Resep Kue yang Pakai Baking Soda, Serba Lezat

Baking soda atau soda kue merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam dunia pastry. Dalam baking soda mengandung senyawa natrium bikarbonat yang membuat adonan kue dapat mengembang. Berikut adalah beberapa resep kue yang menggunakan baking soda dalam adonan:

Resep Bolu Pisang Kukus

Resep kue pertama yang menggunakan baking soda sebagai pengembang adonan adalah bolu pisang kukus. Pembuatan kue dengan memanfaatkan kukusan magic com ini menggunakan soda kue yang dikombinasikan dengan SP untuk menetralkan rasa getir yang berasal dari baking soda.

pinterest.com

Adapun resep untuk membuat bolu pisang kukus magicom ini adalah pisang ambon yang matang sebanyak 4 buah, telur ayam dua butir, dan satu kemasan susu vanila. Bahan yang lainnya adalah tepung terigu dengan protein yang sedang sebanyak 11 sendok makan dan gula pasir 9 sendok makan.

Bahan tambahan yang diperlukan adalah minyak goreng sebanyak 10 sendok makan, setengah sendok teh garam, baking soda, dan garam. Semua adonan tersebut dicampur rata, kemudian baru dikukus menggunakan magicom selama kurang lebih 40 menit.

Resep Pancake Tape

Pancake merupakan salah satu kue sangat mudah untuk dibuat. Menu ini juga bisa menjadi alternatif menu sarapan Anda dan keluarga. Bahan-bahan untuk pembuatan pancake tape di antaranya adalah tepung terigu, tape singkong yang telah dihaluskan, gula pasir, susu, dan margarin cair.

pinterest.com

Adapun bahan tambahan dari adonan ini yakni baking powder, baking soda, dan perasan jeruk lemon. Cara pembuatannya yang pertama adalah campurkan susu dengan perasaan jeruk lemon, kemudian diamkan terlebih dahulu selama 10 menit.

Setelah itu, tambahkan semua bahan kecuali tape dan margarin dan campur hingga semuanya merata. Kemudian, masukkan tape dan margaris, aduk rata kembali dan diamkan selama 20 menit. Dengan demikian adonan siap dicetak pada wajan yang telah dipanaskan.

Resep Martabak Manis

Di beberapa daerah yang ada di Indonesia, martabak manis sering disebut dengan terang bulan. Makanan yang legendaris ini juga menggunakan baking soda sebagai bahan pengembang dalam adonannya.

pinterest.com

Beberapa bahan yang digunakan untuk pembuatan martabak manis diantaranya adalah tepung terigu serbaguna, telur, ragi instan, gula, vanili, garam, air, dan baking soda. Anda dapat mencampur semua bahan tersebut hingga tercampur rata dan tidak ada bahan yang masih menggumpal.

Tutup menggunakan kain bersih adonan tersebut, supaya berkembang dan menghasilkan ringgo-rongga setelah dimasak nanti. Kemudian, cetak dengan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan teflon bertutup.

 

Baca Juga : Resep Kue dengan Baking Powder Ini Cocok Dicoba di Rumah

 

Resep Brownis

Olahan berikutnya yang kadang juga menggunakan baking soda adalah brownis. Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini diantaranya adalah tepung terigu sebanyak 12 sendok makan, coklat bubuk 25 gram, dan gula pasir sebanyak 9 sendok makan.

pexels.com

Bahan tambahan lainnya yakni ½ vanili, baking soda, dan baking powder. Selain itu, juga ada air sebanyak 200 mL dan 2 sendok makanan minyak sayur. Cara membuatnya juga cukup simpel, semua bahan dicampur hingga merata semuanya.

Anda dapat memanaskan kukusan sebelumnya, sehingga ketika adonan telah jadi bisa langsung dikukus. Tutuplah kukusan dengan tambahan kain bersih yang menyelimuti tutup bagian dalam. Hal tersebut bertujuan agar uap air tidak menetes mengenai roti yang telah matang.

Resep Bolu Kukus Pisang

Bolu kukus dapat menjadi pilihan sebagai cemilan ketika ada arisan atau kumpul keluarga. Pembuatan menu ini juga cukup simpel. Adapun bahan yang harus Anda persiapkan antara lain buah pisang, tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, minyak sayur, dan air.

pinterest.com

Bahan tambahan lainnya adalah baking powder, baking soda, vanili bubuk, dan biji wijen secukupnya. Langkah pembuatannya dimulai dengan mencampur pisang dengan gula pasir hingga merata. Kemudian, tambahkan bahan-bahan kering dalam adonan tadi dan tambahkan air sedikit demi sedikit.

Langkah berikutnya adalah menambahkan minyak sayur dan biji wijen. Setelah adonan sudah jadi, tuangkan dalam cetakan yang telah diberi alas kertas roti. Tahap terakhir adalah memasukkan adonan tersebut dalam kukusan yang telah dipanaskan.

Kukus hingga kurang lebih 20 menit. Ketika Anda memasak roti dengan teknik kukus, jangan lupa untuk melapisi tutup bagian dalam dengan kain bersih.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru