Perlengkapan Tempat Tidur yang Harus Dipenuhi Apa Saja? Ini Daftarnya

Tempat tidur menjadi tempat yang sangat nyaman setelah seharian beraktivitas. Maka dari itu, kondisinya harus dijaga sedemikian rupa demi menunjang suasana di dalamnya. Nah, lantas apa saja perlengkapan tempat tidur yang harus dipenuhi?

Inilah Daftar Perlengkapan Tempat Tidur

Berkaitan dengan perlengkapan untuk tempat tidur, sebagian orang mungkin hanya mengetahui tempat tidur terdiri dari kasur, sprei, selimut, guling, dan bantal. Padahal, ada berbagai perlengkapan lain yang siap membuat tidur Anda lebih nyaman sekaligus berkualitas.

Kasur

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Kasur merupakan bagian utama dari tempat tidur. Semakin empuk sebuah kasur, maka penggunanya juga akan semakin nyaman. Selain itu, pemilihan kasur yang sesuai dengan tubuh dan kebutuhan akan menjaga kesehatan karena dapat meningkatkan kualitas tidur setiap harinya.

BedSkirt

Bed skirt, atau yang sering dikenal dengan nama dust ruffle merupakan salah satu perlengkapan tempat tidur yang diletakkan di bawah kasur. Kegunaan dari bed skirt adalah untuk menjaga kolong tempat tidur dari debu maupun kotoran lain.

Pinterest.com

Ada beberapa jenis bed skirt. Jenis pertama yaitu pleated bed skirt. Jenis ini mempunyai lipatan pada bagian tengah di setiap sisi roknya. Modelnya cenderung kotak dengan bagian depan dan samping yang halus membuatnya terlihat seperti bingkai tempat tidur.

Jenis kedua yaitu ruffle bed skirt. Gaya kerutannya akan menampilkan kesan menawan pada kamar dengan tema klasik maupun romantis. Jenis ketiga yaitu ruffle hem bed skirt yang akan menambah kesan anggun pada kamar tidur Anda.

Pelindung Kasur

Perlengkapan tempat tidur berikutnya adalah pelindung kasur atau mattress protector. Fungsinya adalah untuk menyerap air supaya tidak mengenai kasur. Peletakan pelindung kasur ini ada di antara kasur dengan sprei.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Menggunakan pelindung kasur juga akan menjaganya dari berbagai resiko seperti cairan, robakan, debu, hingga alergi tungau. Tersedia pelindung kasur dalam berbagai ketebalan. Semakin tebal lapisan dipercaya akan meningkatkan rasa nyaman penggunanya.

Bottom Sheet

Lapisan kasur terdiri dari dua jenis berdasarkan peletakannya. Lapisan pertama ada di bagian bawah dan lapisan kedua di bagian atas. Sprei bagian bawah mempunyai nama lain bottom sheet. Bottom sheet diletakkan pada bagian kasur yang menyentuh belakang tubuh.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Fungsi dari bottom sheet adalah untuk menjadi pelapis sekaligus meningkatkan kenyamanan pada bagian belakang tubuh seperti punggung. Pemilihan bottom sheet harus disesuaikan dengan ukuran tempat tidur agar mudah dipasang maupun diselipkan pada bagian kasur.

Top Sheet

Setelah membahas mengenai sprei bagian bawah, perlengkapan tempat tidur berikutnya adalah top sheet atau sprei bagian atas. Lapisan satu ini berbeda dengan selimut. Fungsinya adalah untuk melapisi bagian tubuh bagian atas seperti perut.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Dengan menggunakan top sheet, maka kebersihan selimut dan duvet akan terjaga. Peletakan top sheet sendiri ada di bawah selimut. Top sheet tersedia dalam berbagai warna maupun motif yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Duvet dan Comforter

Di atas top sheet diletakkan duvet dan comforter. Keduanya memang sama-sama berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat tidur. Namun, keduanya mempunyai perbedaan pada kebutuhan pemakai dan cara penggunaannya.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Comforter merupakan lapisan penghangat yang terdiri dari lapisan luar dan lapisan dalam. Kedua lapisan tersebut berada dalam satu kesatuan. Duvet juga mempunyai lapisan luar dan dalam, namun yang menjadi pembeda dengan comforter adalah lapisan duvet tidak berada dalam kesatuan.

Selimut

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Setelah duvet maupun comforter diletakkan, maka lapisan berikutnya adalah selimut. Fungsi dari selimut adalah untuk mencegah panas tubuh agar tidak keluar serta menjaga suhu dingin dari luar supaya tidak masuk.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Biru, Untuk Interior Dan Eksterior

Bantal dan Pelapis

Secara umum, bantal merupakan sandaran kepala supaya sejajar dengan tubuh. Bantal sendiri tersedia dalam berbagai ukuran lebar maupun tebal agar sang pengguna dapat merasakan nyaman saat bersandar.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Seperti halnya mattress protector, terdapat pula pillow protector. Sesuai dengan namanya, pillow protector berfungsi untuk melindungi bantal dari berbagai kotoran sekaligus meningkatkan rasa nyaman karena isiannya.

Sarung Bantal

Sarung bantal adalah pelapis tambahan untuk bantal. Fungsinya untuk menjaga bantal agar tetap bersih setelah bersentuhan langsung dengan kepala. Tersedia dalam berbagai motif maupun warna, sarung bantal sering menjadi pendukung pada tampilan kamar tidur.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Sarung bantal juga tersedia dari berbagai jenis bahan yang bisa Anda beli berdasarkan budget yang dimiliki. Ukurannya juga beragam, dan bisa Anda sesuaikan dengan ukuran bantal.

Rekomendasi Hiasan Kamar Tidur

Melengkapi tempat tidur dengan berbagai peralatan di atas saja tidak cukup untuk memberi tampilan menenangkan di kamar. Ada berbagai hiasan yang dapat Anda gunakan untuk setiap sisi kamar, sebagai berikut.

Karpet

Meletakkan karpet pada kamar tidur Anda dapat mendatangkan kesan elegan dan lebih hidup. Ada berbagai ukuran karpet yang dapat dipilih sesuai dengan ukuran kamar. Fungsi lain dari karpet adalah membuat penghuni kamar dapat mengusir rasa bosan setelah bekerja di meja belajar.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Meletakkan karpet bisa dilakukan pada berbagai sisi kamar. Misalnya pada kamar anak, peletakan karpet ada di dekat lemari mainan sehingga anak akan nyaman duduk ketika bermain. Sedangkan pada kamar dewasa, karpet dapat diletakkan di tengah ruangan sehingga kamar terlihat luas.

Gorden

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Gorden merupakan salah satu bagian kamar tidur yang akan memberi kesan tersendiri dan memberi privasi bagi pengguna ruangan. Contohnya, memasang gorden dengan warna pastel akan menghadirkan kesan ceria pada kamar.

Pengharum Ruangan

Dengan memasang pengharum di kamar, maka bau tidak sedap akan terusir dari ruangan. Aroma sedap dari pengharum dapat meningkatkan produktivitas ketika bekerja karena akan mempengaruhi mood maupun konsentrasi.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Selain itu, tampilan pengharum ruangan juga dapat menjadi aksesoris unik yang akan mempercantik kamar tidur. Jika Anda menginginkan pengharum yang lebih estetik, maka lilin aromaterapi juga dapat menjadi alternatif.

Cermin

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Bagi wanita, cermin merupakan sebuah barang wajib di kamar tidur karena salah satu fungsinya adalah untuk mengecek penampilan. Tapi ternyata, dengan meletakkan cermin berukuran besar juga akan membuat kamar terlihat lebih besar.

Lukisan

Apabila terdapat dinding yang kosong pada salah satu sisi kamar, Anda dapat menggunakan lukisan sehingga kamar akan terlihat lebih berisi. Anda dapat memilih lukisan sesuai dengan suasana kamar, seperti tanaman, orang, maupun abstrak.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Selain lukisan dengan gambar di atasnya, memasang lukisan dengan quotes juga disarankan. Memasang tulisan akan menambah semangat dan motivasi setiap kali membacanya sehingga produktivitas akan meningkat.

Lampu Tumblr

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Lampu tumblr dapat dijadikan salah satu hiasan di kamar tidur. Warnanya yang beragam dan bisa diatur sesuai settingannya akan menambah kesan estetik dan semangat pada kamar, sekaligus berfungsi sebagai lampu tidur.

Demikian beberapa penjelasan terkait perlengkapan tempat tidur yang harus dipenuhi beserta rekomendasi hiasan untuk kamar tidur.

Seluruh pemilihan perlengkapan kamar tidur sebaiknya berdasarkan tema kamar, sehingga akan terlihat menarik dan serasi. Untuk produknya, silahkan Anda beli di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru