8 Tips Feng Shui Rumah Paling Bagus yang Bikin Hoki!

tips feng shui rumah

Tips feng shui rumah paling bagus dipercaya dapat mendatangkan rezeki dan keberuntungan untuk rumah Anda. Feng shui sendiri merupakan praktik Tiongkok Kuno dalam praktik menata benda untuk mendorong keselarasan dengan alam.

Ingin tahu penjelasan feng shui lebih lengkap dan apa saja tips feng shui rumah paling bagus? Simak info detail feng shui rumah agar rezeki lancar di bawah ini!

Apa Itu Feng Shui Rumah?

Feng shui rumah adalah ilmu topografi kuno yang asalnya dari Tiongkok. Feng shui meyakini bahwa hubungan antara manusia, langit, dan bumi dapat berjalan dengan harmonis, ketika manusia menerima energi positif (chi) dan menghindari energi negatif.

Feng shui berasal dari kata feng (angin) dan shui (air). Kedua unsur ini dianggap sebagai kebutuhan hidup yang paling penting bagi manusia.

Dapat disimpulkan, bahwa feng shui pada dasarnya berupaya mengatur keseimbangan unsur penting dalam hidup manusia. Pertukaran energi positif (chi) dan energi negatif ini juga diyakini dapat terdampak oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tata letak di dalam rumah seseorang.

Tak heran, bahwa sampai saat ini, feng shui masih sering dipraktikkan untuk menjadi acuan dalam proses membangun rumah atau tempat tinggal.

Tips Feng Shui Rumah Paling Bagus untuk Mengundang Hoki

Setiap orang menginginkan rumah atau tempat tinggal yang nyaman. Sebab itulah, rancangan pembangunan rumah harus dibuat sebaik mungkin. Dengan begitu, limpahan kebahagiaan serta keberuntungan bisa datang untuk semua penghuninya.

Buat Anda yang sedang mencari tips feng shui rumah paling bagus, simak uraiannya berikut ini:

1. Gunakan Warna-warna yang Mendatangkan Rezeki

Ada beberapa pilihan warna yang dipercaya masyarakat Tionghoa dapat mendatangkan rezeki. Salah satunya adalah warna emas untuk feng shui rumah agar rezeki lancar.

Untuk menerapkannya, Anda bisa memakai akses emas di dinding rumah Anda. Tidak harus mengecat seluruh dindingnya, tapi bisa menggunakannya dalam elemen-elemen dekoratif saja.

Tidak hanya menciptakan kesan mewah, elemen emas pada area dinding ini juga bisa membawa energi positif masuk ke dalam rumah. Apakah Anda tertarik mencobanya?

2. Letakkan Simbol Rezeki Pada Area Ruang Tamu

Elemen naga adalah salah satu simbol yang umum digunakan oleh kehidupan sehari-hari. Di masyarakat Tionghoa, simbol naga ini juga dipercaya punya kaitan dalam membawa kelancaran rezeki.

Karena itulah, simbol naga dapat menjadi salah satu tips feng shui rumah paling bagus untuk Anda terapkan. Coba dengan meletakkan simbol naga sebagai pelambang rezeki tersebut di area ruang tamu.

3. Rancang Ruang Terbuka yang Luas dengan Perabotan Minimalis

Tips feng shui rumah paling bagus yang berikutnya adalah dengan membuat ruang terbuka yang luas di rumah. Selain itu, jangan lupa untuk mengatur sedikit perabotan di dalamnya.

Cara ini dianggap bisa Anda terapkan untuk tujuan memperlancarkan rezeki penghuni rumah. Apabila dinilai secara logika, ruangan yang terbuka dan luas bisa membuat para penghuni rumah lebih leluasa bergerak. Tak hanya itu, jumlah perabotan sedikit yang sesuai dengan kebutuhan juga membuat penghuni rumah lebih mudah untuk merawat barang.

4. Tempatkan Aliran Air di Dalam Ruangan Rumah

Dalam ilmu feng shui, air menjadi salah satu simbol rezeki! Sebab, air merupakan salah satu dari lima elemen dasar dalam ilmu feng shui.

Anda bisa coba terapkan tips feng shui rumah ini dengan meletakkan simbol air pada area ruang tengah atau ruang tamu. Contohnya, dengan menempatkan akuarium atau hiasan air mengalir lainnya.

Selain feng shui-nya bagus, dekorasi air ini juga memberikan nuansa tenang dan natural karena suara gemericik dari aliran airnya.

5. Pasang Kaca di Dalam Ruangan Rumah

Anda juga bisa memasang kaca atau cermin di dalam ruangan rumah untuk tips feng shui rumah paling bagus yang berikutnya. Mengapa elemen kaca atau cermin ini penting?

Kaca atau cermin juga diyakini sebagai pemancar energi positif serta pembawa keberuntungan. Karena itu, ketika Anda memasang cermin di dalam ruangan, Anda bisa memancarkan energi positif di dalamnya.

Dari segi estetika, penggunaan kaca atau cermin juga membuat ruangan tampak lebih estetik. Sebab, kaca juga bisa membuat cahaya alami masuk lebih banyak ke dalam ruangan rumah.

6. Jangan Lupakan Area Kekayaan di Suatu Ruangan

Dalam ilmu feng shui, tata letak atau posisi disebut dengan Xun. Nah, posisi Xun di dalam rumah ini erat kaitannya dengan kemakmuran dan kelimpahan.

Agar Anda memiliki area kekayaan di dalam rumah, coba untuk berdiri di ambang pintu sambil menghadap ke dalam. Di sudut paling kiri dari pintu tersebut ada area kekayaan.

Isi area kekayaan tersebut dengan tanaman hijau yang hidup dan segar sebagai lambang awal pertumbuhan yang baru. Kehadiran tanaman ini juga bisa membuat ruangan lebih asri!

7. Hindari menempatkan Kamar Tidur yang Berhadapan dengan Kamar Mandi

Pantangan feng shui rumah yang terakhir adalah hindari penempatan kamar tidur yang berhadapan dengan kamar mandi. Alasan dari pantangan feng shui rumah ini karena kamar mandi punya aura negatif yang dapat membuat penghuni kamar terkena efek energi negatif serta jadi mudah sakit.

8. Posisi Rumah

Posisi rumah juga menjadi penentu dari feng shui yang bagus. Pertama, feng shui rumah menghadap selatan dianggap dapat menghadirkan sinar matahari yang lebih banyak sehingga membuat kesehatan penghuni rumah menjadi lebih baik.

Feng shui rumah menghadap timur juga dipercaya untuk mendatangkan hoki serta memberikan banyak keuntungan. Seperti mengundang kemakmuran, kesejahteraan, keharmonisan keluarga, serta kesehatan.

Untuk feng shui rumah menghadap barat memiliki sirkulasi dan energi yang lebih unik. Karena energinya dianggap lebih hidup dan aktif. Terakhir, untuk feng shui rumah menghadap utara, juga dianggap memiliki energi yang baik dan bisa membawa keberuntungan bagi penghuni rumahnya.

5 Tata Letak Ruangan Sesuai Tips Feng Shui Rumah Paling Bagus

Penerapan feng shui rumah memang dipercaya dapat mendatangkan hoki. Nah, hal ini diyakini pula terjadi karena tata letak ruangan. Berikut adalah beberapa tips tata letak ruangan sesuai tips feng shui rumah paling bagus!

1. Tata Letak Kamar Mandi

Untuk penataan kamar mandi sesuai tips feng shui rumah paling bagus Anda bisa diatur dengan jarak yang jauh dengan area-area tertentu. Seperti kamar tidur, dapur, serta tempat ibadah.

Alasannya karena ketiga ruangan tersebut dianggap memiliki energi positif. Jadi, apabila Anda mengatur tata letaknya di dekat area kamar mandi, energi positifnya bisa tertutup dengan energi negatif.

2. Tata Letak Pintu Depan

Jangan lupa untuk memerhatikan tata letak pintu depan atau pintu utama, ya! Pintu juga dianggap sebagai tempat masuknya seluruh energi ke dalam rumah, baik itu energi positif atau energi negatif.

Untuk itu, Anda bisa memilih ukuran pintu depan yang proporsional dengan ukuran rumah. Selain itu, atur agar pintu depan langsung mengarah ke pintu belakang.

Dalam tips feng shui rumah paling bagus, ketika ada energi negatif yang masuk ke rumah, energi negatif tersebut bisa langsung keluar.

3. Tata Letak Kamar Tidur

Tata letak kamar tidur sangat tidak disarankan berada tepat di atas garasi. Sebab, hal ini juga bisa memengaruhi energi positif di kamar tidur.

Selain itu, penempatan ini juga bisa membuat penghuni kamar menjadi tidak nyaman. Karena bisa jadi ada suara bising dari kendaraan yang keluar masuk rumah ataupun polusi kendaraan yang menelisik masuk ke dalam kamar.

4. Tata Letak Dapur

Untuk area dapur, usahakan untuk merancangnya tidak berhadapan dengan kamar mandi. Alasan utamanya karena kamar mandi dianggap sebagai ruangan tempat energi negatif berkumpul.

Ketika kamar mandi dan dapur berhadapan, energi positif yang ada di dapur dipercaya bisa tertutupi oleh energi negatif yang berasal dari kamar mandi. Selain itu, dari segi estetika, posisi tersebut juga kurang nyaman untuk kegiatan memasak dan makan bersama.

5. Tata Letak Tangga

Tips tata letak area rumah sesuai feng shui yang terakhir adalah tata letak tangga! Apabila rumah Anda bertingkat, peletakkan tangga ini juga penting.

Sebaiknya, posisi tangga rumah tidak berada di tengah-tengah ruangan menurut ilmu feng shui. Alasannya karena tangga tersebut dipercaya dapat membuat energi di dalam rumah menjadi tidak seimbang.

Dari sisi desain interior, tangga yang posisinya ada di tengah-tengah ruangan bisa lebih memakan space. Sehingga, secara tidak langsung menghambat mobilitas penghuni rumah di dalamnya.

Demikian pembahasan lengkap tentang tips feng shui rumah paling bagus. Gimana? Ada banyak ilmu baru yang bisa Anda dapatkan, kan?

Masih banyak artikel-artikel menarik nan informatif lainnya pada blog kami, lho! Yuk, telusuri artikel-artikel lainnya juga.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru