Tips Menata Desain Dekorasi Kamar Kecil Aesthetic

Desain kamar kecil aesthetic, dengan nuansa putih adalah salah satu pilihan dekorasi kamar yang nyaman dan juga cantik. Kamar yang nyaman tidak hanya membuat Anda betah, namun juga bisa dijadikan spot foto aesthetic.

Tapi bagaimana cara mendesain kamar yang sempit untuk terlihat aesthetic dan bikin betah? Berikut ini tips desain kamar kecil yang bisa Anda lakukan.

Gunakan Dipan Multifungsi

Kamar kecil atau sempit memang terbatas dari segi ukuran. Tidak banyak area kosong bisa membuat kamar terkesan sumpek dan menumpuk.

Meski begitu, bukan berarti kamar kecil tidak bisa terlihat nyaman dan luas. Dengan penggunaan furniture yang tepat bisa membuat kamar kecil Anda tetap fungsional. Salah satunya adalah dengan menggunakan dipan multifungsi.

Renos.id

Dipan multifungsi adalah dipan yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat kasur, namun memiliki fungsi lain salah satunya menyimpan pakaian atau barang-barang lainnya. Jika kamar yang sempit ditempati oleh dua orang, Anda bisa memilih dipan yang dilengkapi dengan dipan tambahan di bagian bawah.

Selain itu, ada juga dipan yang dilengkapi dengan meja belajar dan rak penyimpanan buku. Anda bisa memilih dipan multifungsi yang paling dibutuhkan.

Dekorasi Minimalis

Kamar dengan dekorasi yang banyak dan meriah tidak selalu cocok untuk mempercantik kamar. Apalagi jika kamar memiliki ukuran yang kecil atau sempit. Menggunakan dekorasi minimalis adalah pilihan terbaik.

Renos.id

Gaya hidup minimalis memang kian digandrungi oleh masyarakat, karena mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk juga dalam mendekorasi kamar tidur.

Konsep less is more dalam mendekorasi kamar kecil bisa diaplikasikan dengan meminimalkan atau menyederhanakan dekorasi kamar dan tidak berlebihan. Anda bisa memilih dekorasi lukisan, jam atau tanaman hias yang memiliki kesan sederhana.

Gunakan Furniture Portable

Desain kamar kecil aesthetic bisa juga Anda dapatkan dengan menggunakan furniture portable. Furniture atau perabotan ini sangat praktis karena bisa langsung disimpan jika sudah dipakai.

Berbeda dengan furniture pada umumnya, furniture ini biasanya lebih ramah tempat dan mudah disimpan. Contoh furniture portable untuk kamar kecil diantaranya adalah meja lipat, lemari portable, meja kursi 5 in 1 dan masih banyak lagi.

Renos.id

Untuk memberikan kesan aesthetic, Anda bisa memilih furniture portable berwarna putih, hitam atau berbahan dasar kayu. Paduan nuansa putih dengan furniture berbahan kayu akan memberikan kesan nyaman dan hangat.

Bagi pecinta warna-warna pastel, Anda juga bisa menambah dekorasi berwarna pastel untuk memberikan kesan lembut dan hangat di kamar.

 

Baca Juga : Inspirasi Desain Meja Kopi dengan Karakteristik Berbeda-beda

 

Gunakan Rak Dinding

Kamar berukuran kecil memang tidak memiliki area kosong yang luas. Jika area kosong diisi dengan beragam furniture atau berbagai dekorasi, maka akan membuat kamar menjadi lebih sempit.

Renos.id

Untuk menambah space penyimpanan tanpa memperkecil ruang kamar, Anda bisa menggunakan rak dinding. Dinding memang kerap diabaikan, padahal bisa menjadi area penyimpanan tambahan yang cantik dan aesthetic.

Rak dinding bisa Anda gunakan untuk menyimpan buku, tanaman hias atau beragam koleksi hiasan yang dimiliki. Anda bisa memilih rak dinding berbahan kayu untuk kesan lebih natural atau warna hitam jika ingin menerapkan konsep kamar monokrom.

Pemilihan Warna

Desain kamar tidur kecil aesthetic selanjutnya bisa Anda terapkan pada pilihan warna cat dinding maupun perabotan di rumah.

Nuansa putih yang memiliki kesan bersih bisa Anda padukan dengan warna-warna netral yang memberikan kesan natural dan alami. Misalnya seperti abu-abu, krem, coklat dan lain-lain

Jika Anda ingin kesan yang lebih hangat dan ceria, maka menggunakan warna-warna pastel adalah jawabannya. Selain hangat dan ceria warna pastel juga terkesan polos dan cerah.

Warna pastel sendiri mengacu pada warna muda pada pilihan palet warna, seperti biru muda, peach, salem, orange, dan sejenisnya.

Memaksimalkan Area atau Tempat Penyimpanan

Karena keterbatasan ruang, membuat kamar kecil terlihat luas dan aesthetic wajib memperhatikan dan memaksimalkan area penyimpanan. Hal ini dilakukan agar barang-barang yang Anda miliki tidak berserakan dan membuat kamar menjadi lebih sempit.

Anda perlu mengetahui kebutuhan diri sendiri. Apakah memerlukan banyak storage bag atau penyimpanan tambahan atau tidak?

Pexels.com

Jika tidak begitu diperlukan, sebaiknya Anda memaksimal tempat penyimpanan yang ada terlebih dahulu. Selain itu, penting untuk memilih barang yang dibutuhkan dan tidak.

Jika barang sudah tidak terpakai lagi, maka sebaiknya Anda langsung membuangnya dan tidak menyimpannya terlalu lama. Selain membuat area penyimpanan semakin sempit, ini juga tidak baik untuk kebersihan kamar Anda.

Barang-barang tidak terpakai yang wajib disingkirkan di antaranya seperto make up, skincare, baju, dan sebagainya. Ini akan membantu Anda mendapatkan area penyimpanan lebih banyak.

Ukuran Jendela

Seberapa penting sih ukuran jendela untuk desain kamar kecil aesthetic? Jawabannya adalah sangat penting.

Jendela merupakan salah satu media keluar masuknya cahaya. Ukuran jendela yang terlalu kecil membuat kamar kekurangan cahaya. Selain terlihat lebih gelap, kamar juga akan menjadi lebih lembab.

Kamar dengan ukuran jendela besar membuat cahaya bisa masuk dengan mudah. Ini akan mencegah kamar menjadi lembab dan sumpek. Kamar kecil Anda juga akan terkesan lebih luas.

Pexels.com

Karena, dibandingkan fokus pada area kamar tidur saja, ukuran jendela membuat Anda lebih menikmati pemandangan di luar kamar. Anda bisa melihat cahaya matahari di pagi hari atau menikmati senja di sore hari.

Untuk mempercantik kamar kecil dengan ukuran jendela yang besar, Anda bisa memilih warna gorden sesuai selera, misalnya warna netral atau warna pastel. Selain itu, tidak lupa letakkan tanaman hias berukuran kecil di jendela, seperti sukulen, kaktus, lavender dan lain sebagainya.

Penggunaan Cermin

Cermin adalah salah satu dekorasi kamar tidur yang penting bagi sebagian orang. Selain sebagai dekorasi, cermin memiliki berguna untuk melihat penampilan saat hendak keluar rumah.

Cermin yang cocok digunakan untuk kamar berukuran kecil adalah cermin dengan ukuran yang besar. Ini karena penggunaan cermin berukuran besar bisa memberikan kesan kamar yang lebih luas.

Renos.id

Untuk tampilan yang aesthetic, Anda bisa memilih bentuk cermin sesuai selera, di antaranya bentuk persegi dan cermin berbentuk unik yang populer belakangan ini.

Kemudian, jangan lupa untuk memilih bingkai cermin yang tepat. Anda bisa memilih bingkai cermin persegi berwarna putih agar senada dengan nuansa yang Anda inginkan.

Tidak lupa untuk menghiasi cermin dengan lampu tumblr atau foto polaroid yang dipasangkan dengan sederhana. Dengan begitu, cermin di kamar Anda tak hanya fungsional, namun juga bisa dijadikan tempat spot foto.

Tips menata desain kamar kecil aesthetic di atas bisa Anda terapkan di kamar Anda. Selain hal-hal tersebut, yang wajib diperhatikan pada kamar kecil atau sempit adalah kebersihannya. Jangan lupa untuk membersihkan dan menjaga kamar kecil Anda.

Pasalnya, kamar berukuran kecil yang jarang dibersihkan maupun dirapikan akan membuat kamar terlihat berantakan dan memberikan kesan sumpek. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Sedangkan untuk dekorasi kamar dan furniture yang dibutuhkan, Anda bisa membelinya di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru