Mengenal Konsep Rumah Scandinavian Design yang Menarik

Rumah dengan konsep Scandinavian design merupakan model bagunan di negara-negara Skandinavia atau Eropa Utara. Model rumah sederhana, minimalis, dan cenderung menggunakan warna dasar seperti cokelat, putih, hijau, dan sejenisnya memang terbilang sangat menarik.

Untuk Anda yang ingin membangun atau memiliki hunian, berikut adalah ulasan mengenai rumah dengan konsep Scandinavian yang menarik.

Prinsip Rumah Model Scandinavian

Prinsip dari model rumah ini yakni lebih mengembangkan keindahan atau estetika serta untuk mempermudahkan penghuninya dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Para desainer rumah Scandinavian hanya menggunakan furniture yang sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Scandinavian design

pexels.com

Sebagian besar perabotan yang ditemukan dalam rumah model ini hanya furniture yang benar-benar diperlukan saja.

Ciri Khas Rumah dengan Konsep Scandinavian

Untuk mengenali rumah dengan konsep ini, ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh model rumah Scandinavian. Ciri-ciri tersebut dapat Anda simak dalam uraian berikut ini.

  • Menggunakan Warna Netral

pexels.com

Bagian fasad atau interior rumah bergaya Scandinavian ini menggunakan warna netral. Umumnya, warna putih lebih mendominasi bagunan dengan model ini. Warna kombinasi yang digunakan biasanya berwarna ringan dan cerah seperti biru muda, hijau muda, dan warna netral lainnya.

  • Menggunakan Aksen Rustic

Ciri berikutnya dari bagunan model Scandinavian yakni menggunakan perabotan berbahan kayu yang berkonsep rustic. Furniture ini menjadi salah satu komponen umum yang dikombinasikan dengan ruangan-ruangan bergaya Scandinavian

  • Interior yang Kental dengan Nuansa Eropa Utara

pexels.com

Interior rumah yang khas Scandinavian menjadi salah satu ciri-ciri dari hunian bergaya Scandinavian. Sebagai contohnya adalah taplak meja, karpet, dan gorden yang sederhana dan hangat. Hal tersebut dikarenakan konsep rumah yang satu ini jarang menggunakan warna yang mencolok.

  • Ukuran Jendela yang Cenderung Lebih Besar

Sebagian besar rumah dengan gaya Scandinavian memanfaatkan penerangan secara langsung menggunakan sinar matahari. Oleh karena itu, rumah bergaya ini menggunakan jendela dengan ukuran yang relatif lebih lebar dan besar.

pexels.com

Penggunaan jendela yang lebar akan memaksimalkan berkas sinar matahari masuk dalam ruangan Anda.

 

Baca Juga : Warna Cat Rumah Elegan yang Netral dan Kekinian

 

  • Menggunakan Perabotan Berbahan Kayu

Material kayu sering digunakan sebagai material bangunan untuk fasad atau interior rumah bergaya Scandinavian design. Material ini biasa diaplikasikan pada lantai, pintu, furniture, dan langit-langitnya.

pexels.com

Adapun alasan yang melatarbelakangi penggunaan material kayu adalah supaya terlihat hangat. Selain hal itu, warna putih atau cokelat muda pada elemen kayu juga menjadi alasan penggunaan material ini.

  • Menggunakan Dekorasi Natural

Desain interior rumah bergaya Scandinavian cukup sederhana, sehingga penggunaan dekorasinya juga  natural. Beberapa dekorasi natural sebagai hiasan interior yakni dekorasi kayu, pot tanaman indoor, dan sebagainya. Meskipun terlihat sederhana, namun  memiliki nilai estetika tersendiri.

pexels.com

 

Untuk menghadirkan nuansa alam dalam ruangan hunian, Anda dapat menambahkan beberapa tanaman sebagai dekorasi interior. Dekorasi ini dapat memberikan kesan yang nyaman dan sejuk, dilain sisi juga dapat digunakan sebagai pemanis ruangan.

  • Menggunakan Perabotan yang Sederhana

Ciri-ciri terakhir dari rumah bergaya Scandinavian adalah menggunakan furnitur yang sederhana. Kesan dari hunian bergaya ini cenderung sederhana dan elegan.

pexels.com

Ini akan membuat furnitur yang digunakan untuk eksterior maupun interior juga terlihat simpel dan memiliki nilai guna sebagaimana mestinya. Perabotan tersebut seperti meja makan, kursi atau sofa, meja, dan sebagainya.

Tips Membangun Rumah Bergaya Scandinavian

pexels.com

Karakteristik dari gaya rumah ini yang cukup menawan, dapat Anda adopsi sebagai desain hunian Anda. Berikut ada beberapa tips untuk membuat rancangan rumah bergaya Scandinavian di Indonesia:

  • Menyiapkan Lahan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menyiapkan lahan untuk halaman. Karena gaya rumah ini mengandung unsur alam seperti ruangan hijau dan terbuka. Lahan tidak perlu lebar bisa hanya beberapa meter saja.

  • Melapisi Lantai dengan Kayu

Salah satu karakteristik dari gaya Scandinavian adalah lantai yang terbuat dari material kayu. Beberapa ruangan juga dilengkapi dengan karpet yang minimalis untuk menambah nilai estetika dan hangat.

  • Menggunakan Warna Netral

Karakteristik dari rumah bergaya Scandinavian Design berikutnya yakni menggunakan warna-warna yang netral. Anda dapat mengaplikasikan warna tersebut untuk cat atau perabotan lainnya.

  • Membatasi Jumlah Furnitur

Anda dapat memaksimalkan pemilihan perabotan berdasarkan dengan nilai gunanya saja. Pilihlah dan tentukan perabotan yang Anda gunakan dalam rumah secara bijak.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru