Simak Penjelasan Plafon Kalsiboard serta Macam-macam Jenisnya untuk Hunian Anda

memahami penjelasan plafon kalsiboard

Plafon kalsiboard adalah bagian yang tak terpisahkan dari setiap bangunan. Plafon kalsiboard berfungsi sebagai struktur dasar dan pembatas ruangan.

Saat ini, banyak material tersedia untuk meningkatkan estetika dinding, termasuk kalsiboard. Meskipun begitu, masih banyak yang belum mengenal bahan ini

Untuk mendalami lebih dalam tentang penjelasan plafon kalsiboard yang lengkap dan komprehensif, harap simak tulisan di bawah ini!

Pengertian Plafon Kalsiboard

Apa itu plafon kalsiboard? Plafon kalsiboard merupakan produk berbentuk lembaran menyerupai triplek yang dibuat dari pasir silika yang dipadukan dengan semen dan selulosa. Campuran bahan-bahan tersebut akan diproses dengan tekananan dan suhu tinggi untuk menghasilkan lembaran papan yang bertekstur padat.

Sepintas, plafon kalsiboard sangat mirip dengan gipsum, baik dari segi tampilan maupun fungsinya. Plafon kalsiboard juga sering digunakan sebagai penutup dinding dan langit-langit pada rumah.

Harga pasar untuk plafon kalsiboard sangat bervariasi berdasarkan lebar, ketebalan, dan jenisnya.

Beragam Keunggulan Plafon Kalsiboard

Dengan meningkatnya permintaan material kalsiboard untuk aplikasi plafon, Anda perlu mempelajari apa saja keunggulannya. Berikut beberapa keunggulan plafon kalsiboard untuk hunian rumah Anda:

1. Plafon Kalsiboard Punya Daya Tahan yang Luar Biasa

Plafon kalsiboard menawarkan daya tahan yang luar biasa dibandingkan banyak material lainnya. Material ini juga tahan terhadap jamur, bahkan dalam kondisi lembap. Selain itu, kalsiboard juga tahan terhadap api, air, dan rayap untuk memastikan masa pakai dan ketahanannya.

2. Plafon Kalsiboard Bersifat Kuat dan Lentur

Dengan karakteristiknya yang elastis dan kuat, plafon kalsiboard menawarkan fleksibilitas tanpa mengorbankan strukturnya yang kuat. Fitur ini membuatnya ideal untuk membuat desain langit-langit atau plafon melengkung dengan tetap menjaga kekuatan.

3. Plafon Kalsiboard Mudah Dirawat

Berkat daya tahan bawaannya, plafon kalsiboard hanya memerlukan sedikit perawatan. Bahkan, guyuran air hujan di plafon bisa dengan mudah diatasi dengan mengameplas atau mengecat ulang. Sehingga upaya pemeliharaannya tetap minimum.

4. Plafon Kalsiboard Mudah Dipasang

Didesain untuk kenyamanan, plafon kalsiboard memungkinkan proses instalasi pemasangan yang sederhana dibandingkan material lainnya. Komposisinya membuat proses pemasangan lebih mudah, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

5. Plafon Kalsiboard Aman untuk Kesehatan

Khawatir tentang risiko kesehatan? Tenang saja, karena plafon kalsiboard bebas asbes, sehingga menghilangkan risiko kanker paru-paru yang terkait dengan paparan asbes.

Selain itu, kalsiboard juga tidak mudah rapuh sehingga memastikan ruangan tetap aman dari serbuk yang berjatuhan.

Ini Kelemahan Plafon Kalsiboard yang Perlu Anda Waspadai

Meskipun plafon kalsiboard menawarkan banyak kelebihan, penting untuk mengetahui kekurangannya. Ini dia beberapa kekurangan material kalsiboard untuk plafon rumah:

1. Plafon Kalsiboard Rentan Menyusut

Terlepas dari daya tahannya secara keseluruhan, plafon kalsiboard sensitif terhadap perubahan cuaca, sehingga berpotensi menyebabkan penyusutan.

Saat musim hujan, kalsiboard dapat mengembang. Sebaliknya, pada cuaca panas, kalsiboard dapat menyusut sehingga mengakibatkan retakan kecil pada plafon.

2. Plafon Kalsiboard Membutuhkan Kerangka

Meskipun relatif kokoh, plafon kalsiboard memerlukan kerangka penyangga yang kuat. Terutama untuk mencegah penyusutan atau retak pada material.

3. Plafon Kalsiboard Tampak Kurang Estetik

Walaupun tergolong kuat, tapi material kalsiboard yang dipakai untuk plafon membutuhkan kerangka yang kuat. Kerangka tersebut diperlukan untuk menopang kalsiboard itu sendiri, terutama saat material kalsiboard mengalami penyusutan atau keretakan.

Jenis Plafon Kalsiboard

Berikut ini jenis-jenis plafon kalsiboard yang perlu Anda tahu:

1. Kalsirata

Kalsirata adalah jenis kalsiboard yang biasanya memiliki ketebalan hingga 3 mm dan dimensi sekitar 1 meter. Seringkali disukai karena ukuran kalsiboard mudah diatur, ini memudahkan penanganan dan pemasangan, terutama digunakan untuk plafon rumah.

2. Kalsiling

Mirip dengan kalsirata, tapi ada perbedaan dari sisi dimensi, ketebalan, dan lebarnya. Menawarkan berbagai pilihan ketebalan, kalsi ling juga cocok untuk dinding interior dan plafon.

Pemasangannya pun dapat disesuaikan dengan bahan rangka yang berbeda, seperti besi atau kayu.

3. Kalsifloor

Lebih ringan dari dua jenis kalsiboard sebelumnya, kalsifloor menyederhanakan proses pemasangan tanpa memerlukan pengecoran.

Ideal untuk pemasangan cepat, kalsifloor dapat melayani kebutuhan rumah tangga dan gedung tinggi. Kalsifloor sendiri tersedia dalam ketebalan mulai dari 3 mm hingga 20 mm.

4. Kalsiclad

Serbaguna seperti jenis kalsiboard lainnya, kalsiclad dapat meningkatkan estetika interior dan eksterior.

Kalsiclad juga menawarkan berbagai pilihan ukuran kalsiboard dan memerlukan rangka baja untuk pemasangan yang aman. Fungsinya adalah untuk memastikan stabilitas di tengah berbagai faktor lingkungan.

5. Kalsiplank

Meskipun bukan yang paling kokoh, kalsiplank unggul dalam estetika dengan serangkaian motif menawan, termasuk desain yang terinspirasi dari kayu.

Daya tarik visual dari kalsiplank menjadikannya pilihan utama meskipun memiliki kekuatan yang tidak terlalu diandalkan.

6. Kalsipart

Terkenal dengan konstruksinya yang ringan, kalsipart menawarkan fleksibilitas selama pembongkaran. Biasanya, kalsipart berfungsi sebagai dinding partisi di berbagai bangunan, termasuk pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan kantor.

Keenam tipe kalsiboard di atas menawarkan solusi beragam untuk kebutuhan proyek konstruksi rumah Anda. Kira-kira, tipe kalsiboard mana yang menarik perhatian Anda?

Kisaran Harga Plafon Kalsiboard

Berikut kisaran harga plafon kalsiboard yang bisa Anda jadikan acuan. Daftar harga ini bervariasi tergantung tipe, ukuran, dan spesifikasinya.

Tipe Produk Kalsiboard Ukuran Kalsiboard Harga Kalsiboard
Kalsiboard Ling 3,5 mm 1220 x 2440 mm Rp 62.800
Kalsiboard Ling 3,5 mm 1200 x 2400 mm Rp 60.400
Kalsiboard Ling 4,5 mm 1220 x 2440 mm Rp 86.500
Kalsiboard Ling 4,5 mm 1200 x 2400 mm Rp 83.500
Kalsiboard Ling 6 mm 1220 x 2440 mm Rp 122.350
Kalsiboard Ling 6 mm 1200 x 2400 mm Rp 117.750
Kalsiboard Ling 6 mm 1220 x 2700 mm Rp 132.450
Kalsiboard Ling 6 mm 1200 x 3000 mm Rp 148.600
Kalsiboard Ling 6-R2 1220 x 2440 mm Rp 125.550
Kalsiboard Ling 6-R2 1200 x 2400 mm Rp 120.800
Kalsiboard Ling 6-R2 1220 x 2700 mm Rp 135.900
Kalsiboard Ling 6-R2 1200 x 3000 mm Rp 149.650
Kalsiboard Ling 6-R4 1220 x 2440 mm Rp 126.850
Kalsiboard Ling 6-R4 1200 x 2400 mm Rp 122.050
Kalsiboard Ling 6-R4 1220 x 2700 mm Rp 137.200

Nah, itu dia penjelasan plafon kalsiboard secara lengkap. Dari artikel di atas, Anda bisa mempelajari definisi, jenis-jenis, keunggulan, kelemahan, hingga kisaran harga plafon kalsiboard.

Terima kasih telah membaca artikel tentang penjelasan plafon kalsiboard ini. Kunjungi laman blog kami untuk menemukan berbagai artikel up to date nan menarik mengenai properti dan kebutuhan rumah tangga lainnya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru