13 Referensi Model Pagar Besi Unik untuk Hunian Anda

model pagar besi yang unik

Besi masih menjadi pilihan populer untuk menjadi bahan pagar rumah. Karakternya yang tahan lama serta luasnya variasi desain yang bisa dibentuknya menjadi keunggulannya.

Apakah Anda sedang mendesain hunian dan membutuhkan inspirasi model pagar besi unik? Jelajahi inspirasinya dalam artikel berikut ini.

Besi masih menjadi favorit sebagai material pagar rumah. Selain bahannya yang kuat, pagar besi rumah tidak mudah diterobos dan memiliki model yang beragam dengan harga yang bervariasi. 

Jika Anda sedang mencari inspirasi model pagar besi unik untuk rumah Anda, simak beberapa rekomendasinya. 

Ini Dia Berbagai Inspirasi Model Pagar Besi Unik!

Salah satu kiat untuk mempercantik hunian bisa dimulai dengan memilih desain pagar yang tepat, salah satunya pagar besi. Kekokohan dan material besi yang tahan lama membuatnya jadi salah satu pilihan ideal untuk berbagai gaya hunian.

Berikut contoh-contoh model pagar besi unik yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Pagar Besi Gaya Minimalis

Untuk hunian bergaya minimalis, Anda bisa memilih model pagar besi yang sederhana pula! Model pagar besi unik ini dilengkapi dengan gerbang dorong dan pintu setinggi dada orang dewasa. Karena simpel, pagar besi ini bisa dijadikan pilihan ideal untuk tempat tinggal mana pun.

Agar nilai estetikanya bertambah, pastikan warna pagar selaras dengan dinding bagian depan rumah Anda. Contohnya, pagar hitam akan tambah serasi dengan dinding putih atau abu-abu. Nuansa monokrom tersebut akan tampak indah dipandang ma.

2. Pagar Besi Gaya Vertikal

Dengan mengadopsi motif garis vertikal pada pagar besi, Anda juga bisa menambah daya tarik hunian. Salah satunya dengan memilih pagar besi vertikal berwarna hitam dengan aksen putih untuk membangun suasana minimalis.

Model pagar besi unik ini akan menjadi elemen desain yang menarik untuk eksterior hunian. Selain itu, pagar besi vertikal juga lebih mudah pemasangannya.

3. Pagar Besi Bergelombang

Konsep model pagar besi lainnya untuk pagar besi dengan motif bergelombang. Dengan pagar besi ini, Anda tetap bisa mempertahankan kesan elegan dan modern, tapi tetap kelihatan unik. Cocok diaplikasikan untuk hunian dengan halaman depan yang luas!

4. Pagar Besi Putih yang Dipadukan dengan Roster

Anda juga bisa memadukan pagar besi putih model hollow dengan dinding roster atau dinding kisi. Tampilan visualnya pasti akan berbeda!

Pertimbangkan juga untuk menghiasnya dengan tanaman kering seperti kaktus ataupun lampu hias, ya. Hunian Anda pasti akan semakin estetik dengan desain ini.

5. Pagar Besi Berbentuk Piano

Ingin model pagar besi unik yang akan menarik perhatian? Anda bisa mendesain pagar besi Anda mengikuti bentuk piano.

Susun dan warnai pagar mengikuti bentuk tuts-tuts piano berwarna hitam putih. Ide model pagar besi unik ini akan tampak serasi untuk rumah bergaya industrial..

Tidak hanya menambah sentuhan unik, tapi juga membantu tamu untuk dengan mudah mengidentifikasi rumah Anda saat berkunjung.

6. Pagar Besi Hollow yang Dikombinasikan dengan Batu Alam

Perpaduan pagar besi hollow dengan aksen batu alam akan membuat estetika rumah Anda semakin mewah. Apa fungsi batu alam dalam desain pagar ini? Fungsi utamanya adalah untuk mencegah pagar besi terlihat monoton karena strukturnya yang polos.

Untuk pemilihan batu alamnya sendiri bisa menyesuaikan dengan konsep desain rumah secara keseluruhan. Perhatikan juga bagaimana proses perawatannya untuk mencegah tumbuhnya lumut.

7. Pagar Besi dengan Kayu

Inspirasi pagar besi berikutnya akan melibatkan pencampuran bahan besi berongga (hollow) dengan kayu. Nantinya, desain besinya akan berfungsi sebagai penopang struktur pagar, sedangkan elemen kayu mengisi area tengah.

Selain memastikan privasi Anda terjaga karena strukturnya yang tertutup, model pagar besi ini juga unik!

8. Pagar Besi Gaya Klasik

Apakah Anda ingin menampilkan pesona klasik dan mewah? Kalau begitu, Anda bisa menggunakan model pagar besi unik dengan finishing hitam.

Bermain-mainlah dengan pemilihan motif, misalnya motif pagar yang menyerupai daun. Dengan Anda mengeksplor motif pagar besi yang digunakan, Anda juga bisa menambah estetika hunian Anda.

9. Pagar Besi Motif Mermaid

Untuk kesan cute, Anda bisa memilih pola pagar besi bergambar mermaid untuk tema dekorasi lautan. Anda juga bisa menambahkan ornamen-ornamen pendukung, misalnya motif ikan atau kura-kura besar.

Selain itu, Anda bisa mendesain model pagar besi unik ini dengan struktur yang tinggi

10. Pagar Besi dengan Tempat Duduk

Selanjutnya, selain mencari desain model pagar besi unik, Anda juga bisa memperhitungkan fungsionalitasnya. Karena itu, Anda bisa memadukan pagar besi dengan tempat duduk.

Dengan model pagar besi ini, Anda juga bisa menyambut tamu di bagian depan rumah. Unik, ya?

11. Pagar Besi Horizontal

Kalau Anda menyukai jenis pagar besi hollow atau yang berongga, cobalah mengisinya dengan struktur horizontal. Desain ini cukup populer lho di kalangan rumah modern.

Model pagar besi unik ini bisa digunakan untuk pintu masuk atau pintu garasi mobil. Catat nih tipsnya!

12. Pagar Besi Laser Cut

Setelah itu, ada juga model pagar besi unik yang dikenal dengan nama pagar besi laser cut. Yang dimaksud dari laser cut itu adalah teknik pembuatan pagarnya yang terbuat dari lempengan baja yang cukup kuat. Nah, lempengan baja tersebut akan dipotong mengikuti pola dengan teknik laser.

Anda bisa memilih motif pagar sesuai preferensi. Misalnya, pola bunga, oval, sampai kotak simetris. Fleksibilitas desainnya menjadi keunggulan dari model pagar besi unik satu ini.

13. Pagar Besi Gaya Zen

Konsep natural pada pagar besi bergaya zen dapat menjadi pertimbangan Anda. Pagar besi ini menggabungkan elemen kayu polos, beton, serta kaca.

Perpaduan bahan-bahan tersebut tidak hanya menampilkan pesona minimalis, tapi juga memberikan keamanan. Sedikit catatan, supaya pagar besinya tetap kuat, gunakan tempered glass, ya!

Kenali Macam-macam Jenis Besi untuk Pagar

Dari berbagai macam referensi model pagar besi unik yang dibahas di atas, masing-masing desainnya bisa menggunakan jenis besi yang berbeda. Cari tahu macam-macam jenis besi yang sering digunakan untuk pagar rumah di bawah ini:

1. Stainless Steel

Pertama, ada besi berjenis stainless steel. Anda pasti pernah mendengar jenis besi ini kan?

Stainless steel memang populer dipakai untuk pagar rumah maupun elemen banguna lainnya. Sebab, ia tidak gampang berkarat, mudah dibersihkan, serta dapat dikombinasikan dengan mudah menggunakan material lainnya.

2. Besi Hollow 

Ada juga pagar besi hollow yang banyak dipakai untuk konsep rumah minimalis dan modern. Besi hollow memiliki kandungan lapisan silicon, unsur besi, dan coating aluminium. Perpaduan kandungan-kandungan tersebut membuatnya tahan lama dan tidak mudah berkarat. 

3. Besi Vial

Salah satu keunggulan besi vial adalah harganya yang relatif terjangkau. Jenis besi ini mengandung material logam yang dilapisi oleh aluminium. Salah satu kelebihannya adalah perawatannya yang tidak rumit.

4. Besi Tuang

Selanjutnya, ada besi tuang yang mengandung fosfor, belerang, mangan, dan silikon. Proses pembuatannya cukup rumit karena harus meleburkan biji-biji besi sebelum dibentuk sesuai dengan preferensi desain dan ukuran yang dibutuhkan. Harga besi tuang cukup tinggi ketika dijual di pasaran.

5. Besi Plat Galvalum

Jenis besi lainnya yang sering dijadikan material pagar rumah adalah besi plat galvalum. Kandungan aluminium dan zinc di dalamnya membuatnya tahan akan api dan anti rayap.

Namun, ada kekurangan yang perlu dipertimbangkan dari bahan galvalum, yaitu karakternya yang cepat berkarat. Anda harus merawatnya dengan cara khusus untuk menjaganya tetap awet.

6. Besi Plat Strip

Terakhir, ada besi plat strip! Dengan ketebalan sekitar 2-60 mm, besi plat strip bisa dipakai untuk material rangka teralis.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki jenis besi ini, di antaranya: mudah didapatkan, tahan akan korosi, kuat, serta tahan lama.

Demikian pembahasan tentang inspirasi model pagar besi unik serta jenis-jenis besi yang biasa digunakannya. Semoga bisa membantu menginspirasi Anda untuk menemukan pilihan model pagar yang sesuai dengan hunian.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru