Yuk, Pahami Pengertian Void Rumah Serta Manfaatnya!

pengertian void rumah

Saat membuat perencaan pembangun rumah, mungkin Anda pernah menjumpai istilah void rumah. Namun, apa sebenarnya pengertian void rumah?

Void rumah adalah ruang terbuka dan kosong yang terletak di dalam struktur. Biasanya, void rumah ada di antara dua lantai. Beberapa orang juga menyebut void rumah sebagai sebagai “plafon ganda”.

Void rumah ini bukan hanya sebagai hiasan saja, tapi juga memiliki tujuan praktis untuk desain rumah. Apa saja manfaat dari kehadiran void rumah? Pelajari pengertian void rumah dalam artikel ini!

Pengertian Void Rumah

Apa pengertian void rumah? Istilah “void” berasal dari bahasa Inggris yang berarti “kosong” atau “tidak terisi”.

Dalam konteks bangunan, void rumah mengacu pada ruang terbuka dan kosong dalam struktur bertingkat yang menghubungkan tingkat atas dan bawah.

Pengertian void ini berlaku pada berbagai jenis bangunan, baik bangunan berskala besar seperti mall maupun bangunan berskala kecil seperti rumah minimalis dua lantai.

Biasanya, ruang kosong diintegrasikan ke dalam hunian dengan lebih dari satu lantai, sedangkan rumah modern berlantai satu cenderung tidak menggabungkannya. Namun, bukan berarti rumah satu lantai tidak bisa memiliki ruang kosong. Sebab, hal ini sebenarnya bisa dicapai dengan plafon rumah yang tinggi atau penerapan konsep mezzanine.

Fungsi Utama Void Rumah

Void rumah punya beberapa fungsi utama, di antaranya:

1. Mendukung Pencahayaan Alami

Void rumah bisa menjadi sarana efektif untuk menambah sumber pencahayaan alami di dalam rumah.

Void rumah yang dirancang dengan baik dapat mengoptimalkan paparan sinar matahari. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan arah dan sudut matahari untuk memaksimalkan manfaat ini dan memastikan interior memiliki penerangan yang baik.

2. Membantu Sirkulasi Udara

Void rumah juga berkontribusi terhadap peningkatan sirkulasi udara yang lebih baik, terutama di iklim tropis. Void rumah akan membantu menangkap dan mendistribusikan udara, mengurangi kelembapan, dan menyejukkan rumah secara alami. Sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk lingkungan hidup yang sehat.

3. Dapat Menjadi Cross Ventilation

Kehadiran void rumah juga dapat menjadi cross ventilation (ventilasi silang) yang bermanfaat bagi kesehatan penghuni.

4. Mencegah Udara Lembap

Adanya void rumah dapat membantu mencegah terjadinya kelembapan dan tumbuhnya jamur.

5. Mempermudah Komunikasi Antar Lantai

Void rumah memudahkan komunikasi antar berbagai bagian rumah, bahkan antar lantai yang berbeda. Konektivitas ini menumbuhkan interaksi antar penghuni rumah sehingga menciptakan suasana yang lebih hangat.

6. Menambah Kesan Dinamis

Dengan menerapkan void rumah, Anda dapat menambah unsur dinamis pada desain rumah minimalis.

Void rumah juga menambah elemen dinamis pada desain rumah. Mereka menciptakan daya tarik visual serta mencegah interior terasa membosankan.

Void rumah juga menawarkan banyak peluang kreatif untuk desain rumah Anda, lho.

7. Menghemat Energi

Void rumah juga Berkontribusi pada efisiensi energi.

8. Menciptakan Ilusi Rumah yang Lebih Luas

Sifat void rumah yang terbuka menimbulkan rasa lapang. Ketika digunakan sebagai elemen penghubung pusat, void rumah akan mengurangi kebutuhan akan partisi. Sebab itulah, void rumah dapat membuat ruangan tampak lebih besar.

5 Inspirasi Desain Void Rumah

Setelah mempelajari pengertian void rumah dan fungsi utamanya, Anda juga bisa mencatat daftar referensi desain void rumah di sini. Check this out!

1. Desain Void Rumah yang Luas

Desain void rumah ini banyak dijumpai pada rumah dengan dua lantai. Ruang kosong di area tengah memungkinkan cahaya menembus setiap sudut, sehingga mengurangi kebutuhan akan jendela tambahan.

Selain itu, desain double volume void (void rumah bervolume ganda) juga menambah sentuhan megah pada hunian.

2. Void Rumah di Tangga Bergaya Japandi

Desain ini memadukan gaya Skandinavia dan Jepang. Unik, ya?

Dengan memanfaatkan ruang tangga kosong dengan elemen kayu yang menonjol. Desain rumah ini memancarkan nuansa luas dan modern minimalis. Didukung dengan pemilihan furnitur yang tepat di lantai bawah.

3. Void Rumah Minimalis untuk Area Indoor dan Outdoor

Terinspirasi dari gaya hidup luar ruangan, konsep ini sering terlihat pada ruang komersial seperti ruko dan beberapa hunian pribadi.

Void rumah akan memperluas beranda rumah, menghubungkan ruang interior dan eksterior dengan harmonis. Patut dicoba!

4. Void Rumah di Area Dapur

Biasa diaplikasikan di rumah dengan gabungan dapur dan ruang makan, void rumah akan meningkatkan estetika secara keseluruhan. 

Penggunaan jendela sebagai pengganti dinding yang kokoh juga akan menambah daya tarik visual. Serta menciptakan kontras antara ruang bawah dan atas untuk mendukung suasana semakin nyaman.

5. Void Rumah di Halaman atau Taman

Desain ini sangat ideal untuk rumah dengan taman belakang. Atap dengan rongga tinggi serta penggunaan kaca yang banyak akan memaksimalkan sirkulasi cahaya alami serta ventilasi udara.

Selain bermanfaat sebagai tempat berjemur dan tempat berolahraga, void rumah di halaman atau taman ini juga bisa dipakai untuk keperluan bisnis, lho!

Contoh Pengaplikasian Void Rumah

Ingin tahu bagaimana cara menerapkan void rumah ke dalam desain hunian Anda? Yuk, simak beberapa contoh penerapannya!

1. Void Rumah sebagai Ruang Tamu

Anda bisa menciptakan suasana ramah dengan mendesain ruang tamu berkonsep void. Seperti apa detailnya?

Desain ruang tamu yang terbuka dan lapang ini akan memberikan kesan pertama yang megah dan elegan kepada tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Pertimbangkan juga untuk mempercantik ruangan tersebut dengan lampu kristal untuk menambah kemewahan.

2. Void Rumah sebagai Ruang Utama

Void rumah juga sering digunakan pada ruangan-ruangan utama seperti ruang makan, ruang TV, atau ruang keluarga. Semua ruangan tersebut biasanya menjadi jantung aktivitas dalam sebuah rumah.

Void rumah akan berfungsi sebagai penghubung ke ruangan lain, menjadikannya titik fokus atau pusat dari rumah.

3. Void Rumah sebagai Penambah Elemen Outdoor

Manfaatkan void rumah untuk memasukkan elemen luar ruangan seperti taman atau kolam ikan di dalam ruangan. Kemampuan void rumah untuk menangkap cahaya dan udara alami menjadikannya ideal untuk menciptakan ruang hijau dalam ruangan.

Cocok untuk Anda yang menyukai desain hunian yang tenang dan penuh nuansa alami!

4. Void Rumah sebagai Sirkulasi Vertikal

Void rumah juga sangat penting untuk menampung ruang untuk tangga. Namun, rongga tersebut juga dapat dirancang sedikit lebih besar dari yang diperlukan. Sehingga memungkinkan Anda membuat desain tangga yang unik.

Pendekatan ini menambahkan elemen dinamis dan elegan pada desain interior Anda.

5. Void Rumah untuk Mendukung Kebutuhan Ruangan Lain

Pertimbangkan penggunaan  lain untuk void rumah, seperti menggabungkannya ke dapur, ruang olahraga, atau ruang lain berdasarkan aktivitas utama rumah tangga Anda.

Kehadiran void rumah ini akan membantu mendukung setiap kegiatan di dalam desain rumah Anda.

Nah, setelah mempelajari pengertian void rumah serta contoh-contoh penerapannya, apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikannya?

Semoga informasi di atas dapat membantu kelancaran proyek konstruksi hunian Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru