Pilihan Cat Eksterior Rumah yang Netral dan Bagus

Pemilihan warna cat eksterior rumah menjadi salah satu hal yang cukup menyita waktu. Persoalan ini umumnya hadir karena ada banyak pertimbangan yang harus diambil. Mengingat eksterior rumah menjadi aspek yang paling difokuskan oleh banyak orang.

Padahal, Anda hanya perlu mengerucutkan pilihan pada warna netral yang akan selalu cocok untuk desain rumah apapun. Pemilihan cat warna netral untuk eksterior rumah ini dapat otomatis membuat tampilan hunian Anda semakin bagus. Berikut ini beberapa referensinya.

Cat All White pada Eksterior Rumah

Putih merupakan warna dasar yang sudah pasti akan selalu cocok untuk dipadukan dengan warna lainnya. Bahkan, hanya dengan menggunakan satu macam warna putih saja pada keseluruhan permukaan dinding, dapat memberikan tampilan yang bagus.

Putih memiliki sifat warna yang netral akan selalu tampak bagus untuk jenis desain rumah apapun. Mulai dari desain rumah klasik, minimalis, industrial, bahkan futuristik akan selalu cocok jika menggunakan warna ini.

Pinterest.com

Mengaplikasikan cat warna putih pada eksterior rumah juga akan membuat hunian Anda tampak lebih bercahaya, dan jauh dari kesan suram. Warna putih juga akan membuat tampilan rumah jadi terlihat lebih bersih dan berseri.

Anda dapat mengaplikasikan warna putih pada keseluruhan permukaan dinding rumah. Bahkan, Anda juga dapat mengecat kusen jendela, serta daun pintu dengan warna putih. Agar tampilan pasak rumah tidak monoton, maka Anda dapat bermain dengan tekstur atau bidang maju mundur.

Anda juga dapat mempertahankan motif atau warna kayu alami di kusen jendela dan daun pintu pada rumah bercat putih. Dengan begitu, motif dan juga warna kayu pada kusen jendela dan daun pintu pun jadi tampak menonjol.

Eksterior Rumah Monokromatik dengan Cat Putih Hitam

Cat eksterior rumah yang dapat Anda pertimbangkan berikutnya adalah hitam dan putih. Menghadirkan warna putih dan hitam pada eksterior rumah akan melahirkan nuansa monokrom. Baik putih atau pun hitam, keduanya merupakan warna primer yang dapat dipadupadankan dengan baik.

Kedua warna ini memilih tone yang begitu bertolak belakang. Putih menjadi tone warna paling terang sedangkan hitam sebaliknya yakni menjadi yang tergelap.  Meskipun demikian, kedua warna ini dapat berpadu dengan baik.

berita.99.co

Anda dapat mengaplikasikan cat berwarna putih pada seluruh permukaan dinding luar rumah. Sementara itu, warna hitam cukup diaplikasikan pada kusen jendela dan daun pintu rumah. Sebaliknya, jangan ragu juga menggunakan cat hitam sebagai warna yang mendominasi.

Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikan warna hitam pada separuh bagian bawah dinding hingga setinggi pinggang. Sisa permukaan dinding lainnya dapat diberikan cat warna putih. Penempatan cat hitam  bagian dinding bawah ini bertujuan agar tidak cepat kotor karena warnanya gelap.

Pemilihan cat dinding monokrom ini tergolong tidak akan termakan oleh zaman. Sampai kapan pun warna monokrom akan selalu tampak bagus. Bahkan konsep cat dinding monokrom ini juga dapat diaplikasikan di beberapa desain rumah seperti industrial, dan minimalis.

Pemilihan Cat One Tone Color untuk Tampilan Luar yang Bersahaja

Selain monokrom hitam putih, Anda juga dapat tetap menampilkan nuansa monokromatik dengan pemilihan cat satu tone warna. Memilih warna cat yang masih memiliki tone yang sama akan membuat tampilan luar rumah Anda jadi tampak bersahaja.

Anda dapat memilih warna apa saja yang masih satu tone. Dengan kata lain, warna yang dipilih tersebut masih berada dalam satu rumpun yang sama. Misalnya, Anda menginginkan cat merah untuk eksterior rumah, maka padukanlah dengan warna lain seperti merah muda.

Pinterest.com

Sederhananya, untuk dapat merealisasikan konsep ini, Anda dapat memilih dua warna yang sama akan tetapi pada tingkatan palet yang berbeda. Beberapa contoh warna yang masih satu tone adalah biru dan nila, hijau tua dan muda, jingga dan kuning, dan lain sebagainya.

Pengaplikasian beberapa warna yang masih satu palet ini dapat Anda sesuaikan dengan selera, Sebagai contoh Anda memilih warna jingga dan kuning. Maka, Anda dapat mengaplikasikan warna jingga pada salah satu bidang dinding, sedangkan kuning dipermukaan yang lain.

Eksterior Rumah yang Fresh dengan Pemilihan Cat Warna Pop

Rekomendasi cat eksterior rumah berikutnya adalah dengan menggunakan warna-warna pop. Warna pop akan membuat tampilan eksterior rumah Anda tampak begitu segar dan juga ceria. Namun, di sisi lain, penggunaan warna pop juga dapat menghadirkan nuansa nostalgik pada Anda.

Pinterest.com

Penggunaan cat warna pop ini akan membawa getaran Y2K pada rumah Anda. Hal ini dikarenakan warna pop begitu populer di tahun 2000-an. Warna pop ini akan dapat mengingatkan Anda dengan Barbie, atau pun nuansa lampu disko yang berwarna-warni.

Beberapa referensi warna yang dapat Anda pilih untuk merealisasikan vibes pop ini diantaranya adalah pink magenta, turquoise, atau biru elektrik. Anda juga dapat menggunakan wana seperti Tuscan teal, merah flamenco, atau hijau laguna.

Baca Juga : Perkakas Keselamatan: Pengertian dan Jenisnya

Cat Warna Pastel untuk Tampilan Rumah yang Teduh

Apabila pilihan cat sebelumnya akan membuat mata Anda terbuka lebar, warna pastel ini malah akan membuat Anda merasa syahdu. Meskipun demikian, pastel color juga dapat sekaligus menghadirkan kesan ceria sebagaimana yang dimiliki oleh warna pop.

rumah123.com

Pilihan warna pastel dapat Anda pertimbangkan apabila menginginkan tampilan eksterior rumah yang teduh namun tetap ceria. Cat berwarna pastel dapat Anda aplikasikan ke seluruh bagian muka dinding rumah, tanpa terkecuali pintu dan kusen jendela.

Salah satu warna pastel yang dapat Anda pertimbangkan adalah salem atau peach. Warna ini tergolong unik karena masih sedikit rumah yang mengaplikasikannya. Terlebih lagi warna salem atau peach ini juga akan tampak serasi dengan genteng berwarna terakota.

Rumah dengan Warna Natural yang Hangat

Rekomendasi cat eksterior rumah berikutnya jatuh pada warna natural. Warna natural di sini merujuk pada warna-warna alam seperti putih yang merepresentasikan awan, atau biru muda mencerminkan langit.

rukita.co

Warna natural juga termasuk warna alami lainnya seperti kuning bak sinar mentari, tanah yang diwakilkan dengan coklat, atau hijau representasi pohon. Warna cat yang sudah disebut tadi akan sangat serasi dengan suasana alam di sekitar rumah Anda.

Terlebih lagi, warna natural ini juga tergolong basic yang tidak akan pernah basi sampai kapan pun. Pemilihan warna natural untuk cat luar rumah juga akan menghadirkan kesan kembali pada alam. Apalagi jika rumah Anda ditanami berbagai jenis tanaman, pohon, dan tumbuhan.

Cat Glossy untuk Tampilan Eksterior yang Cerah

Apabila Anda merasa bosan dengan cat rumah yang dove, maka cobalah untuk menggunakan yang glossy. Cat rumah glossy akan membuat tampilan dinding jadi tampak lebih mengkilap jika terpapar cahaya. Dengan begitu, rumah Anda pun jadi tampak lebih cerah dengan cat glossy.

Anda dapat memilih warna-warna cerah agar tampilan eksterior rumah Anda semakin bersinar. Cat glossy dapat Anda aplikasikan ke setiap permukaan dinding. Cat glossy cenderungmemiliki sifat yang mudah dibersihkan. Hal itu membuat cat eksterior rumah glossy wajib Anda pertimbangkan.

Setelah selesai dicat, pastikan Anda mendekorasi rumah dengan berbagai furniture dengan warna senada. Anda bisa mengecek stok furniture tersebut di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru