Ukuran TV 32 Inch Berapa Cm? Ini Penjelasan Lengkapnya!

ukuran tv 32 inch berapa cm

Membeli televisi secara online memang jauh lebih praktis dan cepat dibandingkan harus mengunjungi satu per satu toko elektronik. Namun, biasanya banyak orang bingung mengenai dimensi ukuran sebenarnya dalam satuan sentimeter. Itulah mengapa banyak muncul pertanyaan seperti ukuran TV 32 inch berapa cm?

Perlu diketahui, ukuran inch pada televisi adalah ukuran yang menunjukkan diagonal layarnya. Artinya, jika Anda mencari TV untuk diletakkan di sisa area yang cukup sempit, ukuran inch tersebut mungkin akan menyulitkan Anda untuk memprediksi hal ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membeli TV 32 inch, tapi tidak tahu berapa ukurannya dalam satuan cm, Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Ukuran TV 32 Inch Berapa Cm?

berapa panjang dan lebar tv 32 inch

Pixabay.com

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya mengenai ukuran TV 32 inch berapa cm, terutama karena saat ini televisi hadir dalam berbagai rasio aspek. Dua di antaranya yang paling umum ditemukan pada TV 32 inch, yaitu 16:9 (widescreen) dan 4:3 (standard).

Meski ukuran diagonal layarnya tetap sama, yaitu 32 inch, tetapi perbedaan rasio ini akan memengaruhi dimensi lebar dan tinggi layar. Lalu, berapa ukuran sentimeter untuk kedua rasio tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Ukuran TV 32 Inch Rasio 16:9

Saat ini, rasio 16:9 seolah sudah menjadi standar untuk produk televisi 32 inch keluaran terbaru. Selain mampu menciptakan ilusi layar yang terlihat lebih besar, rasio ini juga dianggap lebih ideal untuk menonton konten dalam format widescreen seperti film HD atau acara televisi modern yang kebanyakan dirancang untuk tampilan lebar.

Pada TV ini, ukuran layar 32 inch diukur dari diagonal layar, bukan lebar atau tingginya. Untuk mengonversi ke sentimeter, 1 inch sama dengan 2,54 cm. Sehingga ukuran TV 32 inch dalam satuan cm adalah 81,28 cm.

Dengan rasio 16:9 tersebut, maka ukuran lebar layar TV 32 inch adalah 70,8 cm dan tingginya 39,8 cm. Berikut rangkuman rincian ukuran TV 32 inch berapa cm untuk jenis rasio 16:9:

  • Diagonal layar: 81,2 cm
  • Lebar: 70,8 cm
  • Tinggi: 39,8 cm

2. Ukuran TV 32 Inch Rasio 4:3

Rasio aspek 4:3 biasanya digunakan pada produk TV lama, meskipun beberapa merek TV mungkin masih menerapkan rasio ini pada produk terbarunya.

Untuk TV 32 inch dengan rasio 4:3, diagonal layarnya masih sama seperti pada rasio 16:9, yaitu 81,28 cm. Namun, karena rasio ini lebih “kotak”, maka ukuran lebar dan tingginya berbeda dari model 16:9.

Pada TV 32 inch dengan rasio 4:3, lebar layarnya adalah 65,8 cm dan tingginya 48,8 cm. Berikut rangkuman rincian ukuran TV 32 inch berapa cm untuk jenis rasio 4:3:

  • Diagonal layar: 81,2 cm
  • Lebar: 65,8 cm
  • Tinggi: 48,8 cm

Cara Mengukur Televisi

ukuran tv 32 inch berapa cm panjang lebar

Lifewire.com

Jika Anda memiliki televisi 32 inch dengan rasio aspek berbeda dari yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda juga bisa mengukurnya sendiri dengan mudah. Berikut tips cara mengukur televisi untuk Anda ikuti:

  • Ukur televisi secara diagonal dari ujung bagian atas ke ujung bagian bawah menggunakan meteran.
  • Ukur dari layar ke layar, bukan dari bezel TV untuk mendapatkan ukuran yang sebenarnya.

Cara Mengatur Posisi TV yang Ideal dan Terbaik

Meletakkan televisi di rumah sebaiknya tidak dilakukan sembarangan untuk mendapatkan sudut pandang terbaik. Selain itu, hal ini juga bisa membuat pengalaman menonton TV Anda menjadi lebih nyaman.

Berikut adalah beberapa tips cara mengatur posisi televisi yang ideal dan terbaik, yaitu:

  • Atur ketinggian TV agar sejajar dengan mata.
  • Berikan jarak menonton yang ideal, sekitar 1,2 hingga 3 meter (tergantung ukuran inch TV Anda).
  • Pastikan posisi TV tidak berhadapan langsung dengan sumber cahaya, seperti jendela atau lampu yang terang.
  • Atur posisi TV dengan sedikit kemiringan ke bawah jika televisi dipasang lebih tinggi di dinding.
  • Gunakan ukuran televisi yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda.

Rekomendasi TV 32 Inch Terbaik dan Murah

Setelah mengetahui ukuran TV 32 inch berapa cm dan beberapa informasi terkait lainnya, kini apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk membelinya? Jika iya, berikut adalah beberapa rekomendasi TV 32 inch terbaik dan murah untuk dijadikan referensi.

1. SHARP LED TV 32 Inch 2T-C32EG1i

TV 32 inch SHARP

Renos.id

Sudah dilengkapi dengan teknologi Google TV, SHARP LED TV 32 Inch 2T-C32EG1i dapat menjadi pilihan menarik karena menawarkan fitur-fitur yang siap memanjakan Anda. Mulai dari speaker Dolby Audio, pengingat waktu adzan, voice search, hingga screen mirroring dari PC atau smartphone ke layar TV.

Secara spesifikasi, televisi ini menggunakan sistem operasi Android TV 11. Layarnya sudah mendukung FHD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel, juga telah dilengkapi dengan teknologi wide color dan S2 Revelation Processor yang dapat mengurangi noise serta cakupan rentang warna yang lebih luas.

Harga TV SHARP LED 32 Inch 2T-C32EG1i: Rp2650.000

Cek juga TV LED SHARP 32 Inch 2T-C32DC/C32GD di sini!

2. SAMSUNG LED Smart TV 32T4500

TV 32 inch SAMSUNG

Renos.id

SAMSUNG LED Smart TV 32T4500 menawarkan layar HD dengan resolusi 1366 x 768 piksel yang mampu memberikan kualitas gambar cukup jernih berkat penggunaan teknologi HDR dan PurColor.

Smart TV dengan built in WiFi ini juga dibekali konektivitas cukup komplit, meliputi HDMI, USB, dan bluetooth. Selain untuk nonton, TV SAMSUNG 32 inch ini juga dibekali fitur Remote Access untuk mirroring dari komputer ke layar TV. Sedangkan, untuk sistem operasinya menggunakan OS Tizen.

Harga Smart TV SAMSUNG LED 32T4500: Rp2.999.000

3. LED TV 32 Inch POLYTRON PLD 32TV1755

TV 32 inch POLYTRON

Renos.id

Dilengkapi dengan speaker tower yang mampu menghasilkan audio berkualitas, TV POLYTRON PLD 32TV1755 cocok untuk Anda yang ingin merasakan suasana menonton bioskop di rumah. Tak hanya itu, kualitas gambar yang dihasilkan diklaim lebih jernih, tanpa noise dan tidak berbayang.

Meskipun bukan termasuk smart TV, tetapi tersedia port USB dan HDMI yang memungkinkan Anda untuk memutar lagu atau film favorit langsung dari USB yang dihubungkan ke televisi.

Harga LED TV POLYTRON PLD 32TV1755: Rp2.023.560

4. Smart TV LED TCL 32A3

TV 32 inch TCL

Renos.id

Menawarkan desain stylish dengan bezel super tipis, TCL Smart TV LED 32A3 memiliki layar HD beresolusi 1366 x 768 piksel yang dilengkapi teknologi HDR untuk kontras gambar yang lebih baik. Tersedia juga teknologi Dolby Audio yang akan memanjakan telinga Anda.

Dari segi dapur pacu, TV ini menggunakan prosesor Quad Core CA53 64 bit yang bertandem dengan OS Android 9. Memorinya memiliki kapasitas 1,5GB untuk RAM dan 8GB untuk ROM. Untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih memuaskan, tersedia fitur WiFi 2.4G dan juga bluetooth.

Harga Smart TV LED TCL 32A3: Rp2.350.000

Temukan juga produk Smart LED TV TCL 32A5+ di sini!

5. TOSHIBA LED TV 32S25KP

TV 32 inch TOSHIBA

Renos.id

TOSHIBA LED TV 32S25KP adalah TV digital dengan resolusi layar 1366 x 768 piksel (HD-Ready) yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti Digital Noise Reduction, Color-Re-master, Picture Optimizer, dan Contrast Booster untuk kualitas gambar lebih jernih.

Tampilannya pun sangat stylish karena menerapkan bezel-less design. Di sektor audio, TV ini sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Audio yang dikenal bagus. Selain itu, ada juga fitur konektivitas HDMI dan USB untuk mendukung kebutuhan entertainment Anda.

Harga TOSHIBA LED TV 32S25KP: Rp1.638.000

6. TV AQUA 32

TV 32 inch AQUA

Renos.id

Memiliki konsumsi daya sebesar 36 watt, TV AQUA 32 mungkin bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang mencari TV hemat listrik. Layarnya memiliki resolusi HD 1366 x 768 piksel, serta telah dilengkapi dengan teknologi Colour Enhancement dan Wide Colour.

Jika Anda ingin memutar file lagu atau film di TVi, televisi ini menyediakan fitur USB 2.0. Selain itu, tersedia juga konektivitas HDMI buat Anda yang ingin menghubungkan laptop ke layar TV. 

Harga TV AQUA 32: Rp1.528.000

7. SMART TV 32″ COOCAA

TV 32 inch COOCAA

Renos.id

Mengadopsi frameless design yang tampak elegan, COOCAA Smart TV 32 Inch akan memberikan nuansa modern pada ruang santai Anda. Fitur-fitur yang dihadirkan pun cukup lengkap, seperti Google Assistant, Certified YouTube dan Netflix, juga konektivitas USB serta HDMI.

Smart TV ini sendiri menggunakan sistem operasi Android 9.0, dengan kapasitas memori ROM 1GB dan RAM 8GB. Sedangkan, untuk pemrosesan grafisnya menggunakan GPU Mali470 Triple core.

Harga COOCAA Smart TV 32 Inch: Rp1.799.000

Itulah penjelasan mengenai ukuran TV 32 inch berapa cm yang dapat membantu Anda dalam mencari TV yang sesuai dengan ukuran ruangan di rumah. Jika Anda sedang mencari TV 32 inch terbaik dengan harga kompetitif, Renos.id adalah pilihan tepat.

Renos.id adalah marketplace online yang menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah, termasuk salah satunya televisi dengan harga kompetitif dan pastinya berkualitas. Yuk, segera cek website Renos.id sekarang!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru