Pilihan Konsep Aquascape Simple untuk Dekorasi Rumah

Memiliki sudut ruangan yang tampak plain kadang membuat penghuni rumah merasa ada yang kurang. Untungnya, saat ini banyak dekorasi yang bisa digunakan untuk membuat ruangan tampak estetis. Salah satunya adalah aquascape simple yang bisa dipesan dengan konsep sesuai selera.

Apa itu aquascape? Aquascape adalah seni menghias dengan memadukan ide yang menghasilkan aquarium dan isinya terkonsep. Hobi ini menghasilkan karya yang selain tampak bagus, juga bisa dimanfaatkan untuk menambah nilai dekorasi pada rumah. Berikut karya aquascape yang simpel.

Konsep Simple Iwagumi

Youtube: RIZKAPUT

Konsep pertama yang bisa Anda gunakan adalah konsep iwagumi yang.Iwagumi simpel. Ini merupakan pilihan untuk membuat dekorasi ruangan menjadi lebih sejuk, karena karakter utama pada konsep ini adalah pemandangan alam yang lebih menonjolkan ruang terbuka hijau.

Konsep Dutch Style

berita.99.co

Dutch style atau yang biasa disebut gaya belanda, adalah konsep seni aquascape simple yang bercirikan tidak adanya hiasan bertekstur keras seperti batu atau karang. Perpaduan rumput karpet dengan tanaman berwarna-warni sudah cukup membuat akuarium tampak lebih dinamis.

Konsep Natural Style

Pinterest.com

Natural style lebih menonjolkan sisi utama pada alam seperti hanya menampilkan gunung, bukit atau lembah. Digunakan juga beberapa batuan dan variasi pulau untuk membuat dekorasi alam lebih komplit. Tampilan akuarium yang natural/alami terlihat lebih nyata dengan konsep yang lebih mendetail.

Konsep Jungle Style

Youtube: Aqua One Design

Seperti namanya, konsep yang diusung pada aquascape ini adalah konsep hutan, khususnya hutan hijau yang lebat. Salah satu komponen yang bisa dipadukan adalah menambahkan sungai dengan air mengalir, sehingga konsep kehidupan hutan menjadi lebih bervariasi.

Konsep Biotipe Style

akvodecor.com

Konsep biotipe style adalah konsep yang didasarkan pada kehidupan nyata di alam dipindahkan ke akuarium. Beberapa pengembangan konsep yang sudah ada di antaranya adalah biotop papua, biotop lake tanganyika dan biotop amazonia yang semuanya tampak alami, jelas dan asli.

Konsep Taiwan Style

aquascape simple
Pinterest.com

Mungkin Anda dulu sering menemukan karya aquascape dengan konsep taiwan style, yaitu konsep yang menggambarkan kehidupan manusia sebagai gagasan utama. Beberapa komponennya dibentuk sedemikian rupa agar menyerupai jembatan, patung, rumah dan bentuk-bentuk lainnya.

Baca Juga : Ingin Membantun Rumah Hitam Putih? Ini Tips untuk Interior dan Eksterior

Konsep The Walstad

Nama konsep ini lebih tepatnya adalah konsep metode the walstad, karena daripada mengedepankan hasil akhir, konsep ini mengedepankan metode. Metode yang digunakan adalah metode tanpa tema tertentu, sehingga menghasilkan karya aquascape yang tampak lebih alami.

Dibuat dengan konsep yang tidak jelas, karya aquascape the walstad method tetap dapat menghasilkan tampilan yang estetis. Misalnya, kombinasi aquascape menggunakan kayu, tanaman dan pasir mampu memberikan tampilan akuarium yang tampak elegan.

Konsep Simple Aquascape

Karya aquascape sederhana yang sering Anda temui di depan kasir sebuah minimarket bisa jadi menggunakan konsep simple aquascape ini. Tidak muluk-muluk, konsep dasar karya ini adalah bentuk sederhana yang tidak memerlukan banyak hiasan tetapi sudah cukup untuk tampak sistematis.

Konsep German Style

Gunakan konsep german style jika Anda memiliki area akuarium yang besar. Konsep german style adalah konsep yang selain menonjolkan tampilan di dalam air, juga menonjolkan tampilan di atas permukaan air. Biasanya, gaya ini diaplikasikan di ruang tamu atau di taman depan halaman rumah.

Konsep Bonsai

Salah satu konsep aquascape simple yang banyak disukai adalah desain menggunakan bonsai. Mudah saja, cukup siapkan space tanaman bonsai kemudian tambahkan batu dan rumput untuk mendukung desain yang diinginkan.

Anda juga bisa memanfaatkan bonsai sebagai konsep utama ruangan sehingga akan tampak lebih bersih dan estetis.

Konsep Batu dan Kayu

Seseorang yang berkecimpung di dunia seni umumnya tidak membutuhkan konsep mendetail dalam pembuatan aquascape yang akan dipajang di sudut ruang tamunya. Cukup gunakan konsep batu dan kayu yang dikreasikan dan dibentuk sedemikian rupa, maka jadilah karya aquascape yang elegan.

Konsep dengan Tema Sawah

Sebenarnya tidak ada batasan konsep untuk mendesain sebuah aquascape. Salah satu konsep yang perlu dicoba adalah aquascape bertema sawah. Cukup siapkan scape karpet rumput yang kemudian dibentuk terasering dan diletakkan di akuarium, maka aquascape sawah bisa Anda miliki.

Tema-tema sederhana seperti tema ini adalah salah satu yang direkomendasikan untuk hobi membuat aquascape bagi pemula. Karena selain mudah dibuat, hasil akhir yang didapatkan juga menawan.

Konsep dengan Tema Sungai

Salah satu konsep yang patut dicoba adalah konsep bertema sungai. Proses membuatnya mudah saja. Cukup buat replika aliran sungai sebagai konsep utama dan dipadukan dengan rumput, bebatuan dan tanaman yang diletakkan di sekitar aliran sungai agar terlihat nuansa kehidupan alam sungai.

Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk menambah kesan alami kehidupan sungai adalah menambahkan anubias di beberapa sudut akuarium. Jika dianggap masih kurang, maka bisa ditambahkan java moss yang diikat secara natural di bebatuan sekitar aliran sungai.

Konsep Fairytale

Ini merupakan salah satu aquascape simple yang dibuat dengan scape ranting dan alam sebagai konsep dasar. Menambahkan bebatuan dan karpet rumput juga membuat konsep ini lebih hidup karena landscape yang terbentuk akan lebih mengarah ke latar dari kebanyakan fairytale.

Konsep Quidditch World Cup

Kalau Anda masih pemula, terdapat konsep yang mudah untuk ditiru karena sudah populer yaitu konsep quidditch world cup. Konsep ini didapatkan dari film bertema magis Harry Potter, dengan menonjolkan kuil penyihir yang lengkap dengan semua dekorasi sekitar kuil yang telah disediakan.

Cukup siapkan pengaturan tata letak kuil penyihir yang disesuaikan dengan ukuran akuarium, lalu pesan komponen scape yang dibutuhkan. Sentuhan akhir bisa dilakukan dengan meletakkan dan mengatur komponen scape sesuai dengan gaya yang Anda inginkan.

Konsep Dekorasi Bunga

Konsep aquascape dekorasi buka, adalah konsep yang menonjolkan dekorasi bunga dipadu dengan komponen scape pendukung seperti batu, pasir, karang, dan sebagainya. Daya tarik konsep ini adalah warna bunga yang bervariasi seperti ungu, pink, dan kuning sesuai konsep yang diinginkan.

Tips yang bisa diterapkan pada konsep ini adalah memadukan dekorasi seperti terumbu karang dan hewan-hewan bawah laut. Ini akan membuat keserasian warnanya tampak estetis ketika dipajang.

Konsep Padang Pasir

Jika Anda ingin berbeda dari yang lain, maka direkomendasikan untuk menggunakan konsep aquascape padang pasir. Selain itu, cara pembuatannya pun cukup sederhana. Cukup hamparkan pasir coklat menyerupai padang pasir dan tambahkan pohon kering sebagai tambahan dekorasi.

Cara menyatukan konsep padang pasir dengan kehidupan di dalam akuarium adalah tambahkan bebatuan secukupnya yang ditata di bawah pohon kering sehingga tampak menyerupai pohon hidup. Meski terkesan sederhana, konsep ini termasuk salah satu desain yang simpel tetapi tetap elegan.

Demikian beberapa konsep aquascape simple yang bisa Anda jadikan pilihan kemudian tiru dengan sedikit modifikasi. Jika ingin membeli komponen untuk desain aquascape, maupun produk yang sudah jadi, Anda bisa merujuk ke Renos.id, dengan ketersediaan pilihan yang lengkap.

© 2024 Copyright Renos Magazine!, Hak Cipta dilindungi Undang-undang.