Mudah! Begini Cara Mengatasi Tikus Curut di Rumah

Rumah dengan suasana yang tertutup dan lembab memang akan menjadi tempat paling nyaman bagi serangga serta tikus untuk berkembang biak. Oleh karena itu, berikut terdapat beberapa cara mengatasi tikus curut di rumah Anda dengan cukup efektif dan efisien.

Menggunakan Cairan Ajaib

Anda dapat menggunakan cairan ajaib untuk mengatasi banyaknya tikus curut di rumah Anda. Cairan ajaib yang dimaksud adalah Shews Repellent. Cairan ajaib ini merupakan suatu cairan yang memiliki aroma tidak sedap yang memiliki wujud seperti urin yang berbau.

cara mengatasi tikus dengan cairan ajaib

pexels.com

Selain dengan menggunakan cairan ini, Anda juga dapat menggunakan cairan ajaib berupa cuka untuk mengepel. Aroma cuka yang cukup menyengat membuat tikus curut akan menjauh dari rumah Anda karena secara alamiah hewan pengerat ini tidak menyukai bau yang terlalu tajam.

Putar Audio

Cara ini mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, Anda cukup memutar audio tertentu untuk mengusir tikus-tikus curut dari rumah. Audio khusus yang dimaksud adalah audio dengan suara infrasonik dan ultrasonik. Audio ini akan memberikan efek bising bagi hewan dan serangga.

pexels.com

Hal ini tentu membuat Anda akan dapat mengusir tikus curut dan serangga lainnya dengan mudah. Cukup memutar audio ini melalui handphone maupun laptop Anda, maka tikus curut dan serangga lainnya akan segera menjauh dari rumah.

Memiliki Binatang Peliharaan

Cara mengatasi tikus curut di rumah satu ini memang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Pasalnya, dengan memelihara binatang peliharaan seperti kucing dan anjing membuat hewan pengerat satu ini tidak akan betah berlama-lama tinggal di rumah Anda.

pexels.com

Kucing dan anjing memang secara naluri akan berburu tikus apabila menemukan jejak-jejak yang ditinggalkan. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda untuk mengusir tikus-tikus tersebut dari rumah tanpa Anda harus memikirkan banyak cara dan membuang banyak waktu untuk mengusirnya.

 

Baca Juga : Warna Granit Lantai Ruang Tamu Terbaru yang Bagus

 

Tutup Lubang-Lubang Kecil

Tikus curut yang dapat masuk ke rumah melalui lubang-lubang yang sangat kecil dapat diatasi dengan menutup lubang-lubang tersebut. Anda dapat menutup lubang yang ada di dinding rumah dengan menggunakan semen atau melakukan penambalan pada dinding.

Selain itu, Anda juga dapat menutup lubang tersebut dengan barang-barang yang berat sehingga tikus curut tidak dapat dengan mudah memindahkan. Namun, sebagai hewan pengerat yang memiliki gigi yang cukup runcing maka barang yang Anda gunakan untuk menutup lubang juga harus keras.

Mencampur Bubuk Cabai dan Detergen

Mencampur bubuk cabai dan detergen dapat Anda lakukan sebagai salah satu ramuan ajaib untuk mengusir tikus curut dari rumah. Bubuk cabai dan detergen tersebut cukup dicampurkan dengan air, kemudian disemprotkan pada area yang sering dilalui oleh tikus curut tersebut.

pexels.com

Setelah beberapa saat, tikus curut tidak akan kembali pada area yang sudah Anda semprot tersebut karena akan membuat penciuman mereka menjadi iritasi. Hal ini membuat tikus curu tidak dapat menemukan jalan untuk kembali masuk ke dalam rumah.

Gunakan Teh dan Kopi

Anda dapat mengusir tikus curut di rumah hanya dengan menggunakan teh dan kopi. Setelah Anda menyeduh teh di pagi hari maka disarankan untuk memanfaatkan kembali kantung teh tersebut untuk mengusir tikus curut. Caranya yaitu dengan menggantungkan pada lubang yang dilalui tikus.

pexels.com

Hal ini membuat tikus curut tidak akan masuk melalui lubang tersebut karena kantung teh membuat indra penciuman tikus menjadi tidak sensitif. Penciuman yang tidak sensitif tentu akan menghalangi aktivitas tikus curut tersebut sehingga tidak mengurangi kemungkinan mereka dapat masuk rumah.

Tidak hanya itu, penggunaan bubuk kopi sebagai cara mengatasi tikus curut di rumah juga sering diabaikan oleh banyak orang. Menurut banyak orang memanfaatkan bubuk kopi sebagai bahan untuk mengusir tikus curut dirasa tidak terlalu efektif karena membuat rumah menjadi lebih kotor.

Padahal dengan menggunakan bubuk kopi, Anda dapat memutus rantai jejak yang sering ditinggalkan oleh tikus curut ketika memasuki rumah. Tikus curut dapat sangat leluasa keluar masuk rumah Anda jika jejak yang mereka tinggalkan dapat terdeteksi dengan mudah oleh mereka.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru