8 Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah Secara Cepat dan Efektif

Tikus merupakan jenis binatang yang sangat meresahkan apabila ada di dalam rumah. Sudah diusir dengan berbagai cara, masih saja tetap berkeliaran. Sebenarnya tikus takut dengan apa sih, dan bagaimana cara mengatasinya agar tikus segera pergi,?

Pada dasarnya tikus tidak menyukai bau-bauan yang tajam dan menyengat. Tikus juga takut dengan suara yang keras dan berisik. Berikut ini beberapa cara sederhana dan aman untuk mengusir yang bisa dilakukan tanpa menggunakan racun yang justru penuh dengan resiko.

Kapur barus

Kapur barus merupakan benda yang memiliki aroma harum dan menyengat. Tikus sendiri memiliki indra penciuman yang sangat tajam dan sangat terganggu dengan arima-aroma seperti itu.

tikus takut dengan apa

pexels.com

Meletakkan beberapa butir mampir barus pada tempat yang sering dilewati tikus, bisa digunakan untuk mengusir tikus. Tikus akan merasa terganggu dengan aromanya dan akan pergi dari rumah.

Minyak Peppermint

Tikus sangat tidak menyukai bau harum dan tajam dari minyak peppermint. Alasannya, minyak peppermint dengan konsentrasi tinggi bisa mengganggu bahkan merusak indra penciuman tikus. Oleh karena itu, tikus menghindari tempat yang ada bau peppermintnya.

pexels.com

Semprotkan minyak peppermint pada tempat-tempat yang sering dilewati tikus, dan tikus akan pergi dari daerah tersebut. Tetapi karena minyak peppermint cepat sekali menguap, maka aromanya tidak bisa bertahan lama, dan harus sering-sering menyemprotkannya.

Minyak Kayu Putih

Hampir sama dengan aroma minyak peppermint, minyak kayu putih juga memiliki aroma dan bau yang khas dan tajam menyengat. Dengan demikian tikus akan menghindari tempat-tempat yang memiliki aroma minyak kayu putih.

pinterest.com

Cara mengusir tikus dengan minyak kayu putih juga cukup mudah. Semprotkan atau teteskan minyak kayu putih pada tempat-tempat yang sering dilewati tikus, maka tikus akan merasa terganggu dan segera pergi.

Kulit Durian

Tikus takut dengan apa lagi, agar segera pergi dari rumah? Kulit durian juga bisa membuat jadi cara untuk mengusir tikus, karena durian merupakan buah yang memiliki aroma yang sangat menyengat dan sangat tidak disukai tikus.

pexels.com

Saat membeli buah durian jangan buang kulitnya. Letakkan beberapa kulit durian pada tempat-tempat yang sering dilewati tikus curut. Baunya yang tajam akan membuat tikus tidak kerasan dan segera pergi meninggalkan rumah.

Bubuk Cabai dan Deterjen

Mencampurkan bubuk cabai dan bubuk deterjen bisa dilakukan untuk mengusir keberadaan tikus yang sangat mengganggu ini. Kedua bahan ini bisa dicampur dengan menambahkan sedikit air, dan menyemprotkan pada tempat yang sering dilewati tikus.

pexels.com

Bisa juga dengan meletakkan campuran kedua bahan tersebut di tempat-tempat yang dilalui tikus. Tikus akan segera menghindar, karena aroma panas yang ditimbulkan oleh campuran kedua bahan tersebut.

Lada Bubuk

Memanfaatkan bahan yang ada di dapur juga bisa dilakukan untuk mengusir tikus. Lada bubuk adalah bahan di dapur yang bisa digunakan. Senyawa piperin yang ada pada Lada sangat mengganggu indera penciuman tikus dan membuat tikus pergi dari rumah.

pexels.com

Taburkan sedikit Lada bubuk pada tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Kalau lada bubuk bisa membuat kita bersin-bersin, maka bumbu dapur ini juga akan membuat tikus merasa sangat terganggu dan akan segera pergi.

Suara Jangkrik

Selain takut dengan aroma tajam dan menyengat, tikus takut dengan apa lagi? Suara-suara keras dan berisik, konon juga tidak disukai tikus. Diantaranya adalah suara jangkrik. Jangkrik sendiri merupakan binatang yang suka mengeluarkan suara berisik secara terus menerus.

pexels.com

Memelihara jangkrik bisa menjadi cara jitu agar tikus tidak kerasan dan segera pergi dari rumah. Biasanya jangkrik akan terus mengeluarkan suara, terlebih pada malam hari. Tentunya hal ini sangat mengganggu tikus, dan tikus akan merasa tidak kerasan dan meninggalkan rumah.

Kucing

Sudah bukan rahasia lagi, kucing merupakan musuh bebuyutan tikus. Tikus merupakan santapan yang sangat disukai kucing. Sudah pasti tikus merasa takut dengan kucing karena akan mengancam keselamatannya.

pexels.com

Memelihara kucing di rumah bisa membantu mengusir tikus agar pergi dari rumah. Tikus akan merasa tidak aman berada di tempat tersebut, dan segera pergi meninggalkan rumah tanpa harus menggunakan bahan-bahan lain.

Memberi racun  pada tikus juga bisa dilakukan. Tetapi cara tersebut akan menimbulkan masalah baru, karena tikus bisa mati di sembarang tempat dan sulit untuk menemukan bangkainua. Cara alami di atas merupakan cara aman untuk mengusir tikus dari rumah.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru