12 Inspirasi Roster Minimalis Terbaik untuk Rumah Anda!

roster minimalis terbaik

Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai estetika rumah Anda, mulai dari mendekorasi bagian interior serta eksterior rumah. Salah satunya dengan memilih desain roster minimalis terbaik nan trendi.

Tak hanya menambah daya tarik visual, pemakaian roster minimalis terbaik juga memiliki sifat fungsional, lho! Penggunaan roster untuk eksterior rumah ini juga berfungsi untuk memberikan kesan awal yang baik bagi para tamu yang berkunjung ke rumah.

Ingin tahu apa saja inspirasi roster minimalis terbaik untuk rumah Anda? Simak artikel ini dan catat referensinya!

Apa Itu Roster?

Roster, juga dikenal sebagai breeze block, adalah bahan konstruksi yang dirancang sebagai dinding lubang angin. Fungsi utama dari roster adalah untuk mengatur sirkulasi udara dan memfasilitasi pencahayaan alami dalam suatu bangunan.

Di luar penggunaan tradisionalnya sebagai dinding, roster juga dapat digunakan sebagai pagar dan partisi antar ruangan, terutama pada konstruksi rumah bergaya kontemporer.

Salah satu aspek menarik dari roster terletak pada kemampuan beradaptasinya, karena ukurannya juga dapat disesuaikan untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik. Contohnya, seperti aliran udara, sinar matahari, dan sirkulasi angin.

Namun, sebagai catatan, daya tarik roster juga sangat bergantung pada pola desain atau model yang digunakan.

Berbagai Inspirasi Desain Roster Minimalis Terbaik yang Bisa Anda Tiru

Bingung dengan desain roster yang ingin Anda gunakan? Simak inspirasi desain roster minimalis terbaik berikut ini!

1. Model Roster Beton Berbentuk Kotak

Roster dari bahan beton unggul dalam tingkat kekuatan dan ketahanannya. Selain itu, penggunaan roster beton berbentuk kotak juga dapat membantu meningkatkan tampilan eksterior rumah Anda.

Sedikit tips, untuk suasana yang lebih hidup, Anda bisa mengecat roster baton dengan cat yang warnanya harmonis dengan dinding rumah.

2. Model Roster GRC yang Minimalis

Roster minimalis satu ini tidak hanya bagus dari segi desain, tapi juga unggul dalam tambahan struktur ventilasi yang berukuran besar.

Kehadiran lubang di dalam fasad tersebut akan membuat suhu di dalam ruangan senantiasa sejuk, bahkan di siang hari.

3. Model Roster Keramik Bergaya Kontemporer

Buat Anda yang menyukai nuansa tradisional bisa pilih desain roster satu ini! Agar semakin estetik, gunakan model roster dengan varian warna menarik. Contohnya, roster warna kuning, merah, atau coklat.

4. Model Roster Berbahan Kayu

Penggunaan material kayu banyak diminati. Tidak hanya untuk dekorasi interior, tapi juga eksterior rumah.

Untuk nuansa rumah yang natural dan bernilai seni, Anda bisa menggunakan roster kayu!

5. Model Roster Berbahan Bata

Tak hanya kayu, ada juga model roster bata yang tak kalah indah. Nilai plusnya lagi, jenis roster satu ini juga dikenakan harga yang lebih terjangkau.

6. Model Roster Berbahan Granite

Anda tidak perlu ragu menggunakan model roster granite untuk hunian kesayangan Anda.

Supaya makin sedap dipandang mata, lapisi roster dengan warna cat kesukaan. Dijamin indah!

7. Roster Minimalis yang Artistik 

Mau tampilan roster yang out of the box? Coba pilih roster dengan bentuk lubang yang variatif. Kemudian, cat roster tersebut dengan warna kesukaan.

8. Roster Minimalis Berwarna Cokelat

Desain roster beton ini didominasi warna cokelat dan oranye yang tampak hangat. Cocok untuk Anda pencinta warna earthy tone!

9. Roster Berventilasi yang Bergaya Minimalis 

Apa fungsi roster minimalis? Selain daya tarik visualnya yang tinggi, jenis roster ini juga memiliki berbagai fungsi praktis.

Fasad rumah dengan banyak ventilasi umumnya memiliki suhu yang lebih sejuk.

10. Roster Beton yang Minimalis

Desain roster minimalis yang terbaik lainnya juga menggunakan beton. Untuk membedakannya, Anda bisa menyusunnya dengan bentuk susun bertumpuk atau pun menyamping.

Wah, pasti kelihatan estetik dan instagramable!

11. Roster Keramik Bergaya Kontemporer

Berikutnya, Anda bisa mencoba roster bergaya kontemporer dengan menggunakan bahan material keramik.

Desain roster satu ini cocok apabila Anda ingin menghadirkan nuansa baru yang fresh dalam desain rumah minimalis Anda.

Dibanding membiarkan roster tampak polos, gunakan warna-warna mencolok seperti kuning, merah, dan coklat pun digunakan untuk memberikan vibes yang ceria.

12. Roster dengan Gaya Arsitektur Brutalisme 

Untuk Anda yang berjiwa seni tinggi, bisa coba menerapkan roster dengan gaya arsitektur brutalisme. Seperti apa detailnya?

Anda bisa menggunakan tembok roster beton dengan gaya brutalisme. Hal ini akan membuat fasad rumah Anda tampak stand out dibandingkan hunian rumah lain di sekitar Anda.

13. Roster Minimalis dengan Bahan Kaca

Salah satu bahan material yang tak boleh Anda lupakan adalah kaca! Yup, Anda pun dapat menggunakan material ini untuk roster minimalis Anda, lho.

Anda tidak perlu menggunakan lubang sirkulasi cahaya yang banyak karena bahan kaca yang transparan. Dengan menggunakan roster minimalis berbahan kaca, rumah Anda akan tampak terang dengan pencahayaan paripurna. Bisa dicoba!

14. Roster Pagar dengan Bahan Batu 

Selain itu, ada juga roster pagar yang terbuat dari bahan material batu. Selain estetik dan artistik, roster dengan bahan batu alam juga akan membuat rumah Anda tampak kokoh.

Anda bisa menjadikannya salah satu referensi roster minimalis terbaik untuk rumah impian Anda kelak.

Risiko Pemakaian Roster yang Wajib Anda Ketahui!

Setiap jenis material bangunan pasti memiliki risiko penggunaannya sendiri. Nah, kali ini kita akan membahas tentang risiko dari pemakaian roster. Apa saja risikonya?

1. Roster Mudah Ditumbuhi Lumut

Untuk pengaplikasian roster di luar ruangan atau outdoor, roster termasuk rentan untuk ditumbuhi dengan lumut atau mikroorganisme lainnya. Biasanya, hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan cuaca.

2. Roster  Rentan Korosi

Akibat paparan sinar matahari dan air hujan, roster juga berpotensi untuk mengalami korosi.

3. Roster Kayu Rentan Digigit Rayap

Khusus roster yang berbahan kayu, juga mengalami risiko pelapukan dan serangan rayap

4. Mortar untuk Roster Juga Rentan Keropos

Selain itu, mortar yang dipakai untuk proses pemasangan roster juga bisa mengalami keropos. Terutama apabila tidak diberi perawatan

5. Pori-pori Roster Bisa Merusak Strukturnya

Karena berpori, roster juga dapat memicu endapan air yang dapat merusak strukturnya.

6. Warna Roster Bisa Memudar

Permukaan warna roster juga dapat mengalami proses pemudaran seiring dengan usia penggunaannya.

Tips Perawatan Roster

1. Apabila Anda menggunakan roster berbahan granit, maka Anda bisa merawatnya dengan cara mengelapnya menggunakan kain atau kemoceng.

2. Anda juga bisa menggunakan cat waterproof untuk melindungi permukaan roster dari faktor cuaca seperti paparan terik matahari dan guyuran hujan.

3. Supaya tidak ada pengendapan air, maka Anda harus melakukan proses coating setahun sekali pada roster.

4. Rutinlah mengecek bagian mortar yang terlihat keropos. Kemudian, Anda bisa menambahkan lagi mortar pada sela-sela roster untuk memperkuat kembali strukturnya.

5. Apabila warna roster memudar, sangat disarankan untuk Anda melakukan pengecatan ulang.

Itu dia informasi lengkap tentang roster minimalis terbaik untuk rumah Anda. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan Anda dan bisa bermanfaat untuk proyek konstruksi atau pun renovasi rumah Anda, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru