Tips Desain Kolam Renang Minimalis untuk Hunian

Membuat kolam renang di hunian dengan lahan minimalis bukanlah hal tidak mungkin asalkan Anda menggunakan cara yang benar. Lahan kosong bisa digunakan untuk membuat kolam minimalis yang indah. Berikut ini beberapa tips desain membuat kolam minimalis untuk hunian dengan nyaman.

Menambahkan Tangga Multifungsi

Tips pertama yang Anda pertimbangkan adalah membangun tangga multifungsi untuk melengkapi kolam minimalis tersebut. Tangga multifungsi ini akan membantu membuat kolam tampak  lebih indah karena bisa difungsikan juga sebagai aksen.

pexels.com

Selain itu, tangga multifungsi ini berguna sebagai pijakan ketika ingin masuk atau keluar dari area kolam. Anda juga bisa menggunakannya sebagai area bersantai setelah berenang dan menikmati pemandangan di area kolam.

Membuat tangga multifungsi cukup memiliki banyak keuntungan serta bisa menghemat lahan di sekitar kolam karena tidak perlu membuat dek besar untuk area duduk. Tak hanya itu saja, pengguna kolam juga lebih merasa aman untuk melangkah dibandingkan menggunakan tangga berbahan besi.

Menggunakan Desain Sederhana

Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan dalam membuat kolam minimalis, yaitu menggunakan desain sederhana. Pembuatan kolam renang minimalis pada lahan sisa dengan area sempit memerlukan penyesuaian agar bentuknya bisa tetap membuat nyaman ketika berenang.

pexels.com

Tips desain yang satu ini juga perlu dipertimbangkan untuk membuat kolam minimalis tampil cantik tanpa harus memberikan kesan sempit. Hal yang bisa digunakan untuk mempercantik kolam, yaitu memilih ubin kolam dengan motif indah sebagai kreasi.

Selain itu, tambahkan batuan koral yang diletakkan di area dekat kolam untuk mempercantik tampilan. Kedua material tersebut merupakan cara paling mudah yang bisa digunakan untuk membuat kolam minimalis mempesona dan nyaman digunakan.

Pemilihan Sistem Air dengan Tepat

Tips untuk membangun kolam minimalis selanjutnya adalah memilih sistem air dengan tepat untuk mengisi area tersebut. Pada dasarnya ada juga jenis sistem air yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan jenis kolam, yaitu overflow dan skimmer.

shutterstock.com

Pada kolam minimalis disarankan untuk menggunakan sistem air skimmer karena berguna untuk mempermudah perawatan. Sistem skimmer memiliki penyaringan yang berguna untuk membersihkan kolam secara otomatis.

Fungsi dari hal tersebut adalah membantu pemilik kolam untuk tidak perlu rajin mengganti airnya karena sudah mengalami pembersihan otomatis. Selain itu, sistem skimmer juga lebih hemat tempat karena tidak perlu gutter di bagian tepi kolam, sehingga hemat tempat.

 

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Donat dengan Berbagai Versi

 

Merapatkan Kolam ke Dinding

Merapatkan kolam renang ke dinding merupakan hal berikutnya yang bisa dipertimbangkan untuk membangunnya di area lahan minimalis. Selain meminimalisir penggunaan lahan, cara ini juga cukup efektif untuk menghemat dana penggunaan kolam.

pexels.com

Hal ini karena Anda tidak perlu membuat dek untuk seluruh area tepi kolam serta bermanfaat ketika jam teduh, meskipun tanpa atap. Akan tetapi, perhatikan terlebih dahulu mengenai penggalian jika memutuskan membangun kolam merapat ke dinding.

Usahakan agar galian kolam tersebut tidak merusak struktur dinding maupun bangunan di dekatnya. Apabila penggalian tidak dilakukan secara hati-hati, maka bangunan di dekatnya juga bisa membahayakan atau runtuh.

Menentukan Kedalaman Kolam dengan Bijak

Cara membangun kolam minimalis yang ideal selanjutnya, yaitu menentukan kedalaman kolam dengan bijak. Perhitungkan kedalaman kolam ketika mendesainnya dimana kolam minimalis sebaiknya dibuat dangkal karena ukurannya yang cukup sempit.

pexels.com

Tak hanya itu saja, Anda juga harus mempertimbangkan segi keamanan sebelum membuat kolam apalagi jika di rumah memiliki anak kecil. Kolam yang dangkal menjadi alternatif terbaik sekaligus untuk menghemat biaya pembuatan dan perawatannya.

Kolam minimalis membutuhkan volume air lebih sedikit untuk menghemat biaya. Volume air yang lebih kecil juga membuat kebutuhan kaporit untuk menjernihkannya menjadi berkurang. Anda juga tetap bisa berenang dengan nyaman di kolam tersebut.

Menggunakan Ukuran yang Ideal

Satu lagi tips untuk membuat kolam renang minimalis, yaitu menentukan ukuran yang ideal agar tetap nyaman. Ukuran kolam minimalis yang ideal adalah sekitar 6 m x 2 m karena cukup nyaman bagi tubuh untuk bergerak dan tidak terlalu sempit.

pexels.com

Akan tetapi, jangan sampai pembangunan kolam minimalis terlalu mendominasi dan menghabiskan lahan. Usahakan untuk tetap menyisakan area yang akan digunakan sebagai dek kolam tersebut.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru