Bak

Wastafel cuci piring 2 bak atau double sink membuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih efisien! Cocok buat Anda yang suka multitasking, nih.

Dengan bak ganda, Anda bisa mencuci piring sembari mencuci sayuran atau bahan masakan. Karena baknya terpisah, Anda bisa juga memisahkan piring kotor dan piring bersih. Lebih higenis!

3. Corner Sink untuk Area Pojok Dapur

Area pojokan dapur juga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan kehadiran corner sink, lho! Desain wastafel cuci piring ini juga out of the box, sehingga terlihat unik!

4. Wastafel Cuci Piring Model Deep Sink 

Jenis wastafel cuci piring dengan deep sink bisa mencegah tumbukan perabotan dapur yang berjatuhan. Anda juga tidak perlu cemas selalu terciprat air.

Desainnya sederhana tapi bisa memuat banyak barang. Sangat cocok untuk dapur modern!

5. Wastafel Cuci Piring dengan 3 Bak

Butuh desain wastafel yang lebih besar? Coba lirik wastafel cuci piring dengan tiga bak, deh! Ada 2 bak ukuran besar serta 1 bak ukuran kecil. Tapi, karena ukurannya besar, Anda mungkin tidak bisa menggunakannya di dapur ukuran mungil.

Itu dia artikel lengkap yang membahas tentang ukuran wastafel cuci piring. Semoga artikel ini membantu, ya!

 

Artikel Terkait

Artikel Terbaru