12 Rekomendasi Tanaman Outdoor Tahan Panas untuk Rumah Anda

tanaman outdoor tahan panas

Sedang mencari ide dekorasi area luar ruangan dengan menggunakan tanaman outdoor tahan panas? Anda berada di laman yang tepat. Kita akan membahas secara lengkap di artikel ini.

Memang, selain menambah nilai estetika, kehadiran tanaman juga dapat membantu memberikan suasana yang lebih asri dan sejuk sehingga pemilik rumah maupun tamu yang datang semakin merasa nyaman.Yuk, kita mulai pembahasannya!

Apa yang Dimaksud Tanaman Outdoor Tahan Panas?

Seperti namanya, tanaman outdoor tahan panas adalah tipe tanaman hias yang punya kemampuan bertahan dalam kondisi suhu tinggi maupun iklim panas. Karena karakteristik tersebut, Anda bisa menanamnya di daerah yang cuacanya cenderung panas atau kering tanpa perlu khawatir tanaman akan cepat mati.

Biasanya, tanaman outdoor tahan panas ini memang punya adaptasi khusus untuk mengatasi panas. Misalnya, kemampuan menyimpan air atau struktur daunnya yang mengurangi penguapan. Menarik, ya?

Alasan Perlunya Menanam Tanaman Outdoor Tahan Panas

Ada beberapa alasan kenapa Anda perlu mempertimbangkan menanam tanaman outdoor tahan panas, di antaranya:

1. Mampu Beradaptasi dalam Cuaca Ekstrem

Alasan pertama, tanaman outdoor tahan panas akan mampu tumbuh optimal dalam daerah bersuhu tinggi atau iklim panas.

2. Punya Nilai Estetika

Tanaman outdoor tahan panas juga memiliki keindahan estetika yang menawan, bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem. Nilai keindahan itu terlihat dari tampilan warna cerah dan bentuknya yang menarik.

3. Perawatan Relatif Mudah

Perawatan minimal menjadi salah satu keunggulannya! Anda tidak perlu terlalu sering menyiramnya. Sehingga Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mengurusnya.

4. Penghijauan Konsisten pada Rumah

Kehadiran tanaman outdoor tahan panas juga dapat menyediakan ruang hijau pada rumah dengan konsisten sepanjang tahun.

5. Fleksibel Bisa Ditempatkan di Mana Saja

Selain cocok diletakkan untuk area taman, tanaman hias tahan panas ini juga bisa diletakkan di dalam ruangan. Sehingga sangat fleksibel dalam hal desain dan dekorasi.

6. Membantu Rumah Lebih Sejuk

Tanaman outdoor tahan panas juga mampu membantu menurunkan suhu sekitar dan memberikan kesan asri.

7. Hadir dalam Beragam Jenis dan Warna

Anda bisa bebas memilih tanaman outdoor tahan panas dalam berbagai variasi bentuk, ukuran, dan warna. Bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, lho!

8. Membantu Menyaring Udara

Beberapa jenis tanaman outdoor tahan panas juga memiliki kelebihan kemampuan menyaring udara. Dengan begitu, Anda juga dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah.

Jenis-jenis Tanaman Outdoor Tahan Panas

Berikut telah kami rangkum beberapa deretan tanaman outdoor tahan panas yang dapat Anda pilih. Check this out!

1. Sansevieria atau Lidah Mertua

Pernah mendengar soal tanaman lidah mertua sebelumnya? Tanaman outdoor tahan panas ini dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari ataupun tempat yang teduh, lho!

Keunggulan dari tanaman sansevieria atau lidah mertua ini adalah manfaatnya yang banyak. Salah satunya kemampuannya untuk menyaring kotoran, bau, dan gas polutan. Atau, dalam kata lain membantu menjernihkan udara.

2. Canna

Tanaman outdoor satu ini cocok ditanam di wilayah tropis! Canna dapat bertahan pada musim kemarau atau musim penghujan.

Karakteristiknya ada pada guratan kuning dan hijaunya yang sangat halus. Selain itu, bentuknya juga khas! Daunnya menyerupai daun pisang dengan bunga yang berwarna mencolok.

3. Aglaonema atau Sri Rejeki

Selain itu, ada juga tanaman aglaonema atau sri rejeki. Tanaman hias tahan panas ini bisa menjadi tanaman indoor maupun outdoor, karena dapat tumbuh subur di iklim panas atau dingin.

Keunikan corak daunnya yang berwarna merah, serta tulang daunnya yang berwarna hijau membuatnya tampil menawan. Tak cuma sedap dipandang mata, aglaonema juga baik buat kesehatan! Tanaman ini mampu menyuplai udara bersih dan menyerap zat beracun di udara.

4. Palem

Tanaman outdoor tahan panas lainnya adalah pohon palem. Tanaman ini populer di wilayah tropis, sebab ia dapat tumbuh subur selama ada air dan sinar matahari yang cukup.

Jika Anda menyukai tanaman yang besar, pohon palem sendiri dapat tumbuh hingga ketinggian 12 meter dengan diameter 12 cm. Daunnya juga dapat berdiri tajam sepanjang 10 cm.

5. Bougenville atau Bunga Kertas

Pernah melihat tanaman bougenville, kan? Tanaman yang juga dikenal sebagai bunga kertas ini tak asing dijumpai di pinggir jalan atau pekarangan rumah.

Warna bunganya yang indah dan beragam menjadi keunggulan utamanya. Selain itu,  bougenville juga menjadi salah satu tanaman hias yang dipercaya dapat memberikan keberuntungan.

6. Colocasia Esculenta atau Kuping Gajah

Rekomendasi tanaman outdoor tahan panas yang berikutnya adalah tanaman kuping gajah! Nuansa eksotik dari daunnya yang berbentuk hati menjadi keunikannya.

Selain sebagai elemen dekoratif, tanaman hias kuping gajah juga bermanfaat sebagai obat herbal anti radang dan bakteri. Banyak kelebihannya, nih!

7. Athyrium Niponicum atau Pakis Jepang

Ada juga tanaman pakis jepang yang termasuk mudah perawatannya. Selain mudah tumbuh di berbagai kondisi, tanaman hias ini pun tak kalah unik dari rekomendasi tanaman lainnya!

Bentuk daunnya seperti renda dan tumbuh menjalar di tanah yang lapang. Coraknya pun menawan, menyerupai daun yang dicat warna ungu keperakan.

Pakis jepang dapat tumbuh hingga setinggi 12 inci. Cocok untuk diletakkan di pekarangan rumah Anda, nih!

8. Kaktus

Berbicara tanaman outdoor tahan panas tentu tak lengkap tanpa membahas kaktus. Tanaman ini memang populer dengan kemampuannya untuk berkembang di berbagai kondisi lingkungan, termasuk tanah yang kering dan berbatu.

Tak hanya itu, dari segi estetika pun kaktus hadir dalam beragam bentuk dan ukuran yang bisa Anda pilih.

9. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya tidak hanya digunakan sebagai tanaman outdoor tahan panas untuk mempercantik rumah saja, tapi juga berfungsi sebagai obat-obatan herbal.

Tanaman dengan daun yang tebal dan berwarna hijau ini dapat tumbuh subur di berbagai kondisi.

10. Sukulen

Selanjutnya, ada tanaman sukulen yang memiliki daun atau batang tebal berisi air. Sukulen dapat bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan serta cocok dengan berbagai desain taman.

11. Lavender

Mencari tanaman yang harumnya khas? Maka, lavender adalah jawabannya!

Tanaman outdoor tahan panas ini menawarkan keindahan dengan bunga ungu yang memukau. Selain untuk menghias taman, lavender juga sering digunakan sebagai bahan parfum atau aromaterapi.

12. Bunga Matahari

Rekomendasi tanaman outdoor tahan panas yang terakhir adalah bunga matahari! Yup, tanaman hias satu ini sangat terkenal dengan bunganya yang besar, cerah, dan menyerupai bentuk matahari.

Tips Perawatan Tanaman Outdoor Tahan Panas

Agar lebih awet dan berumur panjang, ada beberapa tips perawatan tanaman outdoor tahan panas. Catat ya tipsnya!

1. Rutin & Konsisten Melakukan Penyiraman

Penyiraman yang teratur menjadi salah satu kunci! Khususnya, ketika cuaca panas ekstrem. Anda juga memerhatikan kondisi tanahnya untuk tetap lembap, bukan basah berlebihan, ya!

2. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Tips kedua adalah menentukan lokasi tanaman yang tepat. Pastikan bahwa tanaman outdoor tahan panas Anda ada di area yang kebutuhan cahaya mataharinya cukup. Ingat juga bahwa setiap tanaman berbeda-beda kebutuhannya.

3. Perhatikan Drainase yang Baik

Yang ketiga, pastikan bahwa area penanaman punya sistem drainase yang baik. Fungsinya adalah untuk mencegah genangan air yang dapat merusak akar.

4. Lakukan Pemupukan yang Teratur

Anda juga perlu memberikan pupuk yang sesuai. Ini penting agar tanaman outdoor tahan panas Anda memiliki nutrisi seimbang secara teratur sesuai petunjuk.

5. Lindungi Tanaman dari Hama dan Penyakit

Yang terakhir yang tak kalah penting, Anda juga perlu melakukan pemantauan rutin terhadap tanaman outdoor tahan panas. Sehingga Anda bisa mengidentifikasi hama atau penyakit lebih awal.

Itu dia beberapa rekomendasi tanaman outdoor tahan panas serta tips-tips perawatannya. Semoga artikel di atas dapat membantu, ya!

Terima kasih telah membaca artikel ini. Yuk, temukan artikel menarik lainnya pada blog kami.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru