Material Table Top yang Bagus untuk Dapur

Lapisan yang terletak di permukaan kabinet bawah pada kitchen set, dan bentuknya menyerupai daun meja disebut table top atau top table. Komponen di dapur yang satu ini mempunyai peran penting. Sebaiknya, material pembentuknya tidak dipilih secara sembarang, berikut rekomendasinya.

Granit

Asal material yang satu ini yaitu bebatuan alami. Bahkan, granit bisa membantu tampilan dapur tampak lebih mewah. Material yang satu ini memang tidak asing untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan top table.

table top granit

pexels.com

Tidak sedikit komponen di dapur yang satu ini, dibuat dengan batu granit serta mengusung motif bintik-bintik warna gelap, sehingga tidak cepat kotor.

Bukan hanya menampilkan kesan mewah, granit juga dikatakan kuat. Namun, pori dari material alami ini cukup besar, jika terkena cairan, maka Anda harus sering-sering membersihkannya.

Stainless Steel

Kesan kokoh bisa ditampakkan top table dari keaslian warna logam stainless steel. Bahkan, komponen di dampur yang satu ini cenderung terkesan profesional, lewat penggunaan material dasar stainless steel. Biasanya, material stainless steel sering dijumpai pada dapur restoran serta hotel.

pexels.com

Bukan hanya memiliki sifat yang kuat, stainless steel juga anti karat, mampu menahan api, menahan cairan, serta anti pecah. Dengan sifatnya yang seperti itu, maka bisa dipertimbangkan top table dengan material tersebut bagi dapur Anda.

Marmer

Marmer merupakan material dengan tampilan terkesan glamour, mewah, modern serta unik. Material yang satu ini pun anti gores, kuat, serta tahan panas, jika aktivitas memanggang serta memasak di dapur itu sering, maka material ini cocok dipilih.

pexels.com

Batu alam yang memiliki permukaan dingin, bersih, halus, serta warna dan corak beragam disebut marmer. Karena mempunyai pori-pori cukup besar, maka noda dan air mudah terserap oleh marmer. Selain itu, kepadatan dan kekuatan material ini, tidak melebihi granit.

Penampilan marmer akan semakin tampak kusam, jika Anda tidak membersihkannya dengan rajin. Karena itu, poleslah marmer dengan berkala.

 

Baca Juga : Jenis Tanaman Sukulen yang Banyak Dijumpai Saat Ini

 

Solid Surface

Material yang satu ini merupakan hasil perpaduan dari resin akrilik dan polyester, bahkan, solid surface sering dikatakan granit imitasi. Karena penampilannya yang sangat mirip, solid surface juga tersedia dengan macam-macam motif serta warna sangat menawan.

pexels.com

Karakter dari solid surface yaitu padat, dan dikatakan aman dari bahan makanan serta air, sebab tidak mempunyai pori.

Dikatakan, top table yang mengusung solid surface bisa digabungkan dengan material sejenis, namun, tidak terlihat disambung.  Hal tersebut menjadikan tampak bersih dan mulusnya penampilan top table.

Teraso Keramik

Terasa keramik menjadi salah satu material table top yang bisa Anda pilih. Material buatan ini merupakan perpaduan dari pecahan marmer, semen, tegel, kaca dan pasir. Jadi, tampilan teraso ini tampak lebih colorfull, unik, serta beragam.

pexels.com

Mayoritas, teraso digunakan untuk pelapis lantai, kini, mulai dimanfaatkan sebagai material top table. Lapisan top table yang mengusung teraso, membantu menjadikan kitchen set minimalis tampak lebih artsy. Selain itu, ruangan bisa memiliki elemen dekorasi tambahan dengan adanya motif yang unik.

Kayu Solid

Kayu solid memang mempunyai penampilan yang cantik serta terlihat alami. Karena itu, mayoritas dapur berkonsep klasik, memakai kayu solid untuk bahan top table. Bisa dikatakan, bobot material kayu solid tidak terlalu berat, serta dapat menyajikan nuansa hangat dari tekstur alaminya.

pexels.com

Sebenarnya, material yang satu ini lebih cocok diaplikasikan pada dapur kering. Karena, kayu solid bisa dikatakan rawan, jika diaplikasikan pada dapur basah, lokasi untuk memasak, cuci piring, dan sebagainya.  Sebab, tingkat kelembaban dikhawatirkan dapat memberikan pengaruh terhadap keawetan material ini.

Multipleks dengan Lapisan HPL

Jika Anda mencari top table dengan material lebih ekonomis, namun, tetap menyajikan penampilan elegan, maka material multipleks dengan lapisan finishing HPL, bisa dipertimbangkan.

Meskipun ekonomis, jika dilihat segi tampilan, material ini masih mampu disesuaikan dengan macam-macam konsep ruangan. Terdapat berbagai warna dan motif untuk bagian finishing HPL, sehingga banyak pilihan yang bisa diambil.

pexels.com

Beberapa pilihan material table top tersebut bisa Anda pertimbangkan, sebagai salah satu upaya memperoleh desain interior dapur yang cantik. Tentunya, setiap material mempunyai karakter serta hasil cenderung berbeda, karena itu, Anda bisa mempertimbangkannya dengan biaya, fungsionalitas, dan lainnya.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru