Pelajari Pengertian Kayu Bengkirai serta Harganya di Sini!

pengertian kayu bengkirai

Kayu adalah salah satu bahan dasar yang banyak digunakan dalam membangun rumah. Ada beragam jenis kayu dengan karakteristik uniknya yang sering dipakai, salah satunya adalah kayu bengkirai.

Di antara banyaknya jenis kayu yang ada di Indonesia, kayu bengkirai menjadi salah satu pilihan favorit. Terkenal dengan beragam manfaatnya, kayu bengkirai memiliki daya tahan yang luar biasa dan nilai estetik tinggi untuk sebuah hunian.

Pelajari pengertian kayu bengkirai, tips memilih kayu bengkirai berkualitas baik nan premium, hingga kisaran harga kayu bengkirai dalam artikel berikut ini!

Pengertian Kayu Bengkirai

Apa pengertian kayu bengkirai? Kayu bengkirai, atau yang biasa dikenal dengan Yellow Balau banyak dijumpai di kawasan hutan tropis seperti Kalimantan, serta di wilayah tertentu di Filipina dan Malaysia.

Pohon kayu bengkirai tingginya bisa mencapai 40 meter dengan diameter mencapai 120 cm. Dengan ciri khas sifatnya yang padat dan rona kuning kecoklatan yang khas, kayu bengkirai dapat dikeringkan di udara dalam rentang waktu 12 hari hingga satu bulan pada suhu standar. Kemudian, diolah untuk berbagai aplikasi kebutuhan perumahan.

Dengan tekstur yang beragam mulai dari halus hingga agak kasar, kayu bengkirai memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, bobotnya sedikit lebih besar dibandingkan kayu jati.

Meski rentan retak, kayu bengkirai mudah untuk diperbaiki. Caranya mirip dengan menambal dinding menggunakan dempul. Segala ketidaksempurnaan kayu bengkirai dapat diperbaiki dengan dempul atau wood filler tanpa mengurangi kekuatan dari kayu bengkirai itu sendiri.

Dalam dunia konstruksi, kayu bengkirai sangat disukai karena kekokohan dan daya tarik estetikanya sehingga menjadikannya sebagai bahan bangunan yang dapat diandalkan.

Kayu bengkirai mempunyai banyak keunggulan dibandingkan jenis kayu lainnya. Pertama, kayu ini memiliki kekuatan kelas I dan II yang sebanding dengan kayu jati. Namun, memiliki harga yang lebih terjangkau, sehingga menjadikannya pilihan yang hemat biaya tanpa mengurangi kualitas.

Kayu bengkirai cocok untuk pemasangan di luar ruangan, karena ketahanan cuaca yang sangat baik, tahan terhadap pembusukan bahkan ketika terkena paparan sinar matahari dan guyuran air hujan. Oleh karena itu, kamu bisa menemukan decking kayu bengkirai atau lantai semi-outdoor yang terbuat dari kayu bengkirai.

Selain itu, kayu bengkirai juga sangat mudah dibentuk sehingga memudahkan penerapannya dalam beragam desain rangka, furnitur, lantai, langit-langit, bahkan decking kayu bengkirai. Akan tetapi, kerapuahnnya yang tinggi memerlukan pengerjaan yang terampi. Untuk menghindari potensi retakan garis rambut, agar memastikan produk akhirnya tetap indah dengan nilai estetika.

Kelebihan Kayu Bengkirai!

Ada berbagai kelebihan dari penggunaan kayu bengkirai. Berikut daftar keunggulannya:

1. Durabilitas dan Daya Tahan Kayu Bengkirai Terbilang Tinggi 

Kayu Bengkirai masuk dalam golongan jenis kayu dengan tingkat kekuatan kelas I dan II setara kayu jati menurut Departemen Kehutanan.

Jenis kayu ini terkenal dengan keawetannya yang luar biasa. Dan, kualitas tersebut menjadikannya bahan yang ideal untuk berbagai kebutuhan eksterior rumah seperti atap, pagar, maupun decking kayu bengkirai.

Selain itu, kayu bengkirai juga memiliki tingkat ketahanan yang bervariasi (kelas I, II, dan III) tergantung pada usianya. Sehingga bisa disesuaikan untuk berbagai proyek konstruksi berat seperti jembatan, bantalan rel kereta api, hingga perkapalan.

2. Prose Pengolahan Kayu Bengkirai Relatif Mudah

Meski bobotnya lebih berat dibandingkan kayu jati, kayu bengkirai sangat mudah untuk diolah.

Kayu bengkirai dapat dengan mudah diserut, diukir, hingga dipotong. Karakter tersebut  menjadikannya pilihan utama di kalangan pengrajin kayu untuk membuat produk khusus luar ruangan (eksterior rumah) seperti kursi dan meja outdoor.

3. Kayu Bengkirai Memiliki Nilai Estetika yang Unggul

Dengan corak khas kuning kecoklatan, kayu bengkirai memancarkan keindahan alam yang bersahaja sekaligus serbaguna.

Rona warnanya yang netral melengkapi berbagai warna cat, serta meningkatkan daya tarik estetika rumah yang memiliki berbagai gaya dan konsep.

Kayu bengkirai dapat digunakan untuk elemen lantai maupun furnitur seperti meja dan kursi. Pengaplikasian kayu bengkirai di ruangan rumah, Anda bisa menambah sentuhan elegan pada kediaman Anda.

Ciri-ciri Kayu Bengkirai yang Premium serta Tips Memilihnya

Sebelum melakukan pembelian kayu bengkirai, Anda harus mengetahui apa saja ciri-ciri kayu bengkirai yang memiliki kualitas bagus nan premium. Hal ini penting agar Anda terhindar dari kayu bengkirai palsu maupun kayu bengkirai yang berkualitas rendah.

Berikut tips memilih kayu bengkirai yang bagus:

1. Warna Kuning Kecokelatan yang Khas

Salah satu ciri khas atau keunikan dari kayu bengkirai adalah rona warna kuning kecokelatan atau kuning cerah. Anda bisa memilih jenis kayu bengkirai yang sesuai dengan selera maupun kebutuhan proyek bangunan Anda.

2. Tekstur Halus Hingga Agak Kasar

Tekstur kayu bengkirai pun beragam. Ada jenis kayu bengkirai yang halus hingga agak kasar.

Dalam sekilas pandangan mata, tekstur kayu bengkirai yang harus bisa terasa kasar jika disentuh.

3. Kekuatan dan Daya Tahan yang Tinggi

Untuk jenis kayu bengkirai yang kuat, Anda bisa memilih jenis kayu bengkirai yang usianya sudah tua. Karena, biasanya lebih awet serta keras.

Kayu bengkirai pun juga bisa dibedakan dari bobotnya. Ada kayu bengkirai yang memiliki bobot berat bahkan lebih berat dari kayu jati.

Kisaran Harga Kayu Bengkirai Per-Batang dan Per-Meter Kubik

Dengan ketahanan yang setara dengan kayu jati, kayu bengkirai menawarkan pilihan yang jauh lebih ekonomis.

Harga kayu bengkirai dikenakan mulai dari Rp30.000 per-batang untuk ukuran 6 cm × 12 cm x 400 cm. Sedangkan, harga kayu bengkirai per-meter kubiknya mulai dari Rp 10 juta.

Dari segi harga, harga kayu bengkirai bervariasi tergantung lokasi penjualan dan jumlah yang dibeli. Harga per-batangnya bisa melebihi harga per-meter kubik. Sesuaikan pembelian kayu bengkirai, sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kayu spesifik Anda.

Dengan daya tahannya yang mengesankan dan estetika yang menarik, kayu bengkirai menonjol sebagai pilihan ideal untuk mempercantik eksterior hunian dan membuat furnitur luar ruangan yang unik. Selain itu, apabila Anda mencari alternatif kayu yang tidak menguras kantong, kayu bengkirai dapat menjadi solusi ideal bagi Anda!

Itu dia ulasan lengkap mengenai pengertian kayu bengkirai hingga kisaran harga kayu bengkirai. Ada banyak jenis kebutuhan rumah hingga furnitur yang menggunakan jenis kayu satu ini.

Anda bisa menemukan lantai rumah, pagar rumah, hingga decking kayu bengkirai dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Anda mempertimbangkan untuk memasukkan kayu Bengkirai untuk menambah keindahan rumah Anda?

Temukan artikel menarik lainnya mengenai properti dan kebutuhan rumah tangga dalam blog kami. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru