Selain Bunga, Ini Dekorasi Luar Ruang Lainnya Yang Menarik

Nilai keindahan sebuah hunian tidak bisa lepas dari ketepatan dalam memilih dekorasi ruangan. Bukan hanya dekorasi di dalam ruangan, tetapi dekorasi luar ruang lainnya, juga ikut menentukan keindahan dan kenyamanan hunian tersebut.

Ada begitu banyak pilihan dekorasi luar ruang yang bisa menjadi rekomendasi untuk menata hunian Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menata ruangan khususnya bagian luar, yang bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan.

Mendekorasi Ulang Jendela.

Jendela merupakan bagian penting dari sebuah hunian karena fungsinya yang cukup penting, yaitu sebagai jalan keluar masuknya udara. Oleh karena itu, jendela merupakan bagian penting yang harus diperhatikan ketika mendekorasi sebuah hunian.

Selain sebagai jalan sirkulasi udara, ternyata jendela juga memegang peran penting bagi keindahan sebuah hunian. Jendela yang didekorasi dengan baik, akan memberikan nilai tambah dari keindahan hunian tersebut.

Pexels.com

Dekorasi luar ruangan lainnya yang harus diperhatikan adalah warna jendela rumah. Anda juga bisa mengganti model atau desain jendela rumah Anda, sehingga akan memberikan warna baru pada desain rumah Anda.

Mendekorasi jendela yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah dengan mengganti daun jendela. Disini Anda bisa mengganti bentuk daun jendela dengan desain baru, sehingga tampilan rumah menjadi berubah dan lebih indah.

Anda juga bisa melakukannya dengan cara mengganti warna daun jendela. Mengganti warna daun jendela juga bisa menjadi langkah tepat untuk mengubah penampilan rumah Anda dan juga menambah  keindahannya.

Selain mengubah desain dan warna daun jendela, Anda juga bisa mendekorasi bagian ini dengan menambahkan bunga gantung pada bingkai jendela rumah Anda. Keindahan dekorasi rumah akan terlihat dari luar ketika daun jendela terbuka.

Membuat Kotak Taman

Membuat hunian menjadi lebih menarik juga bisa dilakukan dengan menambahkan taman di bagian luar rumah Anda. Dekorasi luar ruangan lainnya ini sekaligus bertujuan memanfaatkan lahan yang ada di luar rumah Anda.

Membuat taman di luar ruangan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda cukup membuat kotak taman di atas lahan yang sudah ada, sehingga Anda akan memiliki taman baru yang lebih indah, menarik, dan tertata.

Pexels.com

Langkah yang harus dilakukan pun sederhana. Anda bisa mencampurkan tanah dan pupuk sebagai media tanam dan menatanya menjadi bentuk kotak-kotak. Selanjutnya, pindahkan tanaman di atas media tanam berbentuk kotak-kotak tersebut.

Dekorasi taman kotak ini akan memberikan nuansa lain pada bagian luar ruangan Anda. Dekorasi ini juga tidak membutuhkan dana besar, karena Anda bisa memanfaatkan tanaman yang sudah ada sebelumnya di halaman luar rumah Anda.

Baca Juga : Ivaro Furniture Official Produknya Ada Apa Saja? Ini Daftarnya

Sediakan Tempat Duduk di Luar Ruangan

Tempat duduk di luar ruangan merupakan alternatif yang bisa dipilih untuk membuat dekorasi luar ruangan lainnya, selain bunga Untuk desain atau model tempat duduk bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kondisi luar ruangan yang ada.

Pinterest.com

Apabila kawasan luar ruangan memiliki luas lahan yang kecil, Anda bisa memilih furniture minimalis dan tidak banyak makan tempat. Anda juga bisa memilih tempat duduk yang bisa dilipat, sehingga kursi bisa disimpan apabila tidak digunakan.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memilih dekorasi ini. Selain untuk menambah nilai seni pada luar ruangan rumah Anda, dekorasi ini juga memiliki manfaat lain. Berikut daftarnya.

  • Sebagai tempat Beraktivitas

Tempat duduk di luar ruangan bisa digunakan sebagai tempat beraktivitas. Bagi Anda yang bukan pekerja kantoran, misalnya seorang penulis atau desainer, bisa mendapatkan inspirasi dengan beraktivitas di luar ruangan rumah seperti ini.

  • Sebagai Tempat Berkumpul Bersama Keluarga

Menempatkan tempat duduk di luar ruangan juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana membangun kehangatan dengan berkumpul bersama anggota keluarga di sore hari atau pada waktu senggang.

  • Sebagai Tempat Menerima Tamu

Tamu tidak harus disambut di dalam ruangan. Untuk memberikan suasana akrab, Anda juga bisa menerima tamu di luar ruangan dengan menyediakan tempat duduk yang bisa membuat tamu merasa betah dan nyaman.

Membuat Luar Ruangan Untuk Arena Bermain

Bagi yang sudah berkeluarga, menyediakan area bermain untuk anak tentu menjadi salah satu pertimbangan ketika merencanakan dekorasi rumah. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan luar ruangan rumah Anda untuk didesain sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Area bermain untuk anak, bisa berada di dalam ruangan, bisa juga berada di luar ruang rumah. Apabila luas ruangan di dalam rumah tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai area bermain, Anda bisa memanfaatkan lahan yang ada di luar ruangan.

Pexels.com

Jenis permainan yang dipilih, juga harus disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. Apabila lahan yang tersedia tidak begitu luas, Anda bisa memilih set ayunan yang bisa diletakkan di sudut taman, atau jingle gym sebagai sarana olahraga untuk Anda dan keluarga.

Pilihan lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan luar ruangan seperti teras dan balkon sebagai tempat yoga, engklek, atau lompat tali. Kegiatan bermain dan berolahraga tersebut sangat ramah untuk ukuran ruang yang tidak begitu luas.

Apabila lahan luar ruangan di rumah cukup luas, Anda bisa menambahkan sarana bermain atau berolahraga lainnya seperti kolam renang. Memiliki kolam renang selain menambah nilai keindahan rumah, juga bisa membuat rumah Anda terlihat mewah, elegan dan tentunya fungsional.

Dekorasi yang Melibatkan Panca Indra

Untuk alternatif yang bisa Anda pilih untuk dekorasi luar ruangan lainnya adalah dengan membuat dekorasi yang bisa bisa dirasakan keindahannya oleh panca indra.

Maksudnya bukan hanya memiliki fungsi, tapi ini adalah jenis dekorasi untuk membuat area outdoor semakin indah dilihat dan dirasakan suasananya.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat dekorasi luar ruangan dengan menghadirkan nuansa alam ke dalam lingkungan rumah. Katakanlah seperti air terjun, oasse, atau fitur lainnya yang bisa merangsang panca indra untuk menikmatinya.

dekorasi luar
Pinterest.com

Menghadirkan nuansa air terjun akan membuat ruangan tampak kian mengesankan. Suara aliran air bisa memberikan memberikan ketenangan, dan bisa meredam suasana bising yang berasal dari suara kendaraan dan lingkungan di sekitarnya.

Apabila pekarangan cukup luas, Anda bisa menanam pohon yang berfungsi sebagai pagar tanaman. Selain memberi nuansa sejuk dan pemandangan berwarna hijau, pohon-pohon tersebut juga bisa berfungsi sebagai pagar pengaman dan melindungi privasi rumah Anda.

Koleksi pot-pot tanaman di rumah Anda, juga bisa dimanfaatkan untuk menghias balkon rumah. Deretan pot tanaman tersebut akan membuat balkon menjadi lebih berwarna. Selain itu, dengan meletakkan berbagai pot tanaman di balkon akan menciptakan koneksi yang kuat dengan alam.

Membuat dekorasi di dalam maupun di luar ruangan tidak harus dengan mengeluarkan dana yang besar. Dengan memanfaatkan fasilitas serta sarana yang sudah ada, Anda bisa menciptakan hunian dengan dekorasi dan desain yang indah, dan tentu saja nyaman untuk penghuninya. Jika Anda membutuhkan produk tambahan untuk mendekorasi baik berupa kursi, hiasan, atau dekorasi luar ruangan lainnya, beli saja secara online. Di sini, Anda bisa merujuk ke Renos.id untuk pembelian tersebut.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru