Resep Kue dengan Baking Powder Ini Cocok Dicoba di Rumah

Baking powder menjadi salah satu bahan tambahan yang sering digunakan untuk membuat kue lebih mengembang. Ada banyak sekali jenis kue yang dibuat dengan salah satu bahan berupa baking powder tersebut. Berikut adalah beberapa resep kue yang menggunakan baking powder dalam adonan.

Resep Kue Dorayaki Coklat

Dorayaki adalah salah satu kue asal Jepang yang terkenal sebagai makanan favorit Doraemon dalam filmnya. Karena rasanya yang lezat, membuat kue ini mudah diterima di Indonesia. Jika Anda ingin membuatnya, bahan yang harus disiapkan yakni tepung terigu serba guna, air, dan coklat bubuk.

Resep Kue Dorayaki Coklat menggunakan Baking powder

shutterstock.com

Siapkan juga gula pasir, mentega, selai coklat, dan baking powder sebagai bahan pelengkap. Setelah itu, campurkan tepung, coklat bubuk, dan baking powder. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan mengental.

Panaskan cetakan yang telah diolesi mentega dan adonan siap untuk dicetak. Masak hingga muncul gelembung, kemudian balik. Oleskan selai coklat, kemudian tangkupkan dua kue dorayaki.

Resep Kue Bantal

Kue bantal merupakan salah satu olahan yang memanfaatkan baking powder untuk menghasilkan produk yang empuk dan mengembang. Resep yang harus Anda perhatikan untuk membuat kue ini yakni tepung terigu sebanyak 300 gr, gula pasir 65 gr, 5 gr ragi kering, dan sebanyak 80 ml air hangat.

pinterest.com

Bahan tambahan lainnya adalah soda kue dan vanili sebanyak setengah sendok teh, seperempat sendok teh baking powder, satu sendok makan margarin, dan sedikit garam. Cara membuatnya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan kering dan aduk secara merata.

Kemudian, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula. Setelah itu, masukkan margarin dan garam kemudian kocok menggunakan mixer hingga adonan menjadi kalis. Diamkan selama 30 menit setelah adonan kalis. Potong-potong dan kue siap untuk digoreng.

Resep Bolu Kukus Kismis

Bolu kukus masih menjadi menu andalah karena variasinya yang cukup banyak, salah satunya adalah bolu kukus kismis. Bahan untuk membuat kue ini adalah tepung terigu, kismis, tape, gula pasir, keju parut, margarin, susu kental manis yang dilarutkan dalam air panas, dan baking powder.

pinterest.com

Cara membuatnya yang pertama adalah haluskan tape, gula, dan keju. Kemudian, tambahkan margarin leleh dan campuran susu ke dalam adonan. Masukkan tepung terigu dan baking powder, lalu aduk hingga merata.

Setelah adonan jadi, tuang dalam cetakkan dan masukkan dalam kukusan yang telah dipanaskan. Masak hingga 35 menit, kemudian angkat ketika adonan tidak ada yang menempel ketika ditusuk.

 

Baca Juga : Resep Kue yang Pakai Baking Soda, Serba Lezat

 

Resep Kue Cubit

Salah satu kue yang legendaris dan masih eksis hingga saat ini adalah roti cubit. Kue ini dapat menjadi referensi menu catering atau jualan Anda karena rasanya yang lezat. Bahan-bahan untuk pembuatan kue cubit yakni tepung terigu, susu bubuk, telur ayam, gula pasir, margarin, dan air.

pinterest.com

Bahan pendukung lainnya yakni baking powder, baking soda, ragi kering, keju atau coklat sebagai topping. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan semua bahan kering secara merata di wadah yang bersih dan kering.

Kocok campuran gula dengan telur pada wadah yang lain hingga mengembang. Setelah itu, masukkan campuran bahan kering dalam adonan tersebut beserta dengan air. Kocok menggunakan mixer hingga semua tercampur merata.

Kemudian, diamkan adonan selama 30 menit dan tambahkan margarin. Setelah adonan siap, Anda bisa mencetaknya dalam cetakan yang telah dipanaskan.

Resep Bolu Kukus Tepung Beras

Resep kue yang satu ini bisa Anda coba sebagai hidangan bersama keluarga. Bolu kukus tepung beras, sesuai dengan namanya yakni menggunakan tepung beras sebagai pengganti tepung terigu yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue.

pinterest.com

Bahan yang harus Anda siapkan yakni tepung beras, gula pasir, susu bubuk, air, vanili bubuk, baking soda, dan baking powder. Anda juga bisa menambahkan buah kering sebagai topping yang cantik dan menarik untuk kue.

Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan semua bahan yang kering. Di lain sisi, Anda juga bisa melarutkan susu bubuk dengan air. Kemudian, masukkan larutan tersebut dalam adonan dan kocok hingga semua merata. Setelah itu, tuang dalam cetakan dan kukus selama 15 menit.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru