Pilihan Tanaman Hias Daun yang Bagus dan Tips Memilihnya

Tanaman bisa menjadi dekorasi interior yang menawan dan mempunyai banyak manfaat. Selain sebagai pelengkap ruangan, beberapa tanaman memiliki fungsi lain di bidang kesehatan. Apabila Anda mencari untuk kebutuhan dekorasi, ada beberapa rekomendasi tanaman hias daun yang bagus.

Rekomendasi Tanaman yang Bagus

Beberapa tanaman dengan daun yang unik memang banyak diburu oleh para penggemarnya. Walaupun cenderung tidak mengeluarkan bunga, jenis tanaman ini memiliki sisi keindahan lain dari daunnya. Perhatikan rekomendasi di bawah ini barangkali terdapat di lingkungan sekitar Anda.

  • Suplir

Pilihan yang pertama untuk Anda tanam adalah suplir. Tanaman yang termasuk ke dalam jenis paku-pakuan tersebut mempunyai tampilan unik dan cantik dipandang. Media untuk pertumbuhannya pun tidak perlu berukuran besar dan lebar.

tanaman hias suplir

pinterest.com

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah suplir tidak dapat hidup di kondisi kering. Oleh karena itu, Anda harus mengontrol kelembaban media tanam secara berkala. Lokasi penanaman juga disarankan berada di area yang teduh atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

  • Lidah Mertua

Lidah mertua juga menjadi salah satu tanaman hias dan layak Anda koleksi. Berbeda dengan tanaman sebelumnya, lidah mertua lebih fleksibel di segala kondisi. Selain itu, resistensinya terhadap nematoda dan penyakit sangat bagus.

pexels.com

Anda dapat meletakkan tanaman lidah mertua di ruang tamu atau teras. Warna daunnya yang hijau kombinasi kuning akan memanjakan mata. Perawatan dari lidah mertua juga sangat mudah. Penyiraman dapat dilakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu.

  • Tanduk Rusa

Rekomendasi selanjutnya adalah tanaman bernama tanduk rusa. Nama tersebut diambil karena bentuk fisiknya menyerupai tanduk rusa yang bercabang-cabang. Umumnya, tanaman ini ditemukan menempel di pohon lain, namun tidak bersifat sebagai parasit.

pineterest.com

Apabila Anda ingin menanam tanduk rusa sebagai dekorasi rumah, maka dapat meletakkannya di teras atau taman. Gunakan sabut kelapa sebagai tempat akar tanaman mengikat pohonnya. Penyiraman dapat dilakukan satu kali dalam seminggu.

 

Baca Juga : Jenis dan Fungsi Tempat Penyimpanan Makan yang Ada di Renos

 

  • Kuping Gajah

Bagi pecinta tanaman, nama kuping gajah tentu sudah familiar di telinga. Tanaman yang banyak dikira sebagai talas tersebut memang memiliki bentuk fisik yang serupa karena masih satu keluarga. Umumnya, kuping gajah diletakkan di dalam rumah sebagai penghias ruang tamu.

pexels.com

Perawatan tanaman kuping gajah sangatlah mudah. Selain itu, kemampuan dalam bertahan hidup dan resistensi terhadap penyakit juga sangat bagus. Dalam hal perawatan, Anda cukup menyiramnya satu kali dalam seminggu.

  • Sri Rejeki (Aglaonema)

Nama tanaman aglaonema juga sempat viral beberapa waktu belakangan dan menembus harga yang fantastis pada beberapa jenis tertentu. Sri rejeki atau aglaonema memang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak diburu oleh pecintanya karena pesona yang menawan.

pinterest.com

Tekstur daun tanaman sri rejeki (aglaonema) memang cenderung kaku dan keras. Warna yang dihasilkan pun sangat cantik dan beragam sesuai dengan varietasnya. Ada yang mempunyai daun berwarna merah mudah bertotol-totol hijau dan ada pula yang berwarna putih bersih.

Tanaman aglaonema juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Anda cukup memberikan pupuk slow release satu minggu sekali dan penyiraman pada interval yang sama. Gunakan pot kecil agar lebih mudah dalam memindahkan tanaman.

Tips memilih Tanaman Hias yang Bagus

Memilih tanaman hias untuk dekorasi memang tidak bisa sembarangan. Perlu ketelitian dan keahlian khusus agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda agar tidak dapat memilih tanaman yang bagus.

  • Pilih Daun yang Sehat

Tips pertama yaitu pilihlah tanaman dengan kondisi daun yang sehat. Indikator sehat umumnya dapat Anda lihat dari permukaan daun. Apabila tanaman tersebut dalam kondisi sehat, maka permukaan daunnya akan terlihat mengkilap dan segar, begitu pula sebaliknya.

  • Tanyakan Usia Tanaman

Usia juga mempengaruhi tingkat kecantikan dari tanaman. Jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual mengenai usia tanaman yang akan Anda beli. Semakin tua usia tanaman, maka daun yang dihasilkan juga semakin bagus karena perakarannya sudah cukup untuk menyuplai nutrisi.

  • Jangan Tergiur Harga Murah

Tips terakhir dalam memilih tanaman hias yang bagus adalah perhatikan harga yang dibandrol oleh penjual. Jangan terburu-buru membeli tanaman dengan harga terjangkau atau diskon. Akan lebih baik jika Anda memeriksa tanaman dengan seksama agar tidak menyesal kemudian

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru