18 Macam-macam Kursi yang Bisa Berfungsi di Rumah, Apa Saja?

macam macam kursi

Terdapat macam-macam kursi yang dapat Anda gunakan di berbagai ruangan di rumah. Masing-masing jenis kursi itu memiliki ciri khas serta fungsi yang berbeda.

Apakah Anda sedang mencari tahu macam-macam kursi yang Anda butuhkan di rumah? Kalau iya, artikel ini dapat menjadi acuan informasinya.

Yuk, telusuri informasi lengkapnya dalam tulisan berikut!

Macam-macam Jenis Kursi

Ada berbagai jenis kursi yang bisa Anda gunakan di rumah. Apa saja macam-macam kursi? Berikut uraiannya:

1. Tub Chair

Charles F Montgomery, seorang desainer Amerika memberi nama Tub Chair karena bentuknya yang menyerupai bak mandi. Kursi ini berasal dari abad ke 18 di Perancis, dan pertama digunakan oleh Raja Louis XV ketika mengadakan pengadilan.

Karena kenyamanannya, kursi ini pun digunakan juga oleh Ratu Inggris Victoria sebagai kursi pelengkap di klub. Struktur kursi ini cocok untuk bersantai dan direkomendasikan untuk pasien yang menderita cedera pada punggung.

2. Wing Back Chair

Wing Back Chair mulai populer pada tahun 1720. Pada sejarahnya, kursi ini digunakan untuk melindungi dari paparan angin atau panas berlebihan di depan perapian. 

Di zaman modern ini, wing back chair sering diletakkan pada ruang baca karena dapat digunakan untuk menyandarkan kepala. Desainnya yang antik juga menambah kesan mewah dan elegan. Tertarik meletakkannya di rumah Anda? 

3. Bergere

Satu lagi kursi bersejarah yaitu kursi bergere yang juga disebut sebagai kursi raja dengan sebutan ‘Fauteuil’ atau ‘kursi’ dalam bahasa Perancis.

Kursi ini muncul pada tahun 1600 mendekati akhir masa pemerintahan Louis XIV di Perancis. Dia era Régence (tahun 1710 – 35), desain sofa ini diubah dengan gaya lengkung yang simetris.

4. Slipper

Di awal abad ke 18 di Eropa, kursi slipper digunakan oleh perempuan di masa itu untuk memudahkan mereka menggunakan alas kaki. Dari sanalah istilah kursi slipper muncul.

Kemudian, di tahun 1950-an, Billy Baldwin seorang dekorator asal Amerika mendesain ulang kursi ini. Sehingga sekarang sudah dapat digunakan dengan banyak fungsi di hunian rumah.

5. Lawson Armchair

Yang kelima ada Lawson Armchair yang merupakan pesanan langsung dari Thomas Lawson, seorang  pengusaha dan penulis.

Ciri khas dari kursi ini adalah lengannya yang lebih rendah dibandingkan punggungnya. Lengkungan lengannya membuat tampilannya menjadi lebih simpel dan elegan.

Jenis kursi ini cocok digunakan untuk interior bergaya klasik maupun kontemporer.

6. Club Chair 

Club Chair sangat populer pada abad ke 17 di Inggris. Keunggulannya adalah kualitasnya yang nyaman dan empuk dengan pendamping dudukan yang lebar.

Kemungkinan besar penamaan ‘club chair’ berasal dari gentlemen’s club atau klub pria kelas atas di Inggris pada abad ke-18.

7. Occasional Chair

Jenis kursi yang berikutnya adalah Occasional Chair! Sejarahnya, kursi aksen ini berfungsi sebagai kursi tambahan ketika ada tamu berkunjung ke rumah.

Dalam pendekatan kontemporer, kursi ini mampu meningkatkan nilai estetika ruang tamu rumah Anda.

8. Side Chair

Side Chair adalah salah satu jenis kursi tunggal dengan sandaran belakang. Namun, kursi ini tidak memiliki sandaran tangan.

Karena bentuknya yang kasual dan bobotnya yang ringan, kursi ini dapat Anda letakkan hampir di seluruh ruangan rumah. Mulai dari ruang kerja, teras, dapur, hingga ruang makan.

9. Dining Chair

Dining Chair atau kursi makan adalah jenis kursi yang memang diperuntukkan untuk area ruang makan. Anda bisa mendapatkan kursi makan ini saat membeli satu set meja makan.

Yang menjadi pembeda dari dining chair dan side chair adalah permukaan dudukannya yang datar dan sandaran belakang yang lebih tinggi. Dengan begitu, Anda dan keluarga dapat merasa lebih nyaman saat menyantap hidangan di ruang makan.

10. Armchair

Lalu, ada juga jenis kursi tunggal, Amchair! Ciri khasnya tentu terletak pada sandaran tangan di sisi kiri maupun kanan.

Fungsinya juga beragam, sehingga dapat Anda gunakan untuk kursi kerja, kursi santai, kursi tamu, hingga kursi ruangan baca. Pasti Anda sudah tidak asing dengan jenis kursi satu ini, kan?

11. Sofa

Macam-macam kursi yang berikutnya adalah sofa yang memiliki ciri khas sandaran belakang dan sandaran tangan di ujung kanan dan kiri. Sofa juga dikenal dengan lapisan busa lembut dan tebal.

Lapisan busa itu bisa menyatu dengan rangka konstruksi maupun terpisah. Selain itu, ukurannya pun beragam.

Anda bisa meletakkan sofa di area rumah yang menjadi pusat berkumpul. Mulai dari area ruang tamu, ruang keluarga, dan sebagainya.

12. Loveseat

Pernah dengan soal kursi Loveseat? Kursi ini didesain khusus dengan ukuran lebih pendek dari sofa dan hanya bisa diduduki oleh dua orang saja.

Anda bisa meletakkan Loveseat pada area ruang tamu atau ruang keluarga. Serta, kamar tidur yang menjadi tempat peristirahatan Anda dan pasangan.

13. Footstool / Pouffe / Ottoman

Jenis sofa yang berikutnya ini memiliki banyak istilah, mulai dari Footstool, Pouffe, atau Ottoman. Kursi ini dapat digunakan sebagai ornamen pelengkap.

Bentuk dari kursi ottoman adalah kotak atau persegi panjang dengan ketinggian yang relatif rendah. Manfaatnya adalah menjadi tempat untuk meletakkan kaki saat duduk di kursi lain.

14. Sofa Bed

Sofa Bed adalah satu satu furnitur multifungsi yang populer di pasaran. Jenis kursi ini dapat Anda letakkan di area rumah minimalis atau apartemen. Seperti namanya, sofa ini dapat digunakan sebagai sofa maupun tempat tidur.

15. Corner Sofa

Corner Sofa adalah salah satu jenis sofa yang dapat Anda letakkan di area sudut. Jenis kursi satu ini sangat sering digunakan untuk area ruang keluarga.

Terutama jika Anda membutuhkan furnitur yang bisa berfungsi sebagai pemberi batas di ruangan keluarga.

16. Lounge Chair

Ada juga kursi santai jenis lounge chair dengan dudukan rendah dan sandaran yang condong ke belakang. Cocok banget buat Anda yang hobi rebahan!

Selain diletakkan di dalam ruangan rumah, Anda juga bisa menaruh lounge chair di area teras tempat Anda bersantai.

17. Bench

Bench adalah jenis bangku yang berbentuk panjang dan dapat diduduki oleh beberapa orang. Kursi ini dapat ditemukan di area taman atau luar ruangan.

Dengan sandaran yang tegak, kursi ini juga dapat digunakan untuk bersantai. Tertarik untuk membelinya dan meletakkan di halaman rumah Anda?

18. Bar Stool

Jenis kursi yang terakhir adalah Bar Stool atau kursi bar. Bentuk kursi ini tinggi karena diperuntukkan memudahkan seseorang mengambil pesan minuman atau makanannya di bar.

Anda juga bisa meletakkannya di dapur dengan konsep terbuka. Biasanya, ada juga pijakan kaki pada bagian bawahnya, serta dudukan kursi yang dapat diputar dan diatur ketinggiannya.

Itu dia beberapa macam-macam kursi yang dapat Anda miliki di rumah. Ternyata ada banyak jenis kursi dan manfaatnya, ya?

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Yuk, telusuri artikel-artikel menarik nan informatif lainnya pada blog kami!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru