Ragam Ukuran Selang Air, Jenis, dan Tips Memilihnya 

ukuran selang air

Jika Anda sering memelihara banyak tanaman di rumah atau sering mencuci kendaraan, Anda pasti sudah tidak asing dengan selang air, perkakas rumah tangga dengan fungsi serba guna. Hampir tiap rumah tangga perlu memiliki selang air, karena biasanya sumber saluran air berada jauh dari penggunaannya. 

Buat Anda yang memiliki kebutuhan untuk mengalirkan air cukup intens, maka Anda juga perlu mengetahui ukuran selang air yang tepat. Sebab, di pasaran tersedia beragam jenis selang air yang memiliki fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut. 

Berbagai Ukuran Selang Air

Di pasar, ukuran selang air tersedia dengan berbagai variasi, tergantung produsen, dan kebutuhan penggunaannya. Beberapa produsen selang bahkan menyediakan layanan untuk membuat ukuran selang air sesuai permintaan pelanggan. Namun Anda tak perlu bingung, berikut ini beberapa ukuran selang air yang umum digunakan. 

  1. Ukuran Selang Air ½ Inci

Ukuran selang air dengan diameter ½ inci merupakan yang paling lazim digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Karena ukuran ini paling banyak tersedia dan dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti penyiraman taman, mencuci mobil, atau mengisi ember. 

  1. Ukuran Selang Air 5/8 Inci

Jika Anda membutuhkan debit air yang lebih besar, dan menganggap selang ukuran 1.2 inci terlalu kecil maka ukuran 5/8 inci bisa jadi alternatif. Dengan diameter yang lebih besar, ukuran selang ini dapat memberikan debit air yang lebih banyak, sehingga aktivitas seperti pengisian tangki, toren bisa dilakukan lebih cepat. 

  1. Ukuran Selang ¾ Inci

Ukuran selang selanjutnya yang biasanya tersedia untuk umum adalah ¾ inci, Namun ukuran selang ini biasanya jarang digunakan untuk rumah tangga, karena diameternya yang cukup besar. Selang ¾ Inci sering digunakan untuk kebutuhan komersial seperti binatu, restoran bahkan untuk kebutuhan-kebutuhan industri skala kecil. 

  1. Ukuran Selang 1 Inci atau Lebih Besar 

Adapun ukuran selang 1 inci atau yang lebih besar tidak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, melainkan untuk industri. Aplikasinya meliputi industri, pertanian, atau konstruksi yang memerlukan aliran air besar.

Jenis-jenis Selang Air

Berdasarkan jenisnya, selang air di pasaran memiliki perbedaan. Berikut penjelasannya:

  1. Selang Air Karet

Karet merupakan jenis selang paling umum yang digunakan karena sifatnya yang elastis dan tahan terhadap tekanan air tinggi. Material karet juga relatif memiliki daya tahan terhadap cuaca dan suhu ekstrem, namun jenis selang ini memiliki kelemahan bobot yang besar, terutama jika aplikasinya dilakukan di tempat yang jauh dari sumber air. 

  1. Selang Air Vinil

Jenis selang air vinil dapat menjadi opsi alternatif selang air karet untuk aplikasi-aplikasi yang jauh dari sumber air karena bobotnya yang lebih ringan dan harga yang lebih terjangkau. Namun, durabilitas selang vinil tidak sekuat karet sehingga cenderung lebih rentan terhadap kerusakan dan aus akibat sinar UV dan suhu ekstrem.

  1. Selang Air Kain

Jenis selang selanjutnya adalah selang air kain dengan lapisan dalam yang terbuat dari kain atau serat tekstil yang diperkuat. Jenis yang hadir dengan berbagai ukuran selang ini juga bisa jadi alternatif untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan ketahanan tinggi terhadap tekanan. Makanya jenis selang ini sering digunakan dalam aplikasi industri atau konstruksi.

  1. Selang Air Tekanan Tinggi

Selain jenis selang yang umum di pasaran, ada beberapa jenis selang yang didesain khusus untuk kebutuhan-kebutuhan industri atau komersial. Selang air tekanan tinggi salah satunya, selang ini dirancang untuk mengatasi tekanan air yang tinggi dan biasanya digunakan dalam aplikasi industri dan konstruksi.

  1. Selang Air Tahan Panas

Sama seperti selang air tekanan tinggi, jenis selang ini dibuat dari bahan yang dapat menahan suhu tinggi untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri yang menggunakan air dengan suhu-suhu tinggi. Misalnya pada industri pengolahan makanan dan minuman yang kontrol suhunya sangat ketat. 

Tips Memilih Ukuran Selang Air yang Tepat

Untuk kebutuhan dasar rumah tangga, sejatinya ukuran selang air memang tidak terlalu banyak, tetapi karena aktivitas pengaliran air juga dibutuhkan ke berbagai aktivitas industri perkembangan ukuran selang air juga ikut bertumbuh. Untuk memudahkan Anda dalam memilih ukuran selang air yang tepat, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan referensi

  1. Diameter

Ukuran diameter tentu menjadi faktor utama dalam memilih selang air. Pada umumnya diameter ukuran selang air tersedia mulai dari 1/2 inci hingga 2 inci atau lebih. Diameter selang air akan mempengaruhi seberapa banyak air yang dapat mengalir melalui selang tersebut dalam satu waktu. Selang dengan diameter yang lebih besar dapat mengalirkan lebih banyak air, namun dengan tekanan yang lebih rendah. Sebaliknya, ukuran diameter yang kecil mengalirkan lebih sedikit air dengan tekanan tinggi. 

  1. Panjang

Selain ukuran diameter, panjang ukuran selang air juga perlu Anda pertimbangkan dalam membeli selang air. Sebelum membeli, Anda perlu memastikan jarak antara sumber air dengan tempat aplikasi, pastikan panjang selang cukup menjangkau dan tidak terlalu banyak tersisa. Tujuannya agar aktivitas Anda tidak terganggu dengan panjang selang air yang berlebihan. 

  1. Tekanan

Untuk beberapa jenis selang air juga telah dilengkapi dengan pengatur tekanan air. Jika kebutuhan Anda cukup banyak, Anda dapat mempertimbangkan memilih selang air yang memiliki pengatur tekanan. Tak hanya itu, ketebalan ukuran selang air juga turut mempengaruhi tekanan karena selang yang lebih tebal dan tahan tekanan tinggi cocok untuk aplikasi yang membutuhkan aliran air kuat, seperti penyiraman taman atau pembersihan.

  1. Material

Pada umumnya selang air dibuat dari material seperti karet, vinil, plastik, PVC. Untuk memilih material selang air yang cocok, Anda perlu memastikan material yang dipilih sesuai dengan medan kerja Anda. Misalnya jika Anda sering menggunakan selang air di luar ruang yang terpapar sinar matahari langsung, pilih bahan yang kuat terhadap sinar UV. 

  1. Jenis Konektor

Konektor antara selang dengan keran air biasanya sering luput dipertimbangkan saat membeli selang air. Karena masyarakat seringkali langsung memasang selang ke keran, padahal, ini bisa mempengaruhi usia, menghambat aktivitas pekerjaan Anda. Sangat disarankan untuk memiliki konektor selang air, dan pastikan konektor yang ingin Anda beli kompatibel baik ukuran dan material selang air yang Anda gunakan. 

  1. Fitur Tambahan

Selain hal mendasar yang dijelaskan sebelumnya, beberapa jenis dan ukuran selang air juga bisa memiliki berbagai fitur tambahan, seperti lapisan anti-torsi atau lapisan tahan UV. Anda dapat mempertimbangkan fitur-fitur tambahan ini dalam memilih selang air yang dibutuhkan. 

Pilihlah jenis selang air yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, lingkungan penggunaan, dan anggaran Anda. Pastikan untuk merawat selang air Anda dengan baik agar tetap berfungsi dengan baik dan memiliki umur pakai yang lebih lama.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru