Model Cafe Industrial yang Nyaman dan Kekinian

Memiliki cafe dapat menjadi salah satu investasi bisnis atau usaha terbaik yang dapat Anda pilih. Mengingat dewasa ini, cafe menjadi salah satu tempat nongkrong yang paling digandrungi oleh anak-anak muda. Salah satu desain café yang cukup menarik adalah café industrial. Ini inspirasinya.

Unfinished Concept

Konsep unfinished merupakan ciri utama dari desain arsitektur bergaya industrial. Industrial merupakan sebutan bagi konsep arsitektur yang banyak menonjolkan material-material mentah layaknya belum diselesaikan.

Untuk menghadirkan konsep ini dalam desain cafe Anda, maka material-material seperti semen, batu bata, maupun batu alam dapat ditonjolkan mentahannya.  Anda pun tidak perlu dilakukan finishing terhadap material tersebut.

Untuk menonjolkan material semen, maka dapat diaplikasikan dari dinding hingga lantai cafe. Dinding cafe dapat dibiarkan saja tanpa di cat sehingga menunjukkan warna semen yang khas. Lantai pun dapat dibiarkan tanpa keramik sehingga akan menghasilkan kesan yang lebih dingin.

pinterest.com

Agar tampilan dinding Cafe Anda tidak membosankan maka Anda dapat melakukan permainan pada tekstur. Ini bisa dengan membuat petak-petak pola dengan membiarkan satu bidang tetap menunjukkan dinding semen yang polos dan halus.

Untuk menonjolkan material batu bata, maka dapat menggunakan batu bata ekspos yang disusun rapi pada seluruh bidang dinding. Namun, untuk menampilkan kesan yang lebih menarik dan variatif, maka penggunaan batu bata ekspos dapat Anda aplikasikan pada satu bidang dinding saja.

Sementara itu, untuk mengekspos batu alam atau bebatuan lainnya, maka dapat diaplikasikan pada dinding Cafe. Selain itu, susunan batu juga dapat digunakan sebagai pijakan kaki di taman.

Iron Material

Besi merupakan material yang biasa digunakan untuk desain Industrial. Material besi akan dapat dengan mudahnya Anda jumpai pada Cafe dengan desain Industrial. Besi akan memberikan kesan yang sangat dingin dan maskulin pada tampilan Cafe Anda.

café industrial

pexels.com

Material besi ini biasanya digunakan untuk menjadi kerangka-kerangka seperti tangga, pilar  dan lain sebagainya. Selain itu, material besi juga biasa digunakan untuk kerangka properti seperti Okursi, meja, ambalan.

Besi yang biasa digunakan untuk tampilan sederhana adalah besi hollow 4×4 berwarna hitam. Sementara itu, untuk tampilan besi yang lebih gagah, kokoh, dan maskulin maka besi hollow dengan kanal C, kanal U, dan kanal H dapat menjadi pilihan Anda.

 

Baca Juga : Desain Eksterior Rumah Hitam Putih dengan Berbagai Gaya

 

Desain Cool Tone Colors

Pewarnaan pada cafe Industrial terbagi ke dalam dua tone, yaitu cool tone colors atau tipe warna yang dingin, dan warm tone colors.

Cool tone colors ini terdiri dari warna-warna monokrom seperti hitam, abu-abu, dan putih, bahkan silver. Perpaduan warna-warna tersebut akan menghasilkan nuansa yang sejuk nan dingin pada Cafe Industrial Anda. Selain itu, warna-warna tersebut juga cenderung menciptakan vibes yang maskulin.

pexels.com

Warna-warna seperti hitam dapat dihasilkan dari kerangka meja dan kursi yang terbuat dari material besi hollow hitam. Sedangkan warna silver dihasilkan dari peralatan dapur yang berbahan stainless steel.

Warna abu-abu dihasilkan dari material semen yang terekspos di dinding atau pun lantai. Dan untuk warna putih, dapat Anda hadirkan pada material linen yang membungkus bantalan kursi, ataupun selimut yang ada.

Desain Warm Tone Colors

Warm tone colors terdiri dari warna-warna alam seperti coklat, terakota, kuning, dan hijau. Perpaduan warna-warna tersebut akan melahirkan nuansa yang alami, hangat, nan syahdu.

Warna seperti coklat dihasilkan dari bongkahan kayu yang digunakan untuk material seperti meja dan kursi.  Untuk warna terakota sendiri dihasilkan dari elemen batu bata ekspose.

pexels.com

Selain itu, warna kuning dihasilkan dari ambience-ambience yang tercipta dari penerangan lampu cafe pada malam hari, atau dari semburat sinar mentari di pagi dan siang hari.

Sedangkan warna hijau dapat dihadirkan melalui eksistensi tanaman hias yang ada di taman ataupun di setiap pojokan Cafe. Baik warm tone colors maupun cool tone colors ini dapat Anda gunakan secara terpisah, atau dapat dipadukan untuk menjadi satu kesatuan yang seimbang.

Water and Electricity Open Installation

Untuk menghasilkan nuansa unfinished pada cafe Industrial tak hanya dengan menonjolkan elemen-elemen alami pada dinding bangunan saja. Melainkan juga dapat juga dengan membiarkan instalasi air ataupun listrik di langit-langit Cafe tetap terbuka.

pexels.com

Anda dapat membiarkan begitu saja perkabelan terlihat pada dinding-dinding cafe, atau pun pipa saluran air di atap cafe tanpa menutupnya dengan plafon. Dengan instalasi saluran air dan listrik yang terbuka, tentu akan memudahkan para teknisi untuk melakukan maintenance.

Tak hanya saluran air dan listrik, kolom-kolom bangunan yang melintang di tengah ruangan pun dapat dibiarkan saja terekspos tanpa perlu menyembunyikannya.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru