Macam-Macam Rumput: Jenis, Kelebihan, dan Tips Perawatan untuk Taman Anda

macam macam rumput

Sedang mendesain ulang taman rumah dan mempelajari macam-macam rumput? Kalau iya, maka artikel ini dapat menjadi sumber informasi Anda!

Ada banyak jenis rumput taman yang dapat digunakan untuk meningkatkan nilai estetika area outdoor rumah Anda. Kehadiran macam-macam rumput ini juga membantu membuat suasana lebih segar dan sejuk. Selain itu, rumput juga dapat menyerap air dan mengurangi debu.

Ingin tahu apa saja macam-macam rumput untuk taman rumah Anda? Simak pembahasannya di bawah ini!

Jenis-Jenis Rumput Hias untuk Taman Rumah

Ada banyak macam-macam rumput hias yang bisa Anda gunakan untuk mendekorasi area taman atau halaman belakang rumah Anda. Jenis rumput ini meliputi rumput liar maupun rumput sintetis. Yuk, pelajari detail informasinya di sini!

1. Rumput Gajah Mini

Jenis rumput yang pertama adalah rumput gajah mini! Seperti namanya, jenis rumput satu ini cocok untuk ditempatkan di taman minimalis.

Cara tumbuhnya menyamping dengan daun yang tidak tumbuh tinggi. Rumput ini juga membutuhkan perawatan yang minim karena tidak harus dipangkas secara rutin dan tahan akan segala cuaca.

Poin plusnya lagi, harganya pun terjangkau! Tertarik dengan jenis rumput ini?

2. Rumput Gajah Mini Varigata

Mirip-mirip dengan jenis rumput sebelumnya, rumput gajah mini varigata atau rumput gajah mini putih dikenal dengan motifnya yang cantik. Ada garis putih di setiap bagian rumputnya.

Perawatannya pun minimalis seperti rumput gajah mini biasa. Hanya saja kisaran harganya lebih tinggi.

3. Rumput Gajah Besar

Selain itu, ada juga jenis rumput gajah besar yang juga cocok ditempatkan pada halaman rumah yang lebih lega. Jenis rumput ini biasanya digunakan pada lahan lapangan bola karena juga lebih tahan terhadap pijakan kaki.

4. Rumput Kucai Mini

Berikutnya, ada jenis rumput kucai mini yang bisa jadi opsi untuk taman indoor. Rumput kucai mini mampu bertahan dalam suhu ruang hunian dan tidak harus terkena sinar matahari langsung. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan sirkulasi cahaya dan udaranya, ya!

5. Rumput Manila

Rekomendasi rumput taman yang berikutnya adalah rumput manila. Pernah dengar soal jenis rumput ini?

Dikenal juga dengan nama rumput zoysia, rumput ini punya bentuk daun yang runcing dan bertekstur lembut. Biasanya, rumput manila banyak ditanam di area taman depan rumah.

6. Rumput Teki 

Berikutnya, ada rumput teki yang merupakan satu jenis rumput liar. Rumput teki dapat tumbuh di area kering atau basah.

Daun dan batang rumputnya dapat mencapai tinggi hingga 140cm. Karena itulah, Anda perlu melakukan pemangkasan rutin untuk merapikannya, ya!

7. Rumput Ilalang / Alang-alang

Pernah dengan soal rumput ilalang atau alang-alang? Yup, jenis rumput ini memang mudah ditemui di pinggiran jalan!

Rumput ilalang biasanya tumbuh bergerombolan di area tertentu untuk memudahkan penyebaran benih bijinya. Tekstur dari rumput ini cenderung kaku dan tipis.

8. Rumput Grinting

Ada juga jenis rumput grinting yang mampu bertahan hidup di musim kemarau. Rumput grinting biasanya banyak dimanfaatkan untuk menjadi pakan hewan ternak, lho!

Rumput ini memiliki akar serabut yang banyak dan kuat, sehingga dapat membuat tanah menjadi padat dan tidak mudah longsor.

9. Rumput Jepang

Selain itu, ada juga jenis rumput jepang yang teksturnya serupa dengan rumput manila. Rumput ini bentuknya runcing dan tipis. Karakteristik tersebut membuat taman rumah Anda akan terlihat rapat dan halus.

Anda bisa menggunakan rumput jepang pada area taman depan rumah. Dengan catatan, tidak terlalu sering mendudukinya, ya!

10. Rumput Peking

Lanjut, ada jenis rumput peking yang ciri khasnya juga kurus, runcing, dan rapi. Akan tetapi, jenis rumput ini lebih jarang tumbuhnya.

Rumput peking sebenarnya lebih cocok digunakan di area yang jarang dilalui manusia. Karena memerlukan perawatan rutin dan mudah menguning jika tidak terkena cahaya matahari.

11. Rumput Swiss

Apakah Anda mempersiapkan budget yang lumayan banyak untuk area taman Anda? Jika iya, Anda bisa mencoba rumput Swiss!

Rumput ini membutuhkan perawatan tinggi karena kelembapan rumput serta pupuk area yang perlu dijaga. Perawatan ini penting untuk mencegah rumput liar tumbuh dan mengganggu tumbuhnya rumput swiss di taman rumah Anda.

Rumput swiss memiliki warna hijau yang vibrant dan segar. Teksturnya pun relatif halus sehingga aman untuk menjadi tempat duduk santai bersama keluarga.

12. Rumput Golf

Seperti namanya, rumput golf memang diperuntukkan untuk area lapangan golf. Bentuknya lebih bergelombang dan teksturnya lembut.

Ciri khas lainnya, jenis rumput ini tumbuh secara vertikal. Karena itulah, pemotongannya juga relatif lebih mudah.

6 Tips Memilih Jenis Macam-macam Rumput Taman

Setelah mempelajari macam-macam jenis rumput taman, Anda juga perlu mengetahui apa saja tips memilihnya. Check this out!

1. Pelajari Iklim dan Kondisi Tanah

Salah satu tips terpenting untuk memilih jenis rumput taman adalah menyesuaikannya dengan iklim dan kondisi tanah di rumah Anda. Cari tahu apa saja jenis rumput yang tahan terhadap cuaca panas, atau bahkan lebih cocok untuk ditanam di iklim sejuk.

Selain itu, Anda juga mencari tahu pH tanah, tingkat kelembapan, dan paparan sinar mataharinya. Penting, nih! 

2. Jangan Lupa Perhatikan Kebutuhan dan Ketersediaan Air

Tips yang kedua adalah dengan memerhatikan kebutuhan air dan ketersediaannya di taman. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis rumput memang membutuhkan asupan air yang lebih banyak.

Apabila Anda tinggal di lingkungan yang curah hujannya rendah, sebaiknya pilihlah jenis rumput yang tidak membutuhkan banyak asupan air atau tahan kekeringan.

3. Lakukan Perawatan yang Tepat

Sebelum membeli, pilihlah jenis rumput yang memang sesuai dengan kemampuan perawatan Anda. Seberapa rutin Anda akan melakukan perawatan juga menjadi penentu dari keindahan taman Anda, lho!

Ada beberapa jenis rumput yang perlu perawatan intensif, mulai dari penyiraman hingga pemupukkan teratur. Tapi, ada juga jenis-jenis rumput yang lebih kuat dan tahan akan segala kondisi ekstrem.

4. Pertimbangkan Penggunaan Taman ke Depannya

Apakah area taman Anda akan digunakan sebagai aktivitas rekreasi atau sebagai elemen dekoratif saja? Hal itu perlu Anda cari tahu sebelum Anda memutuskan untuk mendekorasinya.

Dengan mempertimbangkan penggunaan taman rumah ke depannya, Anda bisa memilih jenis rumput yang cocok. Jika taman akan sering dikunjungi, pilihlah jenis rumput yang tahan pijakan kaki.

5. Hitung Budget Pembelian dan Pemeliharaan Rumput

Tahapan yang gak boleh dilewatkan adalah mempertimbangkan dan menghitung budget pembelian dan pemeliharaan rumput taman Anda. Jangan memaksakan diri, ya!

Apabila Anda sudah mengatur budget dari jauh-jauh hari, Anda bisa memilih jenis rumput yang memang sesuai anggaran. Hitunglah biaya pemeliharaan secara keseluruhan dalam jangka waktu yang panjang.

6. Perhatikan Juga Tingkat Cahaya Matahari

Tips yang terakhir adalah dengan memerhatikan seberapa banyak paparan sinar matahari pada area taman. Sesuaikan dengan jenis rumput yang akan Anda pilih, ya! 

Itu dia artikel lengkap yang membahas tentang macam-macam jenis rumput untuk area taman Anda. Semoga artikel di atas dapat menambah inspirasi untuk hunian kesayangan Anda, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru