Sedang Mencari Pengki & Kemoceng? Ini Pilihan Merknya

Setiap orang tentu ingin mempunyai tempat tinggal yang nyaman. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan suasana rumah yang bersih dan rapi sehingga terhindar dari debu maupun kotoran lainnya. Pengki & kemoceng pun turut menjadi barang penting dalam menjaga kebersihan rumah.

Meski sudah familiar dengan kedua jenis alat pembersih ini, Anda mungkin belum banyak tahu informasi detail terkait keduanya. Demikian juga dengan rekomendasi merk penci serta kemoceng yang bagus. Ini ulasan terkaitnya.

Simak Serba-Serbi Pengki dan Kemoceng Ini Sebelum Membelinya!

Bagi Anda yang baru saja mempunyai hunian baru, akan sangat penting untuk mengetahui detail dari perabotan maupun peralatan rumah yang akan dibeli, terutama alat kebersihan lantai. Yuk, simak penjelasan mengenai pengki dan kemoceng berikut.

Mengenal Pengki & Kemoceng

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengki mempunyai arti sebagai keranjang (tempat) sampah, terbuat dari anyaman kulit bambu yang berbentuk terbuka dan agak ceper. Pengki memiliki bentuk seperti sekop namun lebih datar. Di zaman modern, terdapat tongkat silindris di salah satu sisi

Tongkat tersebut berfungsi sebagai pegangan, sehingga pengguna tidak perlu membungkuk saat menggunakan pengki. Ada banyak pilihan ukuran maupun bahan pembuat pengki, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan selera maupun kebutuhan rumah tangga.

Selain pengki, kemoceng juga merupakan salah satu alat untuk menjaga kebersihan rumah, terutama dari tumpukan debu pada furnitur. Kemoceng sendiri terdiri dari bulu yang terikat menjadi satu. Bulu tersebut bisa berasal dari bulu kalkun, bulu ayam, maupun bulu burung unta.

Namun seiring berjalannya waktu, bentuk dari kemoceng semakin bervariasi. Mulai dari menggunakan bulu, raffia, hingga kain. Batangnya pun tersedia dari berbagai bahan dasar rotan, kayu, hingga besi. Di Renos.id, Anda dapat mendapatkan kemoceng sesuai keinginan.

Fungsi Pengki

Seringkali, pengki disebut satu paket dengan sapu karena fungsi dari alat tersebut. Pengki mempunyai fungsi sebagai wadah untuk menampung sampah, kotoran, maupun debu yang dikumpulkan dengan sapu. Setelah itu, sampah akan dibuang ke tempat sampah.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Ukuran pengki beragam. Mulai dari kecil, sedang, hingga besar menyesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Untuk penggunaan menampung debu, tentunya cukup menggunakan pengki berukuran kecil. Berbeda jika berfungsi menampung sampah, maka ukurannya harus lebih besar.

Fungsi Kemoceng

Meskipun sama-sama sebagai alat pembersih rumah, pengki & kemoceng tentu mempunyai perbedaan fungsi. Jika pengki berguna untuk menampung debu maupun sampah, maka kemoceng berfungsi untuk membersihkan debu yang berada di berbagai perabotan rumah tangga.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Kemoceng memiliki pegangan yang berguna untuk memudahkan Anda dalam pembersihan debu. Bahkan, untuk membersihkan sudut rumah dari sarang laba-laba pun, kemoceng kerap menjadi pilihan. Cara menggunakan kemoceng pun mudah.

Anda cukup mengayunkan kemoceng ke permukaan meja maupun perabotan rumah tangga lainnya sehingga debu akan tersingkir. Pembersihan rumah dengan kemoceng pun sebaiknya Anda lakukan minimal 2 kali seminggu demi mencegah penumpukan debu.

Tips Memilih Pengki

Kini, ada banyak sekali jenis pengki yang tersedia di pasaran. Mulai dari model hingga bahannya. Nah ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih pengki agar sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan Anda.

Pertama, Anda dapat memilih bahan pengki sesuai keinginan. Bodi pengki tersedia dalam dua tampilan, yaitu modern dan tradisional. Jika Anda menyukai model modern, maka bahan yang tersedia pada umumnya adalah plastik dan bambu untuk tampilan tradisional.

Kedua, jangan lupa untuk memilih bahan gagang pengki yang kokoh dan kuat. Meski di pasaran kebanyakan terbuat dari plastik, namun ada juga gagang pengki dengan bahan kayu maupun stainless steel. Ini tentu dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli.

Ukuran gagang juga bervariasi. Ada yang panjang dan pendek. Ukuran tinggi dapat digunakan untuk penggunaan sehari-hari dan ukuran pendek bisa disimpan di mobil untuk dipakai ketika butuh. Maka dari itu penting untuk menentukan kegunaan pengki sebelum membelinya.

Tips Memilih Kemoceng

Pemilihan alat kebersihan rumah seperti pengki & kemoceng tentu membutuhkan perhatian khusus. Setelah Anda mengetahui tips memilih pengki, kini ada beberapa tips pemilihan kemoceng yang dapat dilakukan.

Sama halnya dengan pengki, kemoceng juga tersedia dalam berbagai bahan. Mulai dari bulu, plastik, maupun mikrofiber. Ketiganya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang patut dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Baca Juga : Daftar Produk Dari Funika Furniture Yang Banyak Diminati

Selain bahan, ukuran kemoceng juga bervariasi. Mulai kurang dari 30 hingga 50 cm. Ukuran mini dapat Anda gunakan untuk membersihkan meja maupun perabotan rumah lainnya. sedangkan, ukuran lebih panjang dapat dipakai untuk menjangkau area lebih tinggi.

Akan lebih baik jika Anda memilih jenis kemoceng yang dapat dicuci sehingga tidak terjadi penumpukan debu. Kemoceng dengan bahan bulu hanya bisa dibersihkan dengan digoyangkan, sedangkan jenis plastik dan microfiber dapat dicuci sehingga lebih awet.

Rekomendasi Merk Pengki

Setelah menyimak berbagai serba-serbi dari pengki & kemoceng, sebagian orang tertentu bertanya-tanya mengenai merek apa yang sebaiknya mereka beli. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi merek pengki yang dapat Anda beli:

Lion Star Sigma Dustpan

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Terkenal sebagai penyedia berbagai produk rumah tangga, Lion Star juga menghadirkan pengki dalam warna beragam. Mulai dari pink, hijau, biru, dan orange. Terbuat dari plastik tebal dan berkualitas, pengki keluaran Lion Star akan lebih kokoh ketika Anda gunakan.

DRAGON Pengki Floren

Tokopedia.com

Badan pengki dari merek DRAGON  ini terbuat dari plastik berkualitas dengan gagang dari bahan berbeda, yaitu pipa besi. Adanya perpaduan bahan akan membuat Anda lebih nyaman dengan karakteristik pengki yang kuat.

Angola Broom Set Dustpan D09

Pinterest.com

Bagi Anda yang ingin membeli pengki sekaligus sapunya, merek satu ini dapat menjadi pilihan. Dalam satu set saja, Anda sudah bisa mendapatkan keduanya lengkap dengan sisir di tepi pengki untuk membersihkan rambut maupun debu dari rambut sapu.

Rekomendasi Merk Kemoceng

Membersihkan debu yang menempel di perabot maupun sudut tembok rumah dapat dilakukan dengan menggunakan kemoceng. Setelah mengetahui berbagai hal mengenai kemoceng, Anda dapat menyimak beberapa rekomendasi merk kemoceng berikut ini:

Kemoceng Bulu Ayam

Tokopedia.com

Jenis kemoceng satu ini sudah sangat dikenal sejak zaman dahulu. Gagangnya yang terbuat dari kayu dan bulu ayam alaminya tidak mudah rontok sehingga Anda akan mudah ketika menggunakannya.

Microfiber Nagata137

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Merk Nagata type 137 merupakan kemoceng dengan bahan dasar microfiber. Bulu dari kemoceng tidak mudah rontok sehingga debu akan terkunci sempurna. Cara membersihkannya pun mudah, yaitu Anda cukup menggoyangkan maupun mengibaskan kemoceng.

Kemoceng Telescopic

Terbuat dari serat microfiber yang halus, merek kemoceng ini akan membantu Anda untuk membersihkan debu secara efisien. Karakteristiknya elastis, sehingga Anda dapat membersihkan debu secara sempurna. Selain itu, fitur telescopic menjadi kelebihan utama dari merk satu ini.

Nah, itu dia beberapa serba-serbi dan rekomendasi merk mengenai pengki & kemoceng yang penting untuk Anda ketahui sebelum membeli. Seluruh alat pembersih rumah dengan berbagai jenis bahan dan model dapat Anda temukan di Renos.id. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru