Tips Menanam Bunga Matahari di Taman Depan Rumah

Bunga matahari merupakan salah satu tumbuhan yang cukup indah untuk dipilih dan ditanam di taman depan rumah. Akan tetapi, Anda harus mengetahui bagaimana tips menanam dengan benar agar bunga ini tumbuh subur dan tampak indah. Simak tips lengkapnya berikut ini.

Menentukan Lahan untuk Area Tanam

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan lahan untuk area tanam bunga tersebut. Hal yang harus diperhatikan antara lain adalah pH dan jenis tanah. Bunga ini bisa tumbuh subur dan berkualitas apabila ditanam di lahan yang memiliki pH sekitar 6,0 hingga 7,5.

menentukan lahan untuk taman bunga matahari

pexels.com

Tak hanya itu saja, cobalah untuk memperhatikan kondisi lingkungan taman depan rumah agar bunga ini bisa bertumbuh dengan baik. Pastikan area taman depan rumah merupakan tempat teduh dan tidak ada atap yang berpotensi roboh.

Berikutnya, area taman depan rumah harus terkena paparan sinar matahari yang cukup karena akan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Selain itu, sistem drainase di area lahan tanam juga penting agar kebutuhan airnya bisa terpenuhi dengan baik.

Memilih Jenis Bibit Bunga Matahari

Memilih jenis bibit bunga matahari yang bagus merupakan tips berikutnya yang harus diterapkan ketika ingin menanamnya di taman depan rumah. Ada beberapa jenis yang bisa dipilih, yaitu untuk dibudidayakan, untuk diambil bijinya, atau dijadikan sebagai tanaman hias.

pexels.com

Bunga ini memiliki bentuk biji kuaci dan bibit yang mirip, sehingga harus jeli dalam membedakannya agar tidak salah pilih. Jenis bibit pertama yang dipilih adalah mammoth grey dengan warna putih, ukuran besar, dan corak garis coklat hitam.

Selanjutnya, ada bunga jenis velvet queen yang memiliki ukuran lebih kecil apabila dibandingkan dengan mammoth grey. Terakhir, Anda bisa memilih jenis bibit evening sun apabila ingin memiliki bunga yang variasi warnanya beraneka ragam.

Menyemai Bibit yang Dipilih

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ketika ingin menanam bunga ini d taman rumah, yaitu menyemai bibit pilihan dengan baik. Penyemaian bibit ini bertujuan agar nantinya pertumbuhan bibit beragam, apalagi jika Anda memiliki keinginan untuk menjualnya.

pexels.com

Langkah pertama untuk menyemai bibit, yaitu memeriksa suhunya terlebih dahulu, yaitu sekitar 18 hingga 33 derajat celcius. Lalu, rendam bibit bunga yang sudah disiapkan menggunakan campuran 1 gelas aqua pupuk organik cair dan 10 liter air selama 6 jam.

Setelah itu, keringkan bibit bunga ini yang sudah direndam menggunakan tisu. Siapkan tissu lagi yang sudah dilipat untuk meletakkan bibit dan mempercepat proses pertumbuhan. Apabila bibit tidak tumbuh dalam waktu 2 atau tiga hari, maka potong bagian tepi biji, lalu berikan tetesan air.

 

Baca Juga : Ini Pilihan Perabot yang Bagus Menggunakan Motif Burung Hantu

 

Memperhatikan Jarak Menanam Bibit

Tips menanam bunga matahari di taman depan rumah selanjutnya, yaitu memperhatikan jarak antar bibit. Bibit bunga ini memerlukan jarak yang renggang karena berguna untuk mempercepat proses pertumbuhan bunganya.

pexels.com

Setidaknya, setiap bibit membutuhkan jarak 45 cm satu sama lain agar pertumbuhannya maksimal. Masukkan dua benih bunga sekaligus ke dalam satu lubang yang sudah disiapkan. Berikutnya, tunggu selama 2 hingga 3 minggu untuk mengetahui perkembangan bibit ini.

Menutupi Bibit yang Ditanam dengan Botol Air Mineral

Setelah proses penanaman bibit selesai, maka tutupilah dengan botol atau gelas air mineral bekas dan beri penyangga dari kayu. Tujuan dari hal ini adalah untuk melindungi bibit bunga agar tidak mengalami kerusakan ketika masa pertumbuhannya.

pexels.com

 

Tak hanya itu saja, gelas bekas air mineral tersebut juga berguna untuk menjaga kelembaban bunga tersebut. Penutup dari botol bekas harus dibiarkan selama beberapa minggu saja hingga tunas terlihat tumbuh dengan sehat.

Merawat Bunga dengan Baik dan Memanennya

Satu lagi tips menanam bunga matahari di depan rumah, yaitu merawatnya dengan baik agar siap dipanen. Berilah pupuk secara teratur ketika tanaman ini berusia dua bulan agar bisa tetap bertumbuh dengan subur dan terhindar dari hama.

pexels.com

Setelah berusia 3 bulan, tanaman ini akan memiliki tunas yang harus dipotong agar tidak mengganggu pertumbuhannya dan membuatnya tetap cantik. Terakhir, jangan lupa untuk menyiram bunga secara rutin dua kali sehari.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru