Jenis Mawar yang Bagus untuk Dekorasi Taman

Bunga mawar menjadi primadona dari zaman dahulu hingga sekarang. Walaupun memiliki duri di seluruh batangnya, keindahan bunga ini tetap disukai banyak orang. Berikut adalah beberapa rekomendasi jenis mawar yang bagus untuk dekorasi taman di rumah Anda.

Mawar Inggris

Rekomendasi pertama untuk Anda koleksi adalah mawar Inggris. Ada banyak warna dari varietas mawar Inggris. Bentuk fisiknya lebih menyerupai semak-semak, sehingga sangat cocok bila ingin dijadikan sebagai pagar hidup taman Anda.

pexels.com

Pada dasarnya, mawar Inggris masuk ke dalam kelompok bunga mawar modern, di mana pada awal budidayanya dikembangkan dengan sangat hati-hati. Dari proses yang panjang akhirnya terciptalah mawar Inggris yang memiliki resistensi kuat terhadap penyakit dan memiliki aroma wangi yang khas.

Mawar Grandiflora

Apakah Anda pernah menjumpai bunga mawar dengan tekstur kelopak bunga yang padat berwarna merah muda atau ungu tua? Bisa jadi mawar tersebut adalah varietas Grandiflora yang diperkenalkan sejak tahun 1950-an silam. Ini juga merupakan salah satu jenis mawar yang bagus untuk dekorasi.

pexels.com

Mawar Grandiflora sendiri memiliki karakter sebagai semak yang tinggi menjulang, sehingga cocok untuk dijadikan pengaman taman. Varietas ini tercipta dari persilangan antara mawar Floribunda dan jenis Hybrid Tea.

Mawar Floribunda

Jenis mawar ketiga yang layak dilirik yaitu mawar Floribunda. Mawar jenis ini juga masuk ke dalam kelompok bunga mawar modern, di mana proses pembuatannya adalah menyilangkan antara Polyantha dan Hybrid Tea.

pexels.com

Ciri khas mawar Floribunda yakni terletak pada bunganya yang mekar dalam kelompok besar. Selain itu, warna yang dihasilkan juga sangat cerah dalam jangka waktu cukup panjang. Resistensi terhadap penyakit dari mawar Floribunda juga tergolong bagus seperti jenis mawar modern lainnya.

Mawar Polyantha

Bagi Anda yang mempunyai kesibukan cukup padat, mawar jenis Polyantha bisa dijadikan sebagai dekorasi taman. Selain karakternya menyerupai semak-semak, mawar ini juga mempunyai resistensi terhadap penyakit yang cukup kuat.

pexels.com

Kelebihan tersebut membuat mawar Polyantha banyak dicari oleh para penyuka tanaman hias. Bunga yang dihasilkan oleh varietas ini juga cerah dan banyak, sehingga taman Anda akan terlihat lebih hidup.

Mawar Groundcover

Rekomendasi jenis bunga mawar selanjutnya adalah mawar Groundcover. Sebagian orang lebih mengenal varietas ini sebagai mawar landscape. Hal itu dikarenakan pertumbuhannya yang cenderung rendah dan melebar.

pexels.com

Walaupun demikian, mawar Groundcover mampu tinggi menjulang hingga 3 kaki. Sebagai salah satu jenis mawar yang masuk ke dalam kategori mawar modern, mawar ini umumnya mekar pada saat musim semi. Karakter bunga mawar Ground Cover adalah tunggal dan ganda.

 

Baca Juga: Jenis Aglonema yang Bagus untuk Taman Depan Rumah

 

Mawar Hybrid Tea

Mawar Hybrid Tea menjadi rekomendasi berikutnya untuk mendekorasi taman rumah Anda. Bentuk fisik dari varietas ini adalah mempunyai kuncup yang besar dan tinggi memusat. Setiap kuncup biasanya terdapat antara 30-50 kelopak dengan batang tegak, panjang, dan lurus.

pexels.com

Varietas Hybrid Tea sangat direkomendasikan untuk Anda yang masih dalam kelas pemula. Hal itu dikarenakan mawar ini memiliki resistensi terhadap penyakit yang sedang, sehingga cukup untuk dijadikan sebagai objek belajar.

Mawar Bourbon

Mawar Bourbon adalah varietas lama (od garden) yang masih menjadi primadona hingga sekarang. Penamaan mawar ini adalah berdasarkan tempat ditemukannya bunga tersebut, yaitu di Ile Mourbon (sekarang dinamakan Reunion) yang berada di pantai Madagaskar Samudra Hindia

pexels.com

Ciri khas dari mawar Bourbon adalah pada batangnya yang memiliki sedikit duri, bahkan beberapa di antaranya tidak memiliki duri sama sekali. Keunikan lainnya yaitu mawar ini dapat dilatih untuk tumbuh merambat dan dibentuk sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Mawar Damask

Rekomendasi lain yang tidak kalah menarik adalah Mawar Damask. Pemberian nama tersebut karena asalnya dari Damaskus di Timur Tengah. Varietas ini dibawa ke Eropa sekitar tahun 1254 dan 1276.

pexels.com

Mawar Damask masuk ke dalam kategori old garden namun masih eksis hingga sekarang. Bunga yang dihasilkan cenderung menjorok ke dalam dengan aroma harum dan khas. Warna bunganya adalah putih kombinasi merah muda.

Mawar Noisette

pexels.com

Varian bunga mawar terakhir yang bisa menjadi dekorasi taman Anda yaitu bernama mawar Noisette. Meskipun tergolong ke dalam jenis old garden, mawar ini tetap bertahan di pasaran karena memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.         

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru