Budikdamber: Pengertian, Konsep, Serta Kelebihannya

Budikdamber merupakan sebuah metode baru dalam dunia pertanian, untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan terbatas. Metode ini cukup diminati, karena petani bisa mendapatkan tambahan penghasilan meskipun hanya memiliki lahan terbatas.

Pengertian Budikdamber

Budikdamber merupakan singkatan dari budidaya ikan dalam ember. Seperti namanya, metode ini merupakan metode baru dalam dunia pertanian dan perikanan dengan membudidayakan ikan dan sayuran dalam satu lahan atau wadah, yaitu ember

usaha dengan modal kecil budikdamber

pinterest.com

Metode budidaya ikan dan sayuran, sebenarnya bukan tergolong metode baru. Sebelumnya, sudah banyak metode dengan sistem sebutan tumpang sari. Di mana dalam satu lahan ditanami berbagai jenis tanaman.

Yang membedakan adalah, budidaya ini memanfaatkan lahan berupa ember untuk budidaya ikan dan tanaman. Metode ini cocok digunakan untuk yang tidak memiliki lahan luas, karena ember bisa diletakkan di mana saja di area sekitar rumah.

Untuk saat ini, jenis ikan yang bisa dibudidayakan dengan metode ini adalah ikan lele, ikan patin, ikan gurami, ikan gabus, dan ikan betok. Alasannya, ikan-ikan tersebut merupakan jenis ikan yang tahan dengan oksigen rendah, sehingga bisa hidup dalam wadah sempit.

Sedangkan jenis sayuran yang bisa dibudidayakan adalah kangkung, bayam, selada, sawi, dan pakcoy. Alasannya hampir sama, jenis sayuran tersebut bisa hidup di lahan sempit, mudah dibudidayakan, serta memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Konsep Metode Budikdamber

Bagaimana metode budidaya ikan dan sayuran dalam satu wadah ini dikembangkan? Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, konsep dari budidaya ini adalah membudidayakan ikan dan sayuran dalam satu wadah, yaitu ember.

pinterest.com

Ini merupakan metode yang bisa digunakan oleh petani dan juga rumah tangga yang memiliki keterbatasan luas lahan. Dengan metode ini, petani dan rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan tambahan meskipun tidak memiliki lahan yang luas.

Metode ini muncul dengan pertimbangan, bisa tercapainya pemenuhan kebutuhan ikan dan sayuran untuk konsumsi sehari-hari yang bisa dilakukan oleh masing-masing keluarga. Selain itu, budidaya ikan dan sayuran ini memiliki peluang besar untuk dijadikan usaha.

Budidaya ikan dan sayuran ini dilakukan dengan konsep menggunakan satu lahan /wadah untuk mengembangkan dua jenis budidaya sekaligus, yaitu ikan dan sayuran. Oleh karena itu, dalam metode ini dipilih jenis ikan dan sayuran yang bisa berdampingan dan saling menguntungkan.

 

Kelebihan Metode Budikdamber

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan metode budikdamber ini. Tidak heran, metode ini banyak digunakan oleh petani dan juga kalangan rumah tangga. Kelebihan dari metode budidaya ikan dan sayuran dalam satu wadah ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tidak Membutuhkan Lahan Luas

Sesuai dengan konsep yang dijalankan, metode budidaya ini sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan lahan yang luas. Metode ini sangat tepat dilakukan oleh petani yang memiliki lahan terbatas.

Wadah ember yang digunakan bisa diletakkan di mana saja di area sekitar rumah sehingga sangat menghemat tempat. Metode ini juga bisa diterapkan oleh masyarakat perkotaan dan daerah-daerah yang padat penduduk.

  • Bisa Dijalankan Dengan Modal Kecil

Untuk memulai budidaya ini, tidak harus menyediakan modal dalam jumlah besar. Hanya membutuhkan persiapan alat berupa ember, probiotik, bibit ikan lele dan pakan ikan lele. Untuk tahap awal, bisa dimulai dengan modal kecil dan memanfaatkan peralatan yang ada.

  • Pemeliharaan Mudah

Budidaya ikan dan sayuran ini juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Karena pada dasarnya jenis ikan dan sayuran yang dipilih merupakan jenis ikan dan sayuran yang mudah untuk dikembangkan. Budidaya ini bisa dijalankan oleh yang memiliki waktu terbatas.

Terpenuhinya Kebutuhan Ikan Dan Sayuran

Keuntungan yang bisa langsung dirasakan adalah terpenuhinya kebutuhan ikan dan sayuran sehari-hari. Seperti diketahui, ikan dan sayuran merupakan jenis nutrisi sumber protein, vitamin dan mineral. Jadi, budidaya ini bisa meningkatkan gizi keluarga.

  • Menambah Penghasilan

Keuntungan lainnya dari budidaya ikan dan sayuran ini bisa menambah penghasilan bila dijalankan oleh keluarga. Dalam skala yang lebih besar, budidaya ini bisa  dikembangkan menjadi sebuah usaha.

Metode budikdamber ini tidak sulit untuk dikembangkan. Karena dengan modal kecil dan lahan terbatas, petani atau keluarga bisa mendapatkan keuntungan yaitu meningkatkan penghasilan. Lebih penting lagi, budidaya ini bisa turut melestarikan lingkungan.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru