Panduan Cara Membuat Donat dengan Berbagai Versi

Donat merupakan salah satu jenis kue yang banyak diminati masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Cara membuat donat sebenarnya tidak terlalu rumit dengan bahan yang mudah ditemukan di pasar. Berikut ini panduan cara membuat berbagai kreasi donat yang enak.

Resep Donat Warna-Warni

Inspirasi yang pertama adalah Anda bisa membuat donat warna-warni dengan toping kekinian agar lebih banyak diminati. Donat warna-warni ini memiliki ukuran kecil dengan pilihan topping yang lebih banyak. Bahan utama resep yang satu ini tidak berbeda jauh ketika Anda membuat donat biasa.

pexels.com

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencampur 500g terigu, 100g gula, ½ sendok teh garam, dan ¼ baking powder. Lalu, tambahkan 2 butir kuning telur dan aduk adonan hingga merata. Tambahkan 200 ml susu cair sedikit demi sedikit sambil uleni adonan agar merata.

Untuk tahapan selanjutnya, yaitu bagi adonan tersebut menjadi beberapa bagian kecil dan diamkan selama beberapa saat agar mengembang. Selanjutnya, lubangi bagian tengah kue donat sebagai rongga udara ketika nanti digoreng.

Berikutnya, mulai panaskan minyak dan goreng adonan tersebut hingga warnanya berubah kecoklatan. Setelah itu, tiriskan kue donat untuk menunggu minyaknya turun dan jajanan tersebut menjadi hangat. Sembari menunggu siapkan wadah lain untuk mencairkan 1 sendok makan margarin.

Lalu, tambahkan sirup pada wadah margarin dan aduk hingga cairan tersebut mulai mengental. Anda bisa mulai mencelupkan kue donat pada adonan toping tersebut dan tunggu hingga mengering. Terakhir, donat mini dengan toping warna-warni tersebut sudah siap untuk dinikmati.

 

Baca Juga: Tips Desain Kolam Renang Minimalis untuk Hunian

 

Resep Donat Kampung

Cara membuat donat kampung juga terbilang cukup sederhana apalagi jajanan ini termasuk yang paling banyak diminati. Kue donat kampung ini memiliki rasa yang manis dan lembut di mulut tanpa toping berlebihan.

pexels.com

Untuk langkah membuatnya, yang pertama yaitu campurkan 500g tepung terigu, 75g margarin, 3 kuning telur ayam, 2 sendok teh ragi instan, 100g gula, 50g susu bubuk, dan air hangat. Aduk campuran adonan tersebut hingga merata dan kalis.

Selanjutnya, diamkan adonan tersebut selama 45 menit agar bisa mengembang dan hasilnya empuk. Lalu, giling adonan dan bagi menjadi bagian kecil untuk membentuk donat. Usahakan untuk membuat adonan tidak terlalu tebal supaya mengembangkan ketika digoreng.

Lanjutkan dengan memanaskan minyak, lalu goreng adonan donat tersebut hingga warnanya menjadi kecoklatan. Berikutnya, angkat dan tiriskan kue donat hingga jajanan ini menjadi agak dingin. Ambil wadah lain sebagai tempat untuk menuangkan gula pasir.

Campurkan donat yang sudah mulai dingin ke wadah berisi gula pasir dan kocok hingga seluruh permukaannya terlumuri dengan merata. Pindahkan donat tersebut ke dalam piring dan sajikan untuk dinikmati bersama keluarga.

Resep Donat Kentang

Selain dua resep di atas, donat kentang juga menjadi kue yang layak untuk dicoba dibuat di rumah. Donat ini memiliki rasa lebih khas karena adanya tambahan kentang dalam pembuatan adonannya. Sementara bahan lainnya tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan donat yang lainnya.

pexels.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merebus 100 g kentang sampai lembut dan tumbuk hingga halus. Berikutnya, campurkan kentang dengan 250g tepung terigu, 3 sendok makan fermipan, 3 butir kuning telur, 50g gula, 25g susu bubuk, dan 1 sdm mentega.

Langkah selanjutnya adalah aduk adonan tersebut hingga merata dan menambahkan air hangat secara perlahan. Setelah adonan kalis, tutuplah menggunakan kain basah dan diamkan selama 1 jam untuk membuatnya mengembang.

Cara membuat donat kentang selanjutnya, yaitu bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera menggunakan cetakan atau tangan. Lalu, panaskan minyak dan goreng adonan donat hingga warnanya keemasan.

Angkat kue donat tersebut untuk meniriskan minyak dan menunggu hingga jajanan ini mulai menghangat. Selanjutnya, tambahkan topping sesuai dengan selera agar donat kentang tersebut semakin nikmat disantap.

Umumnya, donat kentang diberi toping sederhana, seperti gula halus atau meses coklat agar rasa manisnya tidak berlebihan. Setelah diberi toping, Anda bisa menyajikannya di piring atau mengemas jajanan ini untuk dijadikan bekal yang cukup mengenyangkan disantap ketika waktu istirahat.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru