Particle Board: Pengertian, Karakteristik dan Tips Merawat

Particle Board atau dikenal juga dengan papan partikel adalah salah satu bahan interior yang banyak dicari karena banyak kelebihan. Selain harganya yang murah, papan artikel juga cukup kuat untuk digunakan untuk kurun jangka menengah. Berikut ini karakteristik dan tips perawatannya agar awet.

Karakteristik Particle Board

Secara umum, papan partikel tidak memiliki banyak perbedaan dengan Plywood. Bahan penyusunnya pun relatif sama, yaitu menggunakan bahan daur ulang dari serbuk kayu yang diproses melalui tekanan suhu tinggi.

  • Berat

Papan partikel memiliki tingkat kepadatan antara 650-700kg/m3. Hal itu dihasilkan saat serbuk kayu masuk dalam proses penyatuan dengan tekanan tinggi. Walaupun mempunyai kepadatan cukup tinggi, papan partikel cukup ringan dan mudah diangkat oleh 1 orang saja.

pexels.com

Karakteristiknya yang ringan membuat papan partikel menjadi pilihan utama untuk desain interior. Hal itu dikarenakan jika membutuhkan banyak papan tidak menambah beban terlalu signifikan. Dengan begitu, desain baru tetap terlaksana tanpa khawatir adanya beban berlebih.

  • Cat

pinterest.com

Karakteristik kedua yang cukup menonjol dari papan partikel adalah mempunyai fleksibilitas pada hampir semua jenis cat. Anda bisa mengaplikasikannya dengan berbagai warna yang diinginkan. Pada umumnya, papan partikel dilapisi dengan extra veneer untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Pemasangan

Apabila dilihat secara umum, papan partikel mudah dibongkar pasang karena Anda hanya membutuhkan sekrup dan bor. Walaupun demikian, perlu diingat bahwa tingkat kepadatan dari papan partikel yang Anda gunakan sangat berpengaruh pada proses pemasangan.

pexels.com

Semakin padat papan tersebut, maka diperlukan usaha yang semakin besar untuk pemasangan sekrup dan komponen lainnya. Hal itu akan sepadan dengan tingkat keawetan dan masa penggunaan dari papan partikel yang Anda gunakan.

  • Harga

pexels.com

Harga menjadi karakter paling diingat oleh para konsumen papan partikel. Walaupun mempunyai tingkat kepadatan tinggi dan fleksibel, elemen dekorasi interior ini tidak menguras kantong Anda. Hampir semua jenis papan partikel di pasaran mempunyai harga yang sangat terjangkau.

  • Struktur

Anda tentu berpikiran bahwa papan partikel mempunyai struktur yang lemah karena harga jualnya cenderung murah. Hal itu merupakan pandangan yang salah karena struktur dari papan partikel sendiri sangat solid dan tidak mudah berubah bentuk atau bengkok.

pexels.com

Mayoritas vendor dekorasi interior justru lebih menyukai papan partikel karena banyak keuntungan yang diperoleh. Ada yang menggunakannya sebagai penyekat ruangan dan dekorasinya, ada pula vendor memakai papan partikel sebagai bahan utama furniture.

  • Daya tahan

pexels.com

Karakteristik papan partikel yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah daya tahannya. Apabila digunakan di dalam ruangan, bahan ini mampu bertahan antara 5-10 tahun lamanya. Semua itu bisa berubah sesuai dengan suhu, perawatan, dan faktor lainnya.

 

Tips Perawatan Particle Board Agar Awet

 

pinterest.com

Anda harus mengetahui bagaimana tips yang benar dalam merawat barang atau interior berbahan dasar papan partikel. Melalui pengetahuan tersebut, usia pemakaian akan lebih lama dan tidak mudah rusak. Oleh sebab itu, simak beberapa tips di bawah ini.

  • Hindari Suhu Terlalu Lembab

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah menghindarkan furniture atau interior dari suhu yang terlalu lembab. Hal ini bertujuan untuk membuat kondisi papan partikel tetap kering sehingga tidak ditumbuhi oleh jamur.

Apabila papan partikel sering terkena suhu lembab, tingkat kepadatannya akan semakin menurun. Jika hal itu Anda biarkan, maka lambat laun papan partikel akan terpecah menjadi partikel kecil kembali dan hancur.

Saat kondisi sedang dingin atau lembab, Anda dapat menggunakan plastik sebagai penahan agar suhu tetap stabil. Pilihan lainnya adalah melapisi furniture dengan resin agar udara dingin tidak bisa masuk ke dalam papan partikel.

  • Lapisi Cairan Anti Rayap

Selain menghindarkan dari suhu yang terlalu lembab, Anda juga harus melapisi furniture berbahan dasar papan partikel menggunakan cairan anti rayap. Tujuannya tentu untuk mengusir rayap dan serangga lain yang dapat merusak struktur papan partikel.

  • Jangan Meletakkan Beban Berlebihan

Tips terakhir untuk memperpanjang usia pemakaian papan partikel adalah tidak meletakkan beban berlebihan. Apabila Anda menggunakan papan partikel sebagai furniture, usahakan untuk menaruh barang separuh dari total kemampuan.

Cara ini dapat membuat papan partikel bertahan lebih lama. Selain itu, papan partikel juga tidak akan mudah bengkok akibat tekanan berlebih. Pastikan pula peletakkan barang rata atau tidak bertumpu di satu sisi saja.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru