Pahami Penjelasan Lengkap PK AC dan Daya Watt di Sini!

PK AC dan daya watt

Saat membeli perangkat air conditioner (AC), Anda pasti harus mengetahui PK AC dan daya Watt dari AC tersebut. Di pasaran, Anda bisa menemukan AC 1/2 PK, AC 1 PK, AC 2 PK, dan seterusnya. PK AC ini nantinya juga berhubungan dengan ukuran Watt-nya.

Penting untuk Anda mengetahui PK AC dan daya Watt agar Anda tahu berapa konsumsi listrik di rumah Anda.

Ingin tahu penjelasan lengkap mengenai PK AC dan daya Watt-nya? Dan, bertanya AC 1/2 PK berapa Watt? Simak baik-baik artikel di bawah ini!

Fungsi serta Manfaat AC untuk Kesehatan

Sebelum membeli AC baru untuk di rumah, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu apa saja fungsi serta manfaat AC untuk kesehatan. Berikut uraiannya:

1. Membantu Menghindari Dehidrasi

Salah satu manfaat AC adalah menjaga Anda dari bahaya dehidrasi akibat suhu panas berlebih. Ketika menyalakan AC, Anda bisa menghilangkan suhu panas yang menjadi penyebab keringat dan berkurangnya cairan tubuh.

2. Mengatasi Permasalahan Heatstroke

Manfaat yang kedua adalah mengatasi permasalahan heatstroke. Apa itu heatstroke? Heatstroke mengacu kepada keadaan di mana suhu tubuh melonjak tinggi karena paparan suhu panas yang berlebih.

Ketika AC di rumah menyala dan suhu sejuk tersebar di ruangan, suhu tubuh Anda bisa turun untuk kembali normal dan stabil.

3. Peningkatan Kualitas Udara

Fungsi dan manfaat AC yang ketiga adalah meningkatkan kualitas udara dengan memfilter atau menyaring polusi dan bakteri yang ada pada udara. Jadi, selain menyejukkan ruangan, AC juga bisa menjaga kualitas udara tetap baik untuk kesehatan.

Ketika udaranya bersih, risiko gangguan pernapasan bisa tercegah. Karena itu, penting untuk menjaga kondisi AC Anda senantiasa bersih.

Kondisi perangkat AC yang kotor juga dapat membawa dampak negatif buat kesehatan Anda dan keluarga, lho!

4. Menjauhkan dari Asma dan Alergi

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, salah satu manfaat AC adalah untuk meningkatkan kualitas udara. Hal ini juga berkaitan dengan manfaat lainnya yaitu menjauhkan dari asma dan alergi.

Tak hanya mampu menghilangkan polusi dan bakteri, penggunaan AC juga dapat menghambat pertumbuhan jamur serta lumut yang bisa memicu timbulnya asma atau alergi.

5. Menjadi Sarana Relaksasi

Selain menjaga kesehatan fisik, keberadaan AC juga bisa menunjang kesehatan mental seseorang, lho!

Berkat udara sejuk yang dihasilkan AC, setiap orang yang berada pada ruangan tersebut dapat merasa nyaman dan berkurang tingkat stress-nya.

Untuk relaksasi yang lebih optimal, Anda bisa menambahkan lilin aromateraphy yang aromanya menenangkan, ya!

6. Meningkatkan Produktivitas Seseorang

Penggunaan AC yang menyejukkan ruangan juga dapat meningkatkan faktor kenyamanan. Karena itulah, ketika Anda bekerja di ruangan ber-AC, hati dan pikiran Anda akan lebih nyaman. Produktivitas pun meningkat karena Anda bisa lebih berpikir dengan jernih.

7. Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Apakah Anda mengalami permasalahan sulit tidur? Mungkin salah satu penyebabnya adalah suhu kamar tidur yang terlalu panas.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, Anda bisa memasang AC yang akan berperan untuk untuk menetralkan suhu tubuh Anda.

Sebagai catatan, jangan lupa untuk memperhatikan setelan suhu AC, ya! Hindari memasang suhu AC yang terlalu rendah agar tidak mengganggu tidur dan menyebabkan risiko kesehatan.

Apa Itu PK AC?

PK berasal dari bahasa Belanda dan merupakan singkatan dari Paard Kracht. Apa yang dimaksud PK? Dalam bahasa Indonesia, PK artinya adalah tenaga kuda.

PK AC sendiri merujuk pada tenaga yang dimiliki AC untuk bisa menyebarkan udara dingin pada ruangan. Jadi, semakin besar PK suatu AC, maka semakin dingin juga ruangan tersebut. Hal ini sebanding lurus dengan konsumsi daya listriknya yang makin besar pula.

Berapa hitungan PK AC? 1 PK sama dengan 0,986 HP (Horse Power) yang artinya juga tenaga kuda. Dalam perhitungan matematika, 1 PK ini sama dengan 735,5 Watt.

Ada juga satuan BTU (British Thermal Unit) sebagai ukuran daya pendingin AC dalam hitungan jam. Dalam perhitungannya, 1 PK sama dengan 9.000 BTU. Tapi, satuan ini sebenarnya jarang digunakan di Indonesia.

Apa Hubungan PK AC dan Daya Watt?

Apa itu Watt? Watt merupakan ukuran laju perpindahan energi dalam satuan waktu. Istilah ‘Watt’ sendiri merupakan Satuan Internasional (SI) yang setara dengan satu joule per-detik.

Sebelum membeli barang elektronik, alangkah baiknya Anda mengetahui berapa Watt-nya, karena hal tersebut akan berdampak terhadap biaya penggunaan listrik yang harus Anda bayar.

Jadi apa hubungan PK AC dan daya Watt? Sebenarnya, tidak ada jawaban simpel untuk mengetahui berapa watt yang digunakan sebuah AC. Tapi, Anda bisa mengetahui berapa hitungan rata-rata dari sebagian besar perangkat pendingin.

Contohnya, untuk Watt AC 1 PK, jawabannya adalah sekitar 750 – 800 Watt untuk perangkat tipe standar. Sedangkan, untuk AC low Watt mulai dari 660 Watt.

Berapa Watt AC 1/2 PK?

Berapa hitungan Watt untuk AC? Berikut ini adalah patokan perhitungan PK dalam Watt:

1. AC 1/2 PK berapa Watt? Jawabannya adalah 400 Watt

2. AC 1/4 PK berapa Watt? Jawabannya adalah 360 Watt

3. AC 1/5 PK berapa Watt? Jawabannya adalah 900 – 1.000 Watt

4. AC 3/4 PK berapa Watt? Jawabannya adalah 600 Watt

5. AC 1 PK berapa Watt? Jawabannya adalah 840 Watt

6. AC 1 1/2 PK berapa Watt? Jawabannya adalah 1.170 Watt

7. AC 2 PK berapa Watt? Jawabannya adalah 1.920 Watt

8. AC 2 1/2 PK berapa Watt? Jawabannya adalah 2.570 Watt

Selain Itu, Anda juga bisa mencari tahu ukuran kekuatan AC jika dibandingkan dengan luas ruangan. Simak di sini:

1. AC 1/2 PK = hingga 10 meter persegi

2. AC 3/4 PK = 11 hingga 13 meter persegi

3. AC 1 PK = 14 hingga 17 meter persegi

4. AC 1 1/2 PK = 18 hingga 23 meter persegi

5. AC 2 PK = 24 hingga 34 meter persegi

6. AC 2 1/2 PK = 35 hingga 45 meter persegi

Tips Memilih dan Memakai AC yang Tidak Membuat Tagihan Listrik Membengkak

Untuk Anda yang memprioritaskan perangkat listrik hemat energi, ada beberapa tips & trik untuk memilih dan menggunakan AC. Yuk, simak baik-baik tipsnya!

1. Sesuaikan dengan Kondisi Ruangan Rumah

Tips pertama untuk menghemat energi adalah memilih jenis AC yang sesuai dengan tipe ruangan rumah. Mulai dari segi ukuran fisik serta kekuatannya.

Tipe AC yang terlalu besar di ruangan kecil dapat membuat ruangan terlalu lembap. Namun, jika AC tersebut ukurannya terlalu kecil, akan membutuhkan tenaga lebih sehingga berpotensi membuat budget tagihan listrik lebih mahal.

2. Pilih AC yang Dengan Fitur Canggih

Tips kedua yang gak kalah penting adalah memilih AC yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Contohnya, fitur untuk mengatur suhu dengan tepat serta menjadwalkan kapan AC mau menyala dan mati secara otomatis.

3. Cari Tahu Tipe AC yang Hemat Energi

Dengan sekian banyak tipe AC yang dapat Anda temukan di pasaran, beberapa di antaranya sudah memiliki pengaturan hemat energi. Nah, sebaiknya pilihan Anda jatuh pada produk-produk seperti ini!

Fitur hemat energi akan mematikan kompresor dan kipas angin setelah ruangan sudah cukup sejuk atau dingin.

4. Perhatikan Sertifikat Hemat Energi

Jangan lupa juga untuk memilih produk AC yang sudah memiliki sertifikat hemat energi, ya! Sertifikat atau tanda ini juga bisa dilihat dengan mudah, kok.

5. Terapkan Selisih 8°C untuk Mengatur Suhu

Aturan ini cukup sederhana. Anda bisa mengatur suhu AC sekitar 8°C lebih dingin dari suhu di luar ruangan.

Misalnya, ketika suhu di luar adalah 33°C, maka Anda bisa mengatur suhu AC dengan suhu 25°C. Mudah dimengerti, kan?

6. Pakai Mode Fan-Only Jika Udara Tidak Terlalu Gerah

Trik lainnya adalah dengan menggunakan mode fan-only atau hanya menggunakan kipas tanpa pendingin. Mode ini dapat Anda gunakan jika udara di dalam ruangan rumah sedang tidak terlalu panas.

7. Nyalakan AC Lebih Awal Agar Lebih Nyaman

Tips terakhir untuk menghemat konsumsi listrik AC adalah ketika kondisi suhu ekstrim (sangat panas atau sangat dingin) di luar ruangan, Anda bisa menyalakan AC lebih awal. Dengan begitu, AC bisa mencapai suhu nyaman dan bisa bertahan.

Itu dia artikel lengkap mengenai apa itu PK AC dan daya Watt. Semoga uraian di atas dapat menambah wawasan Anda dan membantu Anda mencari perangkat AC yang sesuai dengan kebutuhan rumah, ya!

Terima kasih telah membaca artikel ini. Telusuri blog kami untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru