Inspirasi Desain Rumah Shabby Chic, Pesona Vintage ala 80’an yang Unik!

rumah shabby chic

Apakah Anda pernah mendengar tentang tren shabby chic? Desain rumah shabby chic dapat menjadi salah satu referensi yang bisa Anda kulik!

Saat ini, ada banyak pernak-pernik bergaya shabby chic, mulai dari shabby chic background, hingga gorden shabby chic yang dapat Anda temukan di pasaran. Ingin tahu detail informasi tentang desain rumah shabby chic? Simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Shabby Chic?

Kata ‘shabby’ dapat diartikan menjadi lusuh atau kumal. Sedangkan, kata ‘chic’ merujuk pada kata cantik atau elok. Ketika digabungkan kedua makna tersebut, arti dari shabby chic adalah ‘keindahan dalam kelusuhan’.

Walaupun kedengaran negatif, tapi desain rumah shabby chic sebenarnya memiliki keunikannya tersendiri.

Shabby chic artinya adalah sebuah tren desain interior yang fokus pada pemilihan furnitur yang memiliki unsur vintage atau kuno. Salah satu ciri khas dari shabby chic dapat terlihat dari perpaduan motif floral atau liris yang juga didominasi oleh warna putih atau pastel.

Rumah shabby chic memiliki nuansa yang nyaman dengan sentuhan romantis dan feminin. Poin plusnya, desain interior ini juga dapat diterapkan dengan harga yang relatif bersahabat.

Anda bisa menggunakan perabotan atau pernak-pernik lama. Karena sesuai konsepnya, desain shabby chic justru identik dengan penggunaan benda-benda usang, contohnya seperti set meja dan kursi kayu yang penuh goresan atau cat dinding yang terkelupas.

Bahkan, Anda bisa bereksperimen dengan mendaur ulang furnitur tua, lho! Anda cukup mengecat ulang beberapa bagian dari furnitur tersebut untuk mendapatkan furnitur bergaya shabby chic yang baru!

Sejarah Rumah Shabby Chic yang Perlu Anda Tahu

Shabby chic pertama kali muncul pada awal tahun 1990-an di negara Inggris. Pada saat itu, masyarakat pedesaan Inggris banyak menggunakan perabotan rumah yang usang dengan warna yang memudar.

Setelah itu, masyarakat pun berlomba-lomba untuk mendapatkan furnitur klasik yang memiliki kisah dan tampilan unik. Semakin antik furnitur shabby chic tersebut, maka semakin tinggi pula nilai prestisenya.

Desain rumah shabby chic artinya banyak menggunakan perpaduan warna pastel, motif bunga, serta pemakaian kain renda. Karena gayanya yang elegan dan klasik, tak heran kalau desain vintage ini masih eksis dan populer sampai sekarang.

Trik Mencoba Trend Shabby Chic Di Rumah

Apakah Anda ingin mencoba menerapkan gaya shabby chic di rumah? Kalau iya, Anda bisa mencobanya dari mulai menggunakan satu atau dua furnitur bergaya shabby chic terlebih dahulu.

Jadi, Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi rumah dengan ukuran kecil hingga sedang. Triknya adalah menambahkan unsur dekorasi yang hangat dan nyaman. Beberapa contoh perabotannya adalah cermin, bingkai foto, atau peralatan minum dan makan.

Tips Mengubah Furnitur Menjadi Gaya Shabby Chic

Selain membeli furnitur shabby chic yang baru, Anda juga bisa bereksperimen dengan furnitur yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Sebagai catatan, Anda bisa menggunakan aksen warna putih sebagai tema utama. Pilihlah cat putih dengan kesan “tua” alih-alih menggunakan cat putih dengan warna yang terang. Selain warna putih, Anda juga bisa memilih warna cat biru muda, merah mawar, hingga hijau daun.

Setelah itu, Anda bisa mengecat beberapa furnitur yang Anda miliki di rumah. Seperti sofa, meja, lemari, atau pun kursi.

Dengan bereksperimen menggunakan cat-cat warna pastel, Anda bisa menerapkan konsep shabby chic. Selain di kamar tidur, dekorasi shabby chic juga sangat cocok diterapkan di area ruang tamu rumah.

Keunggulan Desain Rumah Shabby Chic

Apabila Anda menyukai desain rumah dengan gaya yang soft dan elegan, konsep shabby chic dapat menjadi salah satu pilihan utama! Tidak hanya terlihat nyaman dipandang, desain rumah shabby chic juga termasuk ramah di kantong.

Kebanyakan furnitur yang digunakan adalah furnitur antik atau upcycled. Oleh karena itu, Anda bisa memburu perabotan yang lebih murah di toko-toko barang antik.

Anda juga bisa mendapatkan ‘furnitur baru’ dengan gaya yang unik dan jadul dengan mengecat atau mendesain ulang furnitur-furnitur lama di rumah. Jadi lebih hemat, nih!

Tak bisa disangkal, salah satu keunggulan utama dari desain rumah shabby chic adalah vibes-nya yang tentram, serta mengingatkan kita akan nostalgia masa lalu yang manis dan hangat. Apakah Anda tertarik mencoba?

Berbagai Inspirasi Rumah Shabby Chic yang Bisa Anda Coba

Ada beberapa referensi model shabby chic yang bisa Anda coba di rumah, di antaranya:

1. Hias Jalan Masuk dengan Ornamen Antik

Tips pertama untuk mendesain rumah shabby chic adalah menggunakan ornamen antik pada jalan masuk rumah. Dengan begitu, ketika Anda atau tamu membuka pintu, nuansa shabby chic akan langsung terasa.

Anda bisa menggunakan detail-detail vintage yang khas. Mulai dari meletakkan meja atau rak berisi benda-benda antik di sepanjang jalan. Anda juga bisa menghias area pintu dengan desain kayu lapuk atau cat pastel yang terkelupas.

2. Desain Ruang Keluarga yang Hangat

Nuansa hangat dan nyaman menjadi salah satu kelebihan dari desain shabby chic. Nuansa tersebut sangat cocok diterapkan untuk area ruang keluarga yang merupakan tempat berkumpul dan seringkali menjadi focal point dari hunian rumah.

Untuk mendesain ruang keluarga yang nyaman dengan gaya shabby chic, Anda bisa menggunakan sofa dengan elemen kain floral atau bunga-bunga. Setelah itu, pilih juga detail kayu pada lantai dengan warna pucat. Shabby chic background juga dapat diterapkan pada pada dinding ruang keluarga.

Trik terakhir untuk ruang keluarga yang indah, Anda bisa menerapkan gorden shabby chic yang manis dan elegan. Bisa dicoba, nih!

3. Beristirahat dengan Nyaman dalam Kamar Tidur Shabby Chic 

Tak hanya di ruang keluarga, desain shabby chic juga dapat dipraktikkan di area ruang kamar tidur Anda, lho! Terutama untuk Anda yang menyukai gaya desain yang manis dan romantis.

Terapkan sentuhan shabby chic pada pemilihan bed cover berupa sarung bantal, sarung guling, sprei, dan selimut berwarna pastel dengan motif floral. Di meja nakas atau meja samping tempat tidur, Anda juga bisa memajang bingkai antik.

Untuk penerangan, Anda bisa memasang chandelier atau lampu tidur. Dan, tak lupa untuk menerapkan gorden shabby chic sebagai detail yang manis.

4. Dapur Shabby Chic yang Cantik

Anda bisa dengan mudah menemukan referensi desain dapur shabby chic yang cantik di internet. Desain ini dapat menambah daya tarik estetika ruangan dapur Anda, sekaligus menghemat anggaran biaya.

Trik menghias dapur shabby chic yang cantik adalah dengan menggantungkan alat-alat dapur antik. Selain itu, padukan juga dengan langit-langit dan lantai kayu, kabinet bergaya vintage, serta dinding atau shabby chic background dengan pilihan warna pastel yang lembut.

5. Ruang Makan Bergaya Shabby Chic yang Antik

Tak jauh dari ruang dapur, Anda bisa menerapkan desain shabby chic pada ruang makan. Tips dekorasinya pun tidak sulit, cukup gunakan elemen kayu alami pada meja makan dan kursi makan Anda.

Nah, nantinya coba padukan tekstur natural tersebut dengan lampu chandelier yang antik. Dengan begitu, suasana ruang makan Anda pasti akan terlihat klasik!

6. Kamar Mandi Shabby Chic yang Menawan

Untuk area kamar mandi yang cukup besar, Anda bisa mencoba menerapkan gaya shabby chic. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, pasanglah kaca atau cermin dengan berbagai ukuran. Usahakan untuk memilih cermin dengan ukiran atau ornamen cantik agar nuansa vintage-nya semakin kuat, ya!

Selain itu, letakkan juga rak kayu untuk menyimpan perlengkapan mandi Anda. Furnitur shabby chic satu ini tak hanya menjadi unsur estetika semata, tapi juga bersifat fungsional.

7. Ruang Laundry Bergaya Shabby Chic

Sedang mencari desain ruang laundry di rumah? Coba terapkan desain shabby chic, deh!

Untuk menerapkan desain ini, Anda bisa menggunakan rak dinding untuk menjadi storage penyimpanan kebutuhan laundry atau mencuci pakaian.

Anda tidak perlu membeli rak yang baru, tapi cukup berkreasi dengan sisa kayu tidak terpakai saja. Jangan lupa cat dengan warna-warna pastel yang menawan, ya!

Itulah artikel lengkap mengenai desain rumah shabby chic. Gaya interior ini terlihat lembut dan manis, serta membawa kehangatan dan kenyamanan di hunian Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah inspirasi Anda, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru