25 Inspirasi Railing Tangga Minimalis Unik untuk Rumahmu!

railing tangga minimalis modern

Salah satu area yang bisa dioptimalkan dari rumah dua lantai adalah penggunaan railing tangga minimalis. Dengan menggunakan tangga konsep ini, ruangan akan terasa menjadi lebih luas dan fleksibel sehingga dapat menyempurnakan desain interior.

Secara tradisional, railing tangga, juga dikenal sebagai pegangan tangga, memiliki fungsi utama sebagai pegangan pengaman untuk membantu orang naik-turun tangga. Di luar, sifat fungsionalnya,  desain modern dari railing tangga juga penting untuk menambah daya tarik estetika rumah.

Jika Anda bosan dengan desain railing tangga yang biasa-biasa saja, pertimbangkan untuk mengeksplorasi desain railing tangga minimalis unik untuk konsep hunian yang segar.

Pada artikel kali ini kami akan menampilkan berbagai inspirasi desain railing tangga minimalis unik yang bisa menjadi referensi Anda. Catat rekomendasinya di bawah ini!

Referensi Desain Railing Tangga Minimalis Unik yang Paling Populer

Berikut telah kami rangkum kumpulan referensi desain railing tangga minimalis unik yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Railing Tangga Balustrade (Langkan)

Salah satu rekomendasi untuk railing tangga minimalis adalah langkan yang dibuat dengan indah. Dengan aksen melengkung menyerupai pagar rumah, desain ini menambah sentuhan apik dan stylish.

Langkan, biasanya berupa batang atau batang vertikal, seringkali berbentuk persegi atau melengkung seperti mesin bubut. Langkan biasanya ditemukan di tangga, tembok pembatas, dan fitur arsitektur lainnya. Dalam konstruksi furnitur, ia juga sering disebut sebagai spindle.

2. Railing Tangga Expanda

Bagi mereka yang ingin menanamkan suasana industrial ke dalam rumahnya, pertimbangkan untuk menggunakan material expanda untuk railing tangga Anda.

Desain railing tangga ini tidak hanya menonjolkan tema industrial, tapi juga menciptakan suasana modern dan kekinian.

3. Railing Tangga Bentuk Tali Estetik

Konsep railing inovatif lainnya menampilkan langkan yang dibuat seperti tali kusut. Menawarkan sentuhan unik dibandingkan railing konvensional, konsep kreatif ini dapat disesuaikan dengan berbagai tema hunian.

4. Railing Tangga Bergaya Modern

Railing tangga masa kini semakin populer di hunian Indonesia. Salah satunya dengan menampilkan bentuk kotak modern yang dibuat dari bahan besi.

5. Railing Tangga Serba Putih yang Elegan

Jika rumah Anda berlantai kayu, railing tangga berwarna putih dapat melengkapinya dengan indah. Warna putih menambah kehangatan pada suasana rumah sekaligus menjadi fitur yang menarik perhatian.

6. Railing Tangga yang Tinggi

Pertimbangkan untuk meniru desain railing tangga tinggi yang unik dan menarik. Desain railing ini memanfaatkan ruang secara efisien tanpa mengurangi nilai estetika. Dijamin, area tangga akan semakin menonjol di rumah Anda!

7. Tangga Melayang Tanpa Railing

Untuk efek visual yang mencolok, pilihlah tangga apung tanpa railing. Tingkatkan kesan elegan dengan menggunakan tanaman hias sebagai pembatas.

8. Railing Tangga dengan Kaca yang Mewah

Ciptakan suasana mewah pada rumah Anda dengan menggunakan kaca sebagai material railing tangga. Pilihan ini tidak hanya terlihat unik, tetapi juga menambah sentuhan modern pada kediaman Anda.

9. Railing Tangga Bentuk Kotak

Kayu adalah bahan populer untuk tangga dan railing. Sebab, material ini dapat menawarkan keserbagunaan dalam desain.

Pertimbangkan membentuk railing kayu Anda menjadi bentuk seperti kotak untuk tampilan cantik dan khas serta meningkatkan kenyamanan rumah Anda.

10. Railing Tangga Putar

Desain railing tangga yang inovatif ini memadukan material besi dan kayu sehingga memberikan estetika yang unik. Anda bisa mengecatnya dengan warna yang selaras dengan lingkungan sekitar untuk menciptakan tampilan yang harmonis.

11. Railing Tangga dengan Tanaman Hias

Desain tangga minimalis ini menonjolkan material expanda yang dilengkapi dengan perpaduan tanaman hias. Anda bisa menggunakan tanaman asli atau pun artifisial.

Dengan memasukkan unsur tanaman ke dalam area tangga, Anda bisa menambah sentuhan natural nan menyegarkan pada rumah Anda.

12. Railing Tangga Sebagai Partisi Ruangan

Pada hunian sempit, pertimbangkan untuk menggunakan railing sebagai partisi ruangan. Desain railing ini dapat secara efektif membagi ruangan kecil dengan tetap mempertahankan tampilan yang stylish.

13. Railing Tangga Bentuk Kayu Spiral

Tangga spiral terkenal dengan kesederhanaan dan desainnya yang hemat ruang.

Railing tangga kayu spiral dapat dilengkapi dengan bahan kaca yang kokoh, memastikan keamanan sekaligus berfungsi sebagai elemen dekoratif yang menarik di rumah Anda.

14. Railing Tangga Berwarna Pelangi

Ideal untuk rumah dengan dinding berwarna cerah, railing tangga ini memadukan elemen besi dan kaca, memberikan keamanan sekaligus daya tarik visual, terutama bagi anak-anak.

Anda dapat memilih gradasi warna cerah untuk menciptakan efek pelangi. Railing tangga minimalis unik satu ini berfungsi sebagai elemen dekoratif tambahan yang ceria dan menarik untuk rumah Anda.

15. Railing Tangga Kayu

Railing tangga kayu memberikan suasana nyaman pada rumah. Selain kehangatannya, desain railing ini juga menambah kesan artistik yang indah pada ruangan mana pun.

Railing tangga kayu menjadi pilihan populer karena desainnya yang menarik, serta harganya yang terjangkau.

16. Railing Tangga dengan Bentuk Pohon

Railing tangga dengan desain pohon menghadirkan nuansa hangat dan alami pada rumah. Seringkali, desain railing tangga minimalis unik ini juga membangkitkan kesan kemewahan klasik. Biasanya, railing ini meniru bentuk pohon tanpa daun.

17. Railing Tangga Melengkung

Railing tangga melengkung disukai oleh mereka yang menyukai desain interior yang elegan dan artistik. Biasanya digunakan pada tangga melengkung, railing akan mengikuti bentuk tangga.

18. Railing Tangga Besi

Railing tangga yang terbuat dari besi tidak hanya terlihat kokoh, tapi juga sedap dipandang.

Selain itu, besi adalah salah satu bahan material yang tahan lama. Serta, memiliki detail artistik yang dapat menambah daya tarik visual dari rumah.

19. Railing Tangga Minimalis Putih

Railing tangga berwarna putih menawarkan tampilan klasik minimalis yang sesuai dengan berbagai gaya rumah.

Railing tangga minimalis unik ini juga memiliki sentuhan elegan. Railing ini dapat dibuat dari berbagai bahan, termasuk besi hollow galvanis.

20. Railing Tangga Stainless Steel

Railing tangga stainless steel memberikan tampilan modern dan industrial pada rumah. Railing tangga ini tahan lama dan mudah dirawat, karena stainless steel tahan terhadap korosi, sehingga memastikan penggunaan jangka panjang.

21. Railing Tangga Baja Ringan

Jika Anda mencari railing tangga yang kokoh dan tahan lama, coba pertimbangkan elemen baja ringan!

Bahan ini memberikan peningkatan keamanan dan daya tahan, memastikan keamanan untuk mobilitas di dalam rumah Anda.

24. Railing Tangga Besi Tempa

Railing tangga besi tempa memancarkan estetika yang menawan dengan ciri ornamen yang rumit. Desain ini akan memberikan sentuhan klasik, mewah, dan elegan pada rumah Anda.

25. Railing Tangga Bergaya Rustic

Railing tangga bergaya rustic membangkitkan pesona tradisional yang homey. Biasanya dibuat dari kayu, desain railing tangga ini dapat dimodernisasi dengan memasukkan elemen kaca untuk tampilan yang lebih kontemporer.

Macam-macam Bahan Material Railing Tangga

Ada berbagai bahan material yang biasa digunakan untuk membuat railing tangga, antara lain:

1. Kayu

Railing tangga kayu memberikan estetika yang indah. Selain itu, bahan kayu jiuga relatif mudah dibentuk dan lebih hemat biaya dibandingkan bahan lainnya.

2. Beton Bertulang

Beton bertulang umumnya digunakan untuk konstruksi tangga karena keawetan dan kekuatannya. Bahan satu ini juga memiliki ketahanan terhadap api dan tidak mudah rusak.

3. Baja

Baja sering digunakan untuk desain tangga outdoor, seperti tangga pribadi dan tangga darurat dengan desain melingkar.

Konstruksinya yang kokoh kurang cocok untuk penggunaan di dalam ruangan karena tampilannya yang industrial.

4. Batu Alam

Tangga batu alam banyak dijumpai di pekarangan rumah. Railing tangga dengan bahan satu ini biasanya menawarkan keindahan natural, tapi memerlukan upaya konstruksi dan pemeliharaan yang minimal.

Demikianlah artikel yang membahas tentang inspirasi desain railing tangga minimalis unik. Semoga referensi di atas dapat membantu kelancaran proyek konstruksi rumah impian Anda, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru