9 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik, Harus Anda Pertimbangkan!

mesin cuci front loading

Mesin cuci front loading adalah jenis mesin cuci dengan bukaan di bagian depan. Mesin cuci ini populer karena kepraktisan dan kenyamanan penggunaannya.

Apakah Anda sedang mencari rekomendasi mesin cuci front loading terbaik untuk rumah Anda? Jika iya, yuk simak baik-baik daftar referensinya di bawah ini!

Apa Itu Mesin Cuci Front Loading?

Seperti yang telah dibahas di atas, mesin cuci ini memiliki bukaan yang terdapat di bagian depan mesin. Mesin cuci front loading menggunakan drum yang bergerak secara horizontal, dan kebanyakan dilengkapi dengan bukaan transparan.

Keunggulan Mesin Cuci Front Loading

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mesin cuci front loading, di antaranya:

1. Cocok untuk area terbatas karena bukaannya di depan 

Keunggulan yang pertama adalah mesin cuci ini bisa diletakkan di area yang terbatas. Anda bisa meletakkannya di bawah kabinet dapur, atau storage yang bagian atasnya dipakai untuk menyimpan barang kebutuhan rumah tangga.

Kebanyakan mesin cuci front loading memiliki ukuran lebar dengan kapasitas 7-12 kg. 

2. Program mencucinya ada banyak, hingga belasan!

Keunggulan lain dari mesin cuci front loading adalah banyaknya variasi program mencuci yang dimilikinya. Anda bahkan bisa mencuci bahan-bahan pakaian khusus seperti wool, atau menggunakan air panas untuk mencuci.

3. Tingkat kebisingannya rendah

Tingkat kebisingan mesin cuci front loading ada dalam kisaran 45-55 dB. Karena tingkat kebisingannya rendah, Anda bisa leluasa mencuci pada malam hari.

4. Penggunaan airnya relatif hemat

Penggunaan air mesin mesin cuci front load berkisar 60-90 liter. Dibandingkan dengan jenis mesin cuci top load dan twin tub yang dapat membutuhkan air sebanyak 150-180 liter, mesin cuci front loading terbailang hemat.

Salah satu alasannya, mesin cuci front loading menggunakan sistem bantingan yang memberikan hasil cuci paling bersih.

5. Spin speed-nya tinggi

Spin speed atau tingkat kecepatan dari mesin cuci front loading dapat mencapai hingga 1.400 rpm! Sehingga pakaian yang sudah dicuci berada dalam kondisi lembap dan hanya perlu diangin-anginkan untuk kering.

Cara Memilih Mesin Cuci Front Loading Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci front loading di rumah Anda, ada beberapa tips memilih mesin cuci front loading terbaik. Yuk, simak!

1. Pilih kapasitas mesin cuci front loading yang tepat

Untuk Anda yang berpasangan, bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas 6-7 kg. Serta, kapasitas 8 kg ke atas untuk keluarga. Selain jumlah anggota keluarga di rumah, pahami juga kebiasaan berganti pakaian dan jenis cucian yang ada.

2. Carilah mesin cuci front loading dengan banyak program

Apabila Anda mengedepankan hasil, sangat disarankan untuk Anda mencari mesin cuci front loading yang menawarkan banyak program. Salah satunya adalah mode pencucian dengan uap yang dapat mensterilisasi bakteri hingga membunuh virus dan kuman.

3. Pilih mesin cuci front loading dengan fitur pemotongan waktu pencucian

Untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda perlu mengutamakan mesin cuci yang dapat memotong waktu pencucian. Beberapa jenis mesin cuci bisa memotong sampai 55-60 persen waktu, lho! Saat menggunakan fitur pemotongan waktu pencucian, durasi mencuci Anda hanya berkisar 1 jam 15 menit saja.

4. Pertimbangkan juga mesin cuci front loading dengan teknologi fuzzy

Tidak terlalu sering mencuci pakaian? Anda bisa memilih mesin cuci front loading dengan motor direct drive atau teknologi Fuzzy. Teknologi ini memungkinkan mesin cuci untuk bekerja sesuai dengan kapasitas.

5. Pilih juga mesin cuci front loading dengan mesin inverter dan energy label

Mengutamakan efisiensi energi? Maka dari itu, pilihlah mesin cuci dengan inverter dan energy label untuk menghemat penggunaan listrik.

Mesin cuci inverter dapat menyesuaikan daya listrik dengan proses mencuci. Contohnya, ketika tahap mencuci 50 watt, membilas 100 watt, dan spin 200 watt. Cara ini membuat pengeluaran energi menjadi lebih efisien!

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik untuk Rumah Anda

Setelah membaca informasi di atas, saatnya Anda menyimak beberapa rekomendasi mesin cuci front loading terbaik untuk rumah Anda. Ini rekomendasi kami!

1. Mesin Cuci Front Loading LG FV1285S5WS

Mesin Cuci LG FV1285S5WS memiliki body yang elegan, kokoh, serta tidak mudah berkarat. Mesin cuci satu ini dapat menampung pakaian dengan berat hingga 8.5 kg.

Tak hanya dapat mendeteksi berat cucian, produk ini juga dapat mengetahui tingkat kelembutan kain, lho! Bahkan ada teknologi LG Steam™ yang mampu mengeliminasi hingga 99.9% alergen, seperti debu halus. 

2. Mesin Cuci Front Loading Samsung WW80T3040BW

Rekomendasi yang kedua adalah mesin cuci Samsung WW80T3040BW. Dengan fitur Quick Wash, mesin cuci ini mampu mencuci hanya dalam hitungan 18 menit saja. Wow!

Tak cuma itu, mesin cuci ini juga punya fitur Drum Clean yang membantu menjaga mesin cuci tetap higienis dan segar. Cara fitur ini bekerja adalah dengan menghilangkan residu deterjen dan kotoran.

3. Mesin Cuci Front Loading Panasonic NA-128XB1WNE/LNE

Lalu, yang ketiga ada mesin cuci Panasonic front loading NA-128XB1WNE/LNE dengan kapasitas hingga 8 kg. Mesin cuci ini dapat digunakan untuk mencuci selimut, atau kain berat lainnya, lho!

Beberapa fitur yang melengkapinya antara lain adalah Eco Mode, HydroActive, serta tampilan LED. Daya listrik yang dibutuhkannya sebesar 200 Watt.

4. Mesin Cuci Front Loading Sharp ES-FL862

Keempat, ada mesin cuci Sharp ES-FL862! Dengan harga yang terjangkau, mesin cuci front loading ini dikenal dengan kualitasnya yang mumpuni.

Daya listriknya kurang lebih 200 Watt untuk proses mencuci normal. Selain itu, mesin cuci ini telah dilengkapi dengan teknologi Eco Logic yang bisa mendeteksi jumlah dan berat pakaian yang akan dicuci.

5. Mesin Cuci Front Loading Denpoo DFL-1085G

Butuh kapasitas mesin cuci yang besar? Denpoo DFL-1085G jawabannya!

Kapasitasnya mencapai 9 kg, lho! Sehingga Anda dapat menampung banyak cucian dalam satu kali sesi mencuci.

Keunggulan lain dari mesin cuci ini adalah daya listriknya yang juga cukup rendah serta fitur anti bakteri untuk melindungi pakaian dari kuman.

6. Mesin Cuci Front Loading Electrolux UltimateCare™ EWF14113

Rekomendasi mesin cuci front loading yang keenam adalah Electrolux UltimateCare™ EWF14113! Salah satu keunggulan utamanya adalah kapasitasnya yang sangat besar, mencapai 11 kg.

Selain itu, ada teknologi UltraMix di dalamnya yang mampu menjaga warna pakaian tetap terjaga. Fitur canggih lainnya adalah Vapour Care yang fungsinya mencegah munculnya zat-zat alergi pada cucian serta mengurangi kusut pada pakaian.

7. Mesin Cuci Front Loading Hitachi BD-W90XWV

Dengan fitur Auto Self Clean, mesin cuci dari Hitachi ini dapat menjadi pertimbangan utama Anda. Fitur ini memungkinkan tabung mesin cuci berada dalam mode pembersihan setiap kali selesai mencuci.

Tak hanya itu, mesin cuci ini juga dilengkapi antibakteri dan antijamur. Fitur yang sangat penting, nih!

8. Mesin Cuci Front Loading AQUA Eco Wash FQW-850636QD

Apakah Anda mencari mesin cuci dengan budget terjangkau? Coba cari tahu tentang mesin cuci AQUA Eco Wash FQW-850636QD, deh!

Sudah dilengkapi dengan teknologi Eco Inverter, mesin cuci ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah. Serta teknologi Dual Spray untuk membersihkan sisa residu yang tertinggal setelah mencuci dengan efektif.

9. Mesin Cuci Front Loading Sanken SFL-6600E

Rekomendasi mesin cuci front loading terbaik yang terakhir adalah Sanken SFL-6600E! Dengan fitur A+++ dan eco wash, mesin cuci ini dapat mengurangi penggunaan daya listrik sampai dengan 30%!

Kelebihan lain dari mesin cuci merek Sanken ini adalah fiturnya untuk menunda waktu pencucian otomatis dari mulai 1 sampai 24 jam. Apakah Anda tertarik membelinya?

Demikian beberapa rekomendasi mesin cuci front loading terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Kira-kira dari daftar di atas, yang mana yang paling menarik perhatian Anda?

Artikel Terkait

Artikel Terbaru