Powder Room: Pengertian, Fungsi dan Inspirasi Desainnya

Istilah powder room secara sederhana dapat diartikan sebagai kamar mandi tamu. Di kota-kota modern setiap rumah menyediakan ruangan khusus sebagai kamar mandi tamu. Tujuan utamanya adalah agar tamu tidak masuk terlalu dalam di bagian rumah.

Ini sebabnya kamar mandi tamu selalu berada di lantai 1 atau dekat ruang tamu. Untuk mengenal lebih jelas terkait hal ini, silahkan simak ulasan berikut.

Fungsi dari Keberadaan Kamar Mandi Tamu

 

powder room atau kamar mandi tamu

pexels.com

Kamar mandi tamu umumnya tidak memakan lahan yang luas. Hal ini disebabkan isi kamar mandi tamu hanya ada kloset dan wastafel saja.

Meski begitu, pemilik rumah umumnya tetap membuat dan mendesainnya agar senyaman mungkin.  Lalu, sebenarnya apa sih fungsi dari keberadaan kamar mandi tamu? Berikut ini kami berikan ulasannya

  • Memudahkan Tamu Ketika Ingin Ke Kamar Kecil

Fungsi utama dari adanya kamar mandi tamu adalah untuk buang air besar maupun kecil. Ruangan ini amat sangat diperlukan bagi setiap orang. Oleh sebab itu, amat sangat penting untuk menyediakan kamar mandi tamu pada hunian.

Saat bepergian pun sebagian besar perempuan akan selalu memperhatikan penampilannya. Tidak jarang hal ini terjadi ketika mereka berkunjung ke rumah teman maupun saudara.

Perempuan biasanya akan meminta izin untuk pergi ke kamar mandi tamu dan mengecek riasannya. Keberadaan kamar mandi tamu akan memudahkan perempuan pada permasalahan seperti ini.

  • Sebagai Nilai Tambah Hunian

Meski terlihat sepele, ternyata keberadaan powder room atau kamar mandi tamu amat sangat penting. Apabila Anda memiliki niat untuk menjual rumah tersebut, kamar mandi tamu akan menjadi nilai tambah rumah.

Kamar mandi tamu akan memberi daya tarik tersendiri. Terlebih lagi di Indonesia masih jarang yang menyediakan kamar mandi tamu di hunian.

Inspirasi Desain Kamar Mandi Tamu

Karena di Indonesia sendiri masih jarang ditemukan rumah yang terdapat kamar mandi tamu, Anda bisa mencari beberapa inspirasi desain kamar mandi tamu terlebih dahulu. Ada beberapa konsep yang bisa diterapkan. Berikut beberapa rekomendasi yang dimaksud.

  • Kamar Mandi Tamu Klasik Modern

Inspirasi desain kamar mandi tamu yang pertama yaitu mengusung konsep klasik modern. Konsep ini identik dengan warna hitam yang dominan.

pexels.com

Warna hitam dipilih untuk menambah kesan elegan namun tetap klasik. Sedangkan kesan modern dimunculkan pada penggunaan lantai. Gunakan lantai marmer sehingga nuansa elegan pada ruangan lebih muncul.

Tidak jarang pemilik rumah juga menambahkan lampu gantung kristal sebagai aksesoris tambahan. Menaruh kursi klasik di pojok ruangan juga bisa menambah kesan elegan.

 

Baca Juga : Desain Rumah Papan yang Bagus dan Kekinian

 

  • Kamar Mandi Tamu Nuansa Vintage

Nuansa vintage pada kamar mandi tamu umumnya dimunculkan pada penggunaan lantai kayu. Selain itu, Anda bisa menggunakan wastafel marmer yang dikombinasikan dengan kabinet kayu.

pexels.com

Desain vintage bisa membuat tampilan kamar mandi tamu anda terlihat hangat dan tidak membosankan.

  • Kamar Mandi Tamu Desain Minimalis

Akhir-akhir ini, desain minimalis memang menjadi primadona bagi banyak orang. Desain minimalis dianggap lebih simple dan tidak memakan banyak lahan.

Bagi mereka yang memiliki lahan sempit desain minimalis adalah pilihan yang tepat. Hal ini tidak jauh berbeda dengan alasan pemilihan desain minimalis untuk kamar mandi tamu.

pexels.com

Kamar mandi tamu minimalis bisa dibuat kental dengan nuansa warna putih. Warna putih cocok dikombinasikan dengan lantai marmer berwarna abu-abu. Kombinasi dua warna ini bisa menonjolkan kesan minimalis pada ruangan.

Jika ingin memunculkan kesan hangat pada ruangan, tambahkan kabinet dari material kayu. Jangan lupa untuk menambahkan pembatas kaca sebagai pembatas area wastafel dan toilet.

  • Kamar Mandi Tamu Desain Japandi

Inspirasi desain kamar mandi tamu lainnya yang juga banyak diminati yaitu desain Japandi. Desain ini menggabungkan dua konsep sekaligus yakni minimalis dan modern.

pexels.com

Desain japandi memadukan wastafel warna putih dengan lantai kayu. Tambahkan interior dari kayu di beberapa sudut ruangan. Misalnya saja pada bagian rak wastafel.

Demikian pengertian powder room sekaligus fungsi dan contoh inspirasi desainnya. Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi desain yang ada pada artikel ini untuk mempercantik hunian rumah Anda. Meski demikian, pastikan ruang kamar mandi tamu pasti digunakan tetap efisien.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru