8 Referensi Teras Rumah Kampung Jawa, Tampak Homey dan Nyaman!

teras rumah kampung jawa

Apakah Anda tertarik untuk membuat area teras yang nyaman dan estetik khas teras rumah kampung Jawa? Kalau iya, mungkin 8 inspirasi model teras rumah kampung Jawa berikut ini bisa menambah ide untuk rumah Anda. Check this out!

Mengenal Teras Rumah Kampung Jawa

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pesona rumah pedesaan Jawa yang kaya akan tradisi dengan arsitektur kayu klasiknya. Suasananya yang alami memancarkan kenyamanan serta menciptakan kerinduan nostalgia akan budaya Jawa.

Salah satu hal yang paling ikonik dari rumah tradisional Jawa adalah interior design terasnya. Teras rumah kampung Jawa bercirikan pilar kayu serta ukiran unik khas Indonesia.

Teras kayu rumah kampung Jawa memang memiliki keindahannya tersendiri. Strukturnya mungkin sederhana, tetapi interior design-nya elegan sehingga membangkitkan rasa ketenangan dan relaksasi, terutama di daerah beriklim sejuk seperti daerah dataran tinggi.

Biasanya furnitur yang ada di teras rumah kampung Jawa terbuat dari kayu asli. Teras-teras ini menyerupai kemegahan bagian depan istana, mencerminkan daya tarik arsitektur pedesaan Jawa yang tak lekang oleh waktu.

Ciri Khas Teras Rumah Kampung Jawa

Salah satu upaya untuk meningkatkan estetika rumah Anda dapat dicapai dengan penambahan teras rumah kampung Jawa. Interior design teras ini mencerminkan pesona klasik khas pedesaan Jawa yang sejuk dan asri.

Simak beberapa keunikannya di sini:

1. Teras Rumah Kampung Jawa Memiliki Bentuk Depan yang Memanjang

Teras rumah kayu bergaya Jawa biasanya bentuknya memanjang ke samping. Sering kali, teras ini juga dialihfungsikan sebagai ruang tamu luar ruangan.

Biasanya sering dikunjungi oleh tamu yang hanya datang untuk kunjungan singkat atau tamu yang sungkan untuk dibawa masuk ke dalam rumah.

Untuk membuat suasana lebih nyaman, area teras ini sering dihiasi dengan pepohonan, tanaman hias di dalam pot, bahkan rumput Jepang di halaman. Suasana segar dan asri pasti akan terasa saat Anda berada di area ini!

2. Teras Rumah Kampung Jawa Memiliki Nuansa Elegan Nan Sederhana

Menyerupai atap rumah joglo mewah yang berbentuk limas, teras rumah kampung Jawa memancarkan kesan bangsawan.

Didominasi oleh material kayu, interior design teras satu ini tampak gagah sekaligus terbuka. Kemegahan dan kesan luasnya juga terasa saat Anda mengamatinya dari area outdoor.

3. Teras Rumah Kampung Jawa Sering Dihiasi dengan Pintu Model Gebyok

Bercirikan backdrop pintu bergaya gebyok, interior design teras rumah kampung Jawa umumnya menampilkan ukiran kayu jati yang rumit. Ukiran tersebut turut menyumbang sentuhan elegan dan klasik pada hunian.

Selain itu, teras rumah kampung Jawa juga sering dijumpai dengan perabotan kayu berornamen serta tanaman pot yang rimbun. Tempat ini melambangkan pesona kehidupan pedesaan Jawa yang nyaman.

4. Teras Rumah Kampung Jawa Erat dengan Pesona Rustic

Dibuat seluruhnya dari kayu, teras rumah kampung Jawa memancarkan keindahan dan kenyamanan khas pedesaan. Atap, tiap, hingga perabotannya biasanya dibuat dari kayu dengan bentuk sederhana.

Biasanya, teras rumah kampung Jawa dilengkapi dengan elemen dekoratif seperti sangkar burung dari kayu dan dikelilingi dedaunan yang menghijau. Penempatan elemen dekoratif tersebut membantu menciptakan suasana tentram dan indah yang mengingatkan kita pada kehidupan pedesaan.

5. Teras Rumah Kampung Jawa Kerap Menggunakan Tembok Bata Ekspos

Meski didominasi elemen kayu, tembok teras rumah kampung Jawa biasanya dibiarkan polos tanpa dilapisi semen.

Keunikan yang terakhir terletak pada aplikasi dinding bata ekspos! Teras rumah kampung Jawa biasanya memang memadukan kesederhanaan pedesaan dengan perabotan kayu berukir yang elegan.

Dengan menampilkan atap pendek yang ideal untuk mengeringkan rempah-rempah, area ini menawarkan sekilas pesona asli kehidupan desa.

8 Contoh Ide Teras Rumah Kampung Jawa yang Bisa Ditiru!

Jika Anda tertarik untuk membangun teras rumah kampung Jawa di rumah, berikut beberapa ide inspiratif yang bisa dipertimbangkan:

1. Teras Rumah Kampung Jawa yang Mempesona dengan Hiasan Kandang Burung

Pendapa, yang sering berfungsi sebagai fasad rumah (bagian depan) pedesaan di Jawa, juga berfungsi sebagai ruang tamu. Biasanya, area pendapa sering dihiasi dengan banyak sangkar burung yang menawan.

2. Teras Rumah Kampung Jawa yang Nyaman dengan Kursi Rotan

Rangkullah suasana pedesaan di teras rumah kampung Jawa dengan meletakkan kursi kayu atau kursi rotan. Furnitur ini tampak sederhana, serta mengingatkan kita pada suasana pedesaan yang tenang.

3. Teras Rumah Kampung Jawab dengan Atap Tinggi yang Megah

Rasakan kemegahan arsitektur Jawa dengan atap tinggi bergaya joglo yang menghiasi rumah-rumah yang dibangun dari batu bata ekspos alami. Atap tinggi ini juga menjadi simbol kebangsawanan, lho!

4. Teras Rumah Kampung Jawa dengan Bentuk Memanjang

Perluas area ruang tamu Anda dengan memanfaatkan area luar ruangan. Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan teras rumah kampung Jawa dengan bentuk memanjang.

Interior design ruangan ini sempurna untuk menampung banyak tamu. Suasana akan semakin nyaman dan sejuk jika Anda menaruh banyak tanaman hijau subur yang segar.

5. Teras Rumah Kampung Jawa dengan Penggunaan Batu Bata

Rangkullah tradisi khas Jawa dengan teras rumah kampung Jawa yang dihiasi dinding bata ekspos. Selain tembok bata, biasanya teras rumah kampung Jawa juga dilengkapi dengan pilar kayu ikonik yang menjadi ciri khas rumah-rumah Jawa Tengah.

Tampak unik dan apa adanya!

6. Teras Rumah Kampung Jawa dengan Dinding Kayu yang Elegan

Selain furnitur, Anda juga bisa memanfaatkan kayu jati kokoh atau kayu tahan lama lainnya untuk dinding di teras rumah kampung Jawa.

Padukan dengan furnitur teras dengan interior design klasik serta tirai rumah untuk menambah nilai estetika.

7. Teras Rumah Kampung Jawa dengan Model Pintu Gebyok

Tingkatkan daya tarik teras rumah kampung Jawa Anda dengan pintu masuk gebyok.

Jenis pintu ini terbuat dari kayu jati pilihan dengan ukiran rumit. Bahan kayu jati yang unggulan menjanjikan umur panjang juga nuansa keanggunan yang kental.

8. Teras Rumah Kampung Jawa yang Sederhana

Terakhir, Anda bisa menghadirkan esensi kehidupan pedesaan yang sederhana!

Contohnya, teras sederhana yang seluruhnya terbuat dari kayu ini. Sekilas dilihat, teras ini dapat membangkitkan rasa rindu akan kampung halaman sekaligus mengundang angin sejuk mengalir masuk.

Ide teras menawan ini bisa Anda padukan dengan hunian perkotaan. Sebab, pesona teras rumah kampung Jawa tak lekang oleh waktu!

Setelah menyimak penjelasan, ciri khas, serta referensi teras rumah kampung Jawa pada artikel di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah?

Itu dia beberapa inspirasi dan informasi terkait teras rumah kampung Jawa yang bisa Anda aplikasikan untuk hunian impian Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru