Pilihan Model Aquascape Minimalis dengan Desain Elegan

Pecinta ikan hias dan interior ruangan pasti sudah tidak asing dengan aquascape. Banyak sekali video yang terdapat di Youtube untuk menginspirasi dekorasi ruangan tersebut yang bisa Anda buat untuk menghiasi ruang tamu atau ruang keluarga. Untuk informasi lebih lengkap, simak daftar rekomendasinya di bawah ini.

Aquascape Model Air Terjun

Model yang pertama adalah air terjun (waterfall). Konsep ini banyak disukai karena ada kesan unik dan menarik untuk selalu dipandang. Bila diperhatikan secara sekilas, nampak ada air terjun berada di dalam akuarium.

Youtube: Wahyu Adi

Pada dasarnya air terjun yang terlihat mengalir adalah butiran pasir yang didorong oleh pompa dan aerator. Ini akan membuat seperti air mengalir. Pemandangan tersebut menjadi lebih cantik apabila terdapat replika pepohonan dan bebatuan.

Anda cukup menyediakan pasir putih, replika bebatuan, dan replika tumbuhan sebagai pengganti pohonnya. Alat tambahan yang harus tersedia diantaranya adalah pompa DC, aerator, dan kawat. Susun semua elemen sedemikian rupa agar sesuai dengan selera.

Aquascape Model Hutan

Model aquascape minimalis selanjutnya ini sangat mewakili Anda yang menyukai konsep yang simpel namun tetap terdapat unsur seni didalamnya, yaitu tema hutan. Anda tidak perlu menyediakan banyak bahan seperti pada konsep sebelumnya.

Youtube: Aqua One Design

Pada model hutan, Anda harus menyiapkan pohon yang memiliki tingkat kemiripan tinggi untuk memperoleh hasil maksimal. Tinggi replika pohon pun harus diperhitungkan agar mendekati bentuk aslinya di alam liar.

Selain menemukan pohon atau akar yang tua, Anda harus menyediakan rerumputan dan moss sebagai pengisi kekosongan ruangan. Beberapa jenis moss juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti daun pada replika pohon yang dibuat.

Aquascape Model Alami

Aquascape model alami ditemukan pertama kali di Jepang oleh orang yang bernama Takashi Amano. Konsep ini sengaja diciptakan karena terinspirasi dari perkebunan wabi sabi di negeri sakura. Walaupun terlihat rimbun, masih banyak ruang kosong pada akuarium, sehingga tetap rapi.

pinterest.com

Aquascape jenis ini banyak digunakan oleh para penjual ikan hias. Hal iu dikarenakan kemudahan dalam penyusunannya dan tidak membutuhkan banyak material. Anda cukup menyediakan batu, pasir, beberapa jenis rerumputan air, dan kayu kering sebagai ornamen pelengkap.

Aquascape Model Gunung

Aquascape dengan konsep gunung juga masuk dalam rekomendasi yang menarik. Selian mudah dibuat sendiri, konsep tersebut juga tidak membutuhkan banyak komponen dan material. Anda dapat menemukan beberapa bahan-bahan di lingkungan sekitar.

pinterest.com

Material utama yang diperlukan untuk membuat aquascape model gunung adalah batu atau hardscape dan rerumputan air. Hardscape batu ditujukan untuk menciptakan kesan lembah di dalam akuarium anda. Sedangkan rumput berfungsi sebagai penguat konsep dan menyegarkan pandangan.

 

Baca Juga: Jenis Ikan Koi yang Bisa Dipelihara di Akuarium Rumah

 

Aquascape Model Iwagumi

Anda menyukai konsep yang benar-benar sederhana namun tetap enak dilihat oleh mata? Maka jawaban paling tepat adalah aquascape model Iwagumi. Fokus utama dari konsep ini adalah hardscape yang berasal dari batuan.

Youtube: RIZKAPUT

Secara tidak langsung, konsep iwagumi lebih ditujukan untuk menghighlight pemandangan landscape yang tercipta di dalamnya. Material yang Anda butuhkan saat ingin membuat aquascape model ini adalah batuan hardscape, pasir dan sedikit rumput sebagai aksennya saja.

Aquascape Model Sungai

Model aquascape minimalis selanjutnya adalah konsep sungai. Banyak pedagang ikan hias membuat model sungai dia akuarium dagangannya. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang menyukai model tersebut. Selain terlihat natural, pandangan pun bisa lebih hidup dan ceria.

pinterest.com

Agar mendapatkan hasil maksimal dan mirip dengan kondisi aslinya, aquascape model sungai harus ditata dengan baik dan teliti. Apabila membuatnya dengan asal-asalan, maka dapat dipastikan hasil yang diperoleh tidak akan sesuai ekspektasi dan harapan.

Aquascape Model Taiwan

Aquascape model Taiwan memang tidak terlalu populer. Namun, siapa sangka bahwa konsep ini memiliki nilai seni dan keunikan tersendiri. Ciri khas model Taiwan terletak pada nilai seni secara keseluruhan yang oriental dan mencakup ruang lingkup lebih luas.

pinterest.com

Konsep Taiwan memiliki makna menggambarkan kehidupan. Anda dapat menggunakan kayu atau pohon mati sebagai replika dan bebatuan di sekelilingnya untuk menambah kesan alami. Selanjutnya pemilik juga bisa berkreasi dengan menambahkan replika rumah atau gambaran kehidupan lainnya.

Semua rekomendasi aquascape di atas sangat cocok untuk mengisi rumah minimalis Anda. Pastikan ketersediaan bahan baku di lingkungan sekitar. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam membuat aquascape sesuai dengan keinginan dan ekspektasi.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru