16 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah, Mudah Ditiru!

model rumah sederhana tapi indah

Model rumah sederhana tapi indah dapat menjadi impian bagi banyak orang, termasuk para pasangan suami istri yang baru memulai bahtera rumah tangga atau pernikahan. Desain rumah ini tak harus memiliki space yang besar, tapi dapat dirancang dengan sederhana dan semanis mungkin.

Untuk Anda yang sedang mencari referensi model rumah sederhana tapi indah, yuk telusuri pembahasannya dalam artikel kami di bawah ini!

Berbagai Referensi Model Desain Rumah Sederhana Tapi Indah

Proses mendesain rumah sangatlah penting untuk kenyamanan para penghuninya. Simak beragam inspirasi model desain rumah sederhana tapi indah dalam list ini:

1. Model Rumah Sederhana Tapi Indah dengan Fasad Cantik

Desain rumah yang pertama mengusung konsep minimalis. Salah satu pusat perhatiannya terletak pada area fasad yang memiliki aksen unik nan cantik.

Aksen tersebut berupa garis lurus tegas dengan berbagai kombinasi warna monokrom yang tampak modern. Bisa dicontek, nih!

2.  Model Rumah Sederhana Tapi Indah dengan Konsep Tropis

Salah satu ide model rumah sederhana tapi indah yang dapat Anda coba adalah konsep tropis modern! Untuk merancangnya, Anda bisa menggunakan warna-warna tropis yang alami di area fasad.

Selain itu, hias juga area taman mini atau halaman depan dengan banyak tumbuhan tropis. Nuansa tropis yang hangat dan ceria pun akan terpancar dari hunian rumah Anda!

3. Model Rumah Sederhana Tapi Indah dengan 2 Lantai

Anda juga bisa merancang model rumah sederhana tapi indah dengan konsep tingkat atau 2 lantai. Cocok banget nih idenya untuk keluarga kecil!

Agar kelihatan elegan, perhatikan tampilan fasadnya, ya! Anda bisa coba menggunakan jendela besar pada bagian depan rumah, serta mengatur posisi carport dengan kanopi mewah.

4. Model Rumah Sederhana Tapi Indah yang Simpel

Konsep rumah yang simpel ini mencuri hati banyak masyarakat Indonesia, terutama golongan anak mudanya! Tanpa menggunakan elemen dekoratif yang berlebihan, kesan mewah akan menonjol dari hunian.

Trik utamanya ada pada pemilihan warna serta penggunaan bahan-bahan material rumahnya. Selain itu, usahakan juga untuk mengusung konsep open space agar rumah tampak terbuka dan lega.

5. Model Rumah Sederhana Tapi Indah dengan Atap Datar

Selanjutnya, Anda juga bisa mendesain rumah sederhana tapi indah dengan atap datar atau flat roof. Trik ini dapat membuat tampilan rumah Anda tampak lebih chic dan kekinian.

Apabila Anda ingin mengusung konsep ini, jangan lupa untuk menggunakan pelapis antibocor pada atap, ya! Dengan begitu, atap rumah akan terjaga dan tidak mudah rusak.

6. Model Rumah Sederhana Tapi Indah yang Elegan

Memiliki lahan rumah yang terbatas? Tenang saja, karena Anda tetap bisa mendesain model rumah sederhana tapi indah yang elegan!

Caranya adalah dengan membangun rumah bertingkat sehingga memiliki banyak ruang. Pada lantai atas, jangan lupa sertakan area balkon untuk dimanfaatkan sebagai tempat bersantai.

7. Model Rumah Sederhana Tapi Indah dengan Material Kayu

Pemanfaatan elemen kayu pada rumah minimalis akan menghadirkan nuansa klasik dan natural. Terutama, jika material kayu ini diletakkan di area fasad.

Selain membuat rumah terlihat semakin estetik, kayu juga memiliki sifat isolator alami sehingga dapat mencegah penghantar panas. Dalam kata lain, rumah dengan material kayu cenderung lebih sejuk dan nyaman untuk ditempati.

8. Model Rumah Sederhana Tapi Indah Tipe 21

Rumah tipe 21 memiliki kisaran luas antara 3 x 7, 5,25 x 4, dan 6 x 3,5 meter. Tipe rumah ini juga umumnya dibangun di atas tanah ukuran 50–60 meter persegi.

Rumah sederhana tipe 21 cocok untuk ditempati oleh Anda yang masih melajang dan tinggal sendiri atau baru menikah. Meski space-nya minimalis, Anda tetap bisa mendesainnya untuk tetap indah!

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan batu alam sebagai aksen dekorasi di bagian fasad. Kemudian, cobalah mengecatnya dengan warna dasar seperti putih atau abu.

9. Model Rumah Sederhana Tapi Indah Ala Rumah Desa

Konsep model rumah sederhana tapi indah yang berikutnya akan mengingatkan Anda dengan suasana desa yang tenang dan nyaman. Desainnya dibuat sederhana dengan memanfaatkan material kayu.

Anda juga bisa melapisinya dengan cat berwarna hijau yang terlihat sejuk dipandang mata. Selain itu, jangan lupa bangun taman di area halaman depan rumah, ya!

10. Model Rumah Sederhana Tapi Indah Tipe 36

Model rumah tipe 36 juga dapat kelihatan indah dan elegan! Kuncinya ada pada penggunaan atap dak di atas teras. Atap ini akan membuat rumah minimalis ini terlihat kokoh dan modern.

Trik lainnya adalah menghias dinding rumah dengan batu-batu alam serta cat pastel yang lembut. Dijamin kesan asri dan bersih akan terlihat!

11. Model Rumah Sederhana Tapi Indah Tipe 45

Selanjutnya, ada juga model rumah sederhana tapi indah tipe 45! Dimensi ukurannya adalah 6 x 7,5 atau 8 x 5, 6 m², serta dibangun di atas tanah seluas 96 m². 

Untuk tipe rumah ini, Anda bisa menghiasnya dengan memilih cat netral seperti warna putih, abu, atau warna-warna monokrom lainnya.

12. Model Rumah Sederhana Tapi Indah Tipe 70

Karena cenderung lebih luas lahannya, model rumah sederhana tapi indah tipe 70 bisa lebih bebas Anda hias sesuai keinginan.

Untuk area depan, Anda bisa merancang taman atau teras yang cantik. Letakkan beberapa tanaman bunga hias untuk memanjakan mata. Selain itu, dekorasi juga bagian halaman dengan kolam ikan atau menambahkan gazebo.

Agar semakin efisien, bangunlah garasi atau carport minimalis untuk area parkir kendaraan. Nah, tips terakhir gunakan cat warna putih agar rumah semakin terlihat lapang!

13. Model Rumah Sederhana Tapi Indah Ukuran 6×9

Untuk desain rumah sederhana tapi indah ukuran 6 x 9 meter, Anda bisa menata dua tiang di bagian teras agar ada kesan menawan di bagian fasad.

Konsep rumah ini terlihat mewah dan elegan. Keindahan desainnya tak pernah lekang dimakan waktu!

14. Model Rumah Sederhana Tapi Indah yang Modern

Untuk konsep modern, Anda sebaiknya menggunakan elemen dekoratif yang minimalis di bagian fasad. Contohnya, Anda cukup menggunakan lampu LED pada bagian tamannya.

Lampu LED tidak hanya berfungsi untuk membantu pencahayaan, tapi juga menciptakan kesan futuristis pada rumah minimalis Anda.

15. Model Rumah Sederhana Tapi Indah yang Klasik

Apakah Anda menyukai desain-desain rumah yang klasik seperti rumah joglo? Jika iya, Anda bisa mencoba menghias fasad rumah dengan menambahkan dekorasi berupa ukiran.

Ukiran ini akan mengingatkan Anda pada hunian-hunian bergaya etnik dan tradisional. Gak kalah menarik, nih!

16. Model Rumah Sederhana Tapi Indah dengan Pagar Expanda

Ide desain model rumah sederhana tapi indah yang terakhir menggunakan pagar expanda. Konsep ini cocok untuk Anda yang menyukai desain rumah yang minimalis dan kekinian.

Agar kelihatan harmonis, jangan lupa untuk mengecat dinding rumah dengan warna putih dan aplikasikan pada seluruh dinding fasad. Tertarik mencobanya?

Itu dia 16 model rumah sederhana tapi indah yang dapat menjadi inspirasi bagi hunian impian Anda. Sampai sini, apakah ada ide desain yang menarik perhatian?

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mencari informasi. Yuk, temukan artikel-artikel menarik lainnya pada blog kami!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru