16 Ornamen Lebaran yang Cocok untuk Mempercantik Rumah Anda

ornamen lebaran

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu umat Muslim. Pada hari Lebaran, biasanya ada banyak acara kumpul keluarga yang dilakukan.

Sebagai tuan rumah, tentunya kita ingin menghadirkan nuansa yang nyaman di rumah. Karena itulah, pemasangan dekorasi atau ornamen Lebaran sangat diperlukan untuk membuat tampilan rumah lebih rapi dan meriah.

Untuk Anda yang ingin mendekorasi rumah dengan ornamen Lebaran, yuk simak artikel berikut ini!

Contoh-contoh Ornamen Lebaran yang Bisa Anda Gunakan

Ingin menata ruangan rumah dengan lebih estetik di hari Lebaran? Ini dia daftar inspirasi ornamen Lebaran yang bisa dipakai untuk menata rumah Anda. Check this out!

1. Bantal Sofa yang Empuk

Salah satu ruangan utama yang disorot di hari Lebaran adalah ruang tamu. Karena area tersebut akan digunakan sebagai tempat berkumpul bersama anggota keluarga.

Anda bisa coba mendekorasi ruang tamu dengan meletakkan beberapa kumpulan bantal sofa yang disusun rapi. Pilihlah sarung bantal dengan kombinasi warna dan motif yang menarik.

Ornamen Lebaran satu ini bisa menambah nuansa rumah lebih estetik dengan cara yang sederhana!

2. Lilin Aromaterapi yang Harum

Ruang tamu yang wangi juga dapat membuat suasana lebih nyaman! Agar momen silaturahmi semakin berkualitas, Anda juga bisa memasang lilin aromaterapi untuk memberikan efek relaksasi.

3. Taplak Meja yang Indah

Jangan lupakan detail kecil seperti taplak meja! Gelar taplak meja dengan corak yang indah di meja makan serta meja ruang tamu Anda. Contohnya, Anda bisa menggunakan taplak meja berwarna toska serta putih.

Selain estetik, penggunaan taplak meja juga membuat meja jadi lebih mudah dibersihkan, lho!

4. Karpet Bernuansa Idul Fitri

Untuk area lantai, Anda juga bisa menggunakan karpet bulu tipis dengan dominasi warna hijau yang khas dengan nuansa Timur Tengah.

Pemasangan ornamen Lebaran ini juga dapat menjadi pelengkap!

5. Hiasan Dinding Sederhana

Area dinding juga tidak bisa dilupakan begitu saja. Ana bisa menempelkan ornamen Lebaran DIY (Do-It-Yourself) dengan akses Idul Fitri yang khas. Misalnya, hiasan ketupat yang lucu!

Ornamen Lebaran ini terjangkau, mudah dipasang juga dilepas kembali setelah acara selesai. Praktis, kan?

6. Hiasan Kaligrafi dengan Nuansa Islami

Salah satu ornamen Lebaran yang bisa kamu letakkan di rumah adalah hiasan kaligrafi. Anda bisa memilih hiasan dinding dengan bingkai perak yang elegan untuk menghias dinding rumah yang polos.

7. Bunga Hias yang Cantik

Ingin suasana rumah yang lebih menawan di hari Lebaran? Coba deh, letakkan beberapa bunga hias di pot bunga pada sudut-sudut rumah Anda. Dijamin, suasana rumah akan tampak lebih asri dan tenang!

Anda bisa memilih bunga hias asli yang harum seperti bunga sedap malam. Ataupun, bunga palsu dengan corak yang meriah dan berwarna.

8. Toples Kue yang Menawan

Lebaran tentunya tidak lengkap tanpa kehadiran hidangannya yang khas. Salah satunya yang selalu hadir di meja makan dan meja ruang tamu adalah toples kue Lebaran!

Anda bisa mengakalinya sebagai salah satu ornamen Lebaran di rumah Anda. Caranya adalah dengan menggunakan toples kue yang cantik dengan hiasan pita yang manis.

9. Miniatur Islami yang Unik

Salah satu hiasan lainnya yang bisa Anda gunakan adalah miniatur Islami! Taruh di meja ruang tamu atau meja makan untuk memperkental suasana Idulfitri di kediaman Anda.

10. Hiasan Pintu yang Estetik

Untuk menyambut kehadiran sanak-saudara yang bertamu ke rumah, Anda bisa menghias pintu dengan ornamen Lebaran!

Salah satunya adalah dengan memasang door wreath DIY pada pintu masuk. Gunakan kain, bunga, serta tulisan sederhana. Boleh dicoba, nih!

11. Meja Makan yang Elegan

Bulan Ramadhan dan Hari Lebaran identik dengan pemakaian elemen warna hijau dan gold. Kombinasi kedua warna ini akan membuat dekorasi rumah Anda tampak lebih mewah dan elegan, lho!

Terapkan perpaduan warnanya pada meja makan Anda. Tipsnya adalah dengan menggunakan table top motif marmer, lalu meletakkan tanaman hias dengan aksen hijau di atasnya. Untuk peralatan makan seperti piring, sendok, serta garpu bisa gunakan warna gold.

12. Dessert Table dengan Sentuhan Batik

Hias dessert table untuk hari Lebaran yang istimewa, yuk! Anda cukup siapkan meja serta kain batik sebagai taplak mejanya. Lalu, susun toples-toples kue Lebaran Anda dengan piring bertingkat, nampan silver yang cantik, dan vas bunga palsu.

Anda bisa menggunakan ornamen Lebaran lainnya juga sesuai selera dan preferensi Anda. Misalnya, pigura-pigura berisi foto keluarga yang memancarkan kehangatan.

13. Hiasan Dinding Serba Emas

Untuk Anda yang memiliki sekat ruangan di rumah, Anda bisa menghiasnya dengan ornamen Lebaran berwarna gold atau keemasan. Contoh ornamennya adalah jam dinding serta garland berwarna keemasan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menghias area meja dan rak penyimpanan dengan miniatur keemasan serta tempat lilin cantik.

14. Alat Makan Warna-warni yang Ceria

Lebaran menjadi hari yang cocok untuk mengeluarkan kreativitas Anda! Agar hari-hari kumpul keluarga semakin asik, Anda bisa menciptakan suasana ceria dengan menggunakan peralatan makan warna-warni.

Letakkan di area meja makan. Lalu, pasang juga lampu hias agar suasana lebih festive lagi. Seru, kan?

15. Meja Makan Model Lesehan

Agar suasana hangat di hari Lebaran semakin terasa, Anda bisa coba menerapkan model meja makan lesehan.

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah taplak meja warna putih untuk menutupi seluruh meja. Lalu pasang lagi taplak meja berukuran lebih kecil dengan warna gold di atasnya sebagai pemanis.

Supaya lebih nyaman, gelar karpet bulu yang lembut di bantai. Lalu, letakkan beberapa bantal sofa dengan warna cream, putih, atau emas.

Pada bagian langit-langit ruangan, Anda bisa menggantung lampu hias dengan motif bulan, bintang, atau lentera yang cantik. Sebagai opsi, Anda pun bisa memakai beberapa lilin di meja dengan tatakannya dengan warna emas yang mewah.

Oh iya, jangan lupa letakkan juga peralatan makan berwarna gold dan susun dengan rapi.

16. Meja Prasmanan Serba Emas

Ingin menampilkan suasana yang lebih mewah di rumah? Anda bisa menata meja prasmanan untuk menampilkan hidangan Lebaran.

Di atas meja letakkan ornamen Lebaran dengan sentuhan emas yang mewah dan megah. Misalnya, peralatan makan mangkuk atau piring saji, serta dekorasi-dekorasi lainnya. Lalu, gunakan juga table top dengan corak marmer yang senada, ya!

Jadi, apakah Anda sudah siap menyambut hari Lebaran yang penuh suka cita? Selain mempersiapkannya dengan niat ibadah, hati yang lebih lapang, serta penampilan yang menawan, jangan lupakan dekorasi hunian Anda ya.

Supaya tidak bingung harus menghias rumah seperti apa di hari spesial tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan berbagai ornamen Lebaran yang disebutkan di atas. Dengan begitu, pasti tampilan rumah Anda akan tampak lebih indah!

Butuh ide-ide dekorasi lainnya untuk rumah Anda? Yuk, tengok artikel-artikel menarik lainnya dalam blog kami!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru