Apa Penyebab Tembok Retak Rambut? Ketahui Penjelasan dan Cara Mengatasinya!

penyebab masalah tembok retak rambut

Munculnya retakan halus pada tembok rumah biasa disebut dengan retak rambut. Penyebab tembok retak rambut ini perlu Anda ketahui karena dapat menjadi potensi masalah.

Tembok retak rambut adalah masalah umum pada bangunan dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti usia bangunan, bahan plester yang cepat kering, atau perubahan suhu.

Meskipun retakan ini dapat mengurangi daya tarik estetika bangunan, retakan tersebut dapat dengan mudah diperbaiki. Dengan memperbaiki retakan halus di tembok, Anda tidak hanya untuk meningkatkan daya tarik visual bangunan rumah, tetapi juga untuk menjaga integritas dan keamanan strukturalnya. Bangunan bebas retak tidak hanya terlihat lebih baik, tetapi juga menawarkan rasa aman dan ketenangan pikiran.

Yuk, cari tahu apa sebenarnya penyebab tembok retak rambut dan cara mengatasi retakan berdasarkan penyebabnya. Baca artikel ini untuk informasi selengkapnya!

Apa yang Dimaksud dengan Tembok Retak Rambut?

Apabila Anda pernah tiba-tiba mengalami retakan pada tembok rumah yang bukan disebabkan oleh peristiwa alam seperti gempa bumi atau banjir, bisa jadi itu adalah fenomena tembok retak rambut.

Tembok retak rambut tampak tipis dan halus yang dapat mengurangi daya tarik estetika rumah Anda secara keseluruhan.

Tembok retak rambut sering kali disebabkan oleh kesalahan pengerjaan. Bisa jadi disebabkan oleh pencampuran yang salah atau kualitas bahan yang buruk. 

Meskipun secara umum tidak berbahaya, mengabaikan tembok retak rambut dapat berpotensi untuk membahayakan struktur tembok rumah Anda. Retakan ini dapat menyebabkan retakan yang lebih besar, menyebar, atau bahkan membuat cat terkelupas.

Selain itu, dinding luar yang retak juga dapat menyebabkan air hujan meresap ke dalam, sehingga membuat rumah lebih lembap dan mendorong tumbuhnya jamur dan lumut.

Apa Saja Penyebab Tembok Retak Rambut?

Memahami penyebab tembok retak rambut pada rumah Anda dapat membantu Anda mencari cara mengatasinya. Berikut beberapa penyebab tembok retak rambut yang umum ditemui:

1. Perubahan Cuaca atau Fluktuasi Suhu

Tahukah Anda? Ternyata perubahan cuaca ekstrem yang cepat terjadi dapat menyebabkan tembok rumah memuai dan menyusut. Saat suhu udara panas, tembok rumah memuai, sementara ketika suhu dingin tembok akan menyusut.

Nah, fluktuasi suhu ini dapat memicu munculnya masalah tembok retak rambut pada rumah Anda.

2. Campuran Plesteran yang Kurang Tepat

Campuran plesteran yang tidak tepat juga menjadi salah satu penyebab tembok retak rambut. Karena itulah, proporsi semen, pasir, dan air harus diperhatikan.

Sebab, campuran plesteran yang kurang tepat ini dapat melemahkan struktur dinding sehingga lebih rentan retak. Anda harus menggunakan campuran yang sesuai untuk memastikan tembok lebih kokoh dan tahan akan retakan.

3. Semen dan Pasir Berkualitas Rendah

Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas bahan yang digunakan, seperti semen dan pasir, juga sangat mempengaruhi kekuatan tembok.

Sebab, bahan yang berkualitas buruk dapat menyebabkan tembok lebih mudah retak atau bahkan rusak seiring berjalannya waktu.

Bagaimana Solusi Mengatasi Tembok Retak Rambut?

Retakan garis rambut pada tembok biasanya disebabkan oleh lemahnya struktur dinding.

Jangan biarkan tembok retak mengurangi keindahan bangunan rumah. Anda perlu mengambil tindakan secepatnya dengan menerapkan solusi yang tepat.

Dengan pengetahuan dan penerapan yang tepat, Anda dapat mengubah tembok retak rambut menjadi permukaan yang halus dan indah, sehingga menyempurnakan tampilan bangunan Anda secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini secara efektif, penting untuk memperbaiki sumber retakan dan melindunginya. Perhatikan cara mengatasi tembok retak rambut berikut ini!

1. Perbaiki dan Lindungi Tembok

Buka sedikit celahnya dan isi dengan campuran semen-air. Kemudian, aplikasikan plester dan primer sebelum melapisi tembok dengan cat eksterior berkualitas tinggi.

2. Pilih Cat Eksterior Berkualitas

Solusi yang kedua adalah dengan memilih cat eksterior yang berkualitas. Anda bisa memilih cat eksterior yang karakteristiknya dapat secara efektif menutup retakan garis rambut pada tembok untuk mencegah terulangnya kembali.

Cat eksterior ini juga harus mampu mengurangi penyerapan panas matahari, menjaga suhu dalam ruangan tetap dingin. Dengan kemampuannya untuk menurunkan suhu ruangan, cat eksterior ini akan sangat bermanfaat saat musim panas.

Selain itu, penting juga untuk mencari cat eksterior yang mengandung sifat anti jamur dan anti lumut untuk melindungi tembok dari kelembapan.

3. Perkuat Struktur Tembok

Untuk tembok retak rambut yang kondisinya parah akibat masalah struktural, Anda perlu memperkuat strukturnya dengan membongkarnya dan membangun kembali.

Untuk retakan kecil, Anda cukup memperbaikinya dengan cara menebalkan dan  menambahkan struktur baru jika diperlukan.

4. Lakukan Proses Pelapisan Ulang pada Tembok

Cara mengatasi penyebab tembok retak rambut yang berikutnya adalah dengan melakukan pelapisan ulang pada tembok.

Anda bisa mengatasi tembok retak rambut yang menyebar ke seluruh pasangan bata dengan melapisi ulang tembok. Biasanya, cara ini dipakai untuk mengatasi masalah retakan yang disebabkan oleh faktor berat.

5. Tambal Ulang Tembok dengan Acian yang Berkualitas Tinggi

Apabila penyebab tembok retak rambut terletak pada kualitas acian yang Anda gunakan, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menambal ulang tembok dengan acian yang lebih berkualitas.

Sebelum Anda melakukan penambalan ulang, Anda perlu membersihkan dulu bagian dinding luar agar hasilnya optimal. Pembersihannya bisa dilakukan dengan cara diamplas.

Kemudian, setelah Anda menemukan tembok retak rambut, Anda bisa menambalnya langsung dengan acian berkualitas tinggi. Mengapa penting? Sebab, acian dengan berkualitas tinggi akan mampu mengisi dan memperbaiki retakan dengan efektif.

Perlu diketahui, tahapan pemilihan acian yang berkualitas ini sebenarnya sangat penting untuk konstruksi bangunan baru. Pilihan acian ini akan membantu meminimalkan kemungkinan retaknya tembok, sekaligus menjaga daya tarik estetika bangunan Anda.

6. Pastikan Lakukan Tahapan Pengeringan dengan Benar

Selanjutnya, jangan lupa untuk melindungi area yang ditambal ulang agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung, ya. Langkah ini penting agar acian tidak terlalu cepat kering dan berpotensi menimbulkan retakan baru.

7. Pengecatan Ulang Area Tembok Retak Rambut yang Telah Ditambal

Solusi mengatasi masalah tembok retak rambut yang berikutnya adalah dengan melakukan pengecatan ulang pada area tembok yang telah ditambal.

Cat ulang area yang ditambal agar menyatu sempurna dengan permukaan dinding lainnya, sehingga menyembunyikan area perbaikannya. Namun, sebelum mengecat, pastikan area yang ditambal sudah benar-benar kering untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. Hindari juga mengecat area yang masih basah karena dapat mempengaruhi hasil akhir.

Sebelum mempraktikkan langkah-langkah perbaikan tembok retak rambut, jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab tembok retak rambut di rumah Anda, ya. Karena dengan begitu Anda bisa dengan lebih mudah memilih cara yang paling efektif untuk menangani permasalahan ini. 

Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan dan membantu permasalahan rumah Anda. Temukan informasi menarik lainnya pada artikel-artikel lainnya di blog kami.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru