Pilihan Ukuran Kitchen Set yang Direkomendasikan

Kitchen set merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut perangkat dapur mulai dari kabinet, pencucian, meja pengolahan makanan dan kompor. Lalu, berapakah ukuran kitchen set yang ideal? Berikut ini pilihan yang kami rekomendasikan.

Ukuran Tinggi Kitchen Set

Banyak aktivitas di dapur yang memanfaatkan area kitchen set. Kegiatan seperti mencuci, memasak hingga menyiapkan bahan semuanya dilakukan menggunakan kitchen set.

ukuran kitchen set

Renos.id

Cek Toko di Renos.id : Mebel H Fauzi BSB

Sebab itu, disarankan untuk memilih ukuran kitchen set yang tidak terlalu tinggi dan tidak  terlalu rendah. Hal ini bertujuan agar badan tidak pegal ketika menggunakan kitchen set.

Umumnya, ukuran tinggi pada kitchen set berkisar antara 85 cm hingga 110 cm. Meski begitu, ini bukanlah ukuran pasti. Anda bisa menyesuaikan tinggi kitchen set berdasarkan kebutuhan dan kenyamanan.

Ukuran Bak Cuci Piring

Bak cuci piring kitchen set memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, untuk bak cuci piring ukuran yang ideal antara 80 cm hingga 90 cm.

Renos.id

Cek produk di Renos !!

Ukuran tersebut merupakan ukuran untuk model satu bak cuci piring maupun model dua bak cuci piring. Namun, kembali lagi, Anda masih bisa menyesuaikannya dengan yang dibutuhkan.

Ukuran Area Cooker Hood

Cooker hood sering ditambahkan sebagai item kitchen set. Meski tidak wajib ada, bagi beberapa orang menambahkan cooker hood pada area dapur menjadi sebuah kebutuhan tersendiri.

Cooker hood berfungsi untuk menyedot asap dan bau masakan ketika proses memasak berlangsung. Apabila ingin menggunakan cooker hood, letakkan cooker hood tepat di atas kompor.

Renos.id

Cek produk di Renos !!

Ukuran cooker hood yang bisa digunakan bervariasi. Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran kompor yang ada pada kitchen set. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jarak antara kitchen set dan area cooker hood, yakni berkisar antara 50 cm hingga 70 cm.

Selain jarak, pertimbangkan pula model cooker hood yang digunakan. Pilih model yang tidak mengganggu ruang gerak dan tidak menghabiskan banyak tempat.

Ukurang Meja Dapur

Ukuran kitchen set berikutnya adalah ukuran dari meja dapur. Meja dapur umumnya memakan tempat yang lebih luas. Meja dapur digunakan untuk banyak kebutuhan, mulai dari mencuci, mengolah bahan makanan hingga meletakkan bumbu dapur.

 

Baca Juga : Model Pagar Roster Terbaik untuk Hunian Anda

 

Karena banyak aktivitas yang dilakukan menggunakan meja dapur, gunakan ukuran meja dapur dengan lebar 50 cm hingga 70 cm. Sedangkan untuk panjang meja dapur bisa disesuaikan dengan ukuran luas dapur.

Jarak Meja Dapur dengan Kabinet Atas

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan pada area kitchen set adalah jarak antara meja dapur dengan kabinet atas. Kabinet atas digunakan untuk menyimpan peralatan dapur seperti piring, gelas, mangkok panci, atau alat memasak lainnya.

pexels.com

Jarak antara meja dapur dan kabinet atas idealnya yaitu antara 50 cm hingga 70 cm. Ukuran ini sudah bisa membuat gerak lebih leluasa dan diangkat ketika beraktivitas di dapur. Akses pada kabinet atas juga mudah untuk dijangkau.

Ukuran Lebar Kabinet Atas

Setelah mengetahui jarak antara meja dapur dengan kabinet atas, penting juga untuk mengetahui ukuran lebar kabinet atas.

Ukuran lebar kabinet atas idealnya adalah antara 35 cm hingga 50 cm. Ukuran ini dapat disesuaikan dengan seberapa banyak barang yang akan disimpan pada kabinet atas.

pexels.com

Apabila jumlah barang atau stok makanan yang akan disimpan pada area ini cukup banyak, disarankan untuk menggunakan ukuran 50 cm. Ukuran ini lebih leluasa untuk menampung semua barang atau bahan makanan.

Catatan lainnya saat memasang kabinet atas yaitu jangan menggunakan kabinet yang lebarnya melebihi lebar meja dapur. Hal ini bertujuan agar kepala tidak  terbentur kabinet atas.

Ukuran Luas Dapur

Setelah mengetahui ukuran kitchen set, berikutnya adalah menentukan berapa ukuran luas dapur yang sesuai. Untuk dapur dengan luas yang kecil, pilih model kitchen set yang berbentuk letter L (Huruf L).

pinterest.com

Sedangkan untuk dapur dengan luas yang besar, Anda bisa menyesuaikan ukuran kitchen set sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ukuran kitchen set memerlukan 75% area dapur, maka sisanya dapat digunakan untuk menaruh lemari es, meja makan hingga area dekorasi lainnya.

Demikian tadi beberapa pilihan ukuran pada kitchen set yang ideal untuk digunakan. Semoga dapur impian Anda segera terwujud dengan ukuran furniture yang ideal.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru