Berapa Suhu AC Paling Dingin dan Suhu AC Ideal untuk Rumah?

berapa suhu ac paling dingin

Apakah Anda baru membeli AC (Air Conditioner) dan bertanya-tanya berapa suhu AC paling dingin? Jika iya, pertanyaan itu akan terjawab tuntas pada artikel berikut ini.

Selain mengetahui suhu AC paling dingin, Anda juga bisa mencari tahu berapa suhu AC terbaik untuk dipasang di ruangan rumah. Suhu AC sendiri akan menjadi salah satu faktor penting dalam kenyamanan anggota rumah dalam beraktivitas.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pemaparannya berikut ini!

Cara Mengatur Setelan AC agar Ruangan Rumah Dingin

Ketika berada di dalam suatu ruangan, Anda bisa mengatur suhu AC agar berada pada temperatur paling dingin dan nyaman. Nah, Anda bisa melakukannya menggunakan remote control yang sudah sepaket dengan perangkat AC!

Cara menggunakannya pun hanya lewat satu sentuhan tombol saja. Anda bisa mempelajari beberapa mode umum pada AC. Contohnya, seperti mode ECO, mode power, mode sleep, serta mode timer.

Selain itu, umumnya Anda akan melihat tampilan layar pada remote AC untuk mengetahui pengaturan suhu dan mode AC. Untuk mengatur suhu AC paling dingin atau paling tinggi pun bisa dilakukan dengan sesimpel menekan tombol atas dan bawah.

Oh iya, jangan lupa untuk memastikan pintu, jendela, dan ventilasi ruangan sudah tertutup rapat saat AC menyala, ya! Serta, hindari juga untuk terlalu sering membuka dan menutup pintu. Dengan begitu, AC akan menyala dengan kesejukan yang optimal.

Berapa Setelan Suhu AC Paling Dingin?

Warga Indonesia sering berhadapan dengan cuaca terik nan panas. Sehabis beraktivitas di luar ruangan, masuk ke dalam ruangan ber-AC menjadi salah satu trik terjitu untuk menyejukkan tubuh dan membuat diri merasa lebih nyaman. Tapi, berapa suhu AC paling dingin yang bisa dipasang?

Umumnya, setelan suhu AC paling dingin ada pada 16 derajat celcius. Suhu tersebut menjadi suhu terendah yang bisa Anda gunakan untuk menyejukkan ruangan rumah.

Namun, sebagai catatan penting, sebenarnya tidak disarankan untuk menyetel suhu AC paling dingin ini sebagai pengaturan standar. Ada beberapa alasan yang mendasarinya, salah satunya berkaitan dengan permasalahan kesehatan.

Ketika suhu AC paling dingin terlalu sering dipasang, Anda rentan mengalami risiko-risiko penyakit seperti leher dan tengkuk yang kaku, perut yang kembung, hidung yang tersumbat, pembuluh darah menyempit, hingga terlalu sering buang air kecil.

Untuk menyiasati cuaca panas di luar rumah, Anda bisa menggunakan mode cool atau mode turbo, ya! Kedua fitur tersebut akan membantu AC menyebarkan udara dingin dengan lebih cepat. Walaupun begitu, Anda harus berhati-hati dengan tagihan listrik yang mungkin melonjak.

Berapa Setelan Suhu AC Tertinggi?

Setelah mengetahui berapa suhu AC paling dingin, Anda juga perlu mengetahui berapa suhu AC tertinggi. Jawabannya adalah 30 derajat celcius!

Perlu diketahui, bahwa penggunaan suhu AC tertinggi ini juga perlu dilakukan secara bertahap. Pertama-tama, Anda bisa mengatur suhu AC standar yaitu 25 derajat celcius, kemudian menaikkan suhunya pelan-pelan.

Berapa Setelan Suhu AC Ideal untuk Kesehatan?

Setelah membaca uraian di atas, Anda bisa mengetahui berapa suhu AC paling dingin atau terendah, serta suhu AC paling tinggi. Namun, sebenarnya berapa suhu AC terbaik untuk kesehatan?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa standar suhu AC di rumah ada dalam rentang 24 – 25 derajat Celcius. Mengapa begitu? Sebab, rentang suhu tersebut lebih baik untuk kesehatan tubuh.

Kebiasaan untuk memasang suhu AC paling dingin atau suhu AC terendah dapat memicu risiko kesehatan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Bahkan risiko kerusakan kulit karena kelembapan ruangan yang berkurang drastis juga dapat terjadi, lho!

Tak hanya itu, suhu tubuh yang menurun karena suhu AC paling dingin ini dapat berdampak terhadap produksi keringat yang berkurang dan produksi lemak tubuh yang berlebihan. Untuk jangka panjang, ada juga risiko-risiko seperti munculnya tanda-tanda penuaan dini, alergi, tenggorokan yang kering, serta iritasi pada saluran pernapasan. Ngeri, ya?

Memasang AC saat musim panas atau musim kemarau memang menjadi opsi populer untuk menyejukkan ruangan. Selama penggunaannya aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan, Anda bisa bebas memasangnya. 

Berapa Setelan Suhu AC yang Cocok untuk Area Kamar Tidur?

Perangkat elektronik AC dapat diletakkan di mana saja, termasuk kamar tidur yang menjadi salah satu area terpenting di dalam rumah. Kehadiran AC yang mampu menyejukkan ruangan juga bisa membuat seseorang betah dan berlama-lama di kamar.

Apakah Anda penasaran berapa setelan suhu AC yang paling cocok untuk area kamar tidur? Walau berbeda untuk setiap orang, idealnya, suhu AC untuk area kamar tidur orang dewasa dan anak-anak berada dalam kisaran 18 – 19 derajat Celcius.

Pada rentang suhu tersebut, Anda dapat menjaga suhu tubuh secara efektif saat tidur malam. Selain itu, Anda bisa mengatur fitur timer agar suhu AC dapat turun perlahan menjelang waktu bangun tidur.

Tahukah Anda bahwa ruangan yang sejuk juga dapat membantu kualitas tidur? Ketika AC dinyalakan sepanjang malam pada suhu yang pas, Anda bisa terlelap dan beristirahat dengan lebih nyaman.

Sebagai fase pemulihan tubuh, Anda perlu mengatur suhu ruangan yang tepat saat tidur. Ketika Anda tertidur di ruangan yang suhunya terlalu dingin atau panas, kemungkinan Anda akan merasa kurang nyenyak.

Tips Mengatur Suhu AC untuk Area Kamar Tidur

Ada beberapa tips untuk mengatur suhu AC yang pas sekaligus menghemat penggunaan konsumsi listriknya, berikut uraiannya:

1. Pastikan Semua Ventilasi Tertutup

Tips pertama adalah dengan memastikan semua ventilasi ruangan sudah tertutup ketika AC menyala. Hal ini penting untuk memastikan AC bekerja secara optimal dan bisa lebih cepat menyejukkan ruangan.

2. Atur Suhu AC Secara Bertahap

Selanjutnya, Anda juga bisa menyetel suhu AC secara bertahap. Contohnya, dengan menghindari setelan suhu yang terlalu rendah. Setelah tubuh beradaptasi dan Anda merasa ruangannya masih kurang dingin, Anda bisa menurunkan suhu sebanyak 1 – 2 derajat celcius. Kemudian, ulangi step ini sampai Anda merasa cukup nyaman, ya!

3. Naikkan Suhu AC Sebelum Terlelap

Ketika rasa kantuk mulai terasa, Anda bisa menaikkan suhu Ac sebanyak 1 – 2 derajat celcius. Dengan begitu, tubuh akan merasa lebih rileks, tapi juga terhindar dari risiko kedinginan ketika terlelap. Ingatlah bahwa suhu ruangan bisa menjadi lebih dingin saat tengah malam sampai pagi hari.

4. Gunakan Fitur Timer Pada AC

Trik terakhir adalah dengan memanfaatkan mode timer pada AC. Cara ini sangat praktis untuk Anda yang ingin menyesuaikan proses pendinginan sepanjang malam!

Anda juga bisa mengatur kapan perangkat AC mati secara otomatis ketika tertidur. Sangat membantu, kan?

Demikian informasi penting mengenai suhu AC paling dingin serta tips mengatur AC untuk area kamar tidur. Semoga informasi di atas dapat membantu, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru