Cara Menata Bonsai di Depan Rumah dan Tips Memilihnya

Bonsai memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rata-rata pecinta tanaman kerdil tersebut akan memajang koleksi mereka di depan rumah, sehingga tampak seperti taman mini. Berikut ini beberapa langkah untuk menatanya agar terlihat rapi dan indah dilihat.

Cara Menata Bonsai di Depan Rumah

bonsai untuk luar rumah

pexels.com

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan supaya hasil akhir penataan bonsai sesuai dengan ekspektasi. Ikuti cara-caranya di bawah ini agar waktu yang Anda gunakan lebih efisien, namun mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Siapkan Tanaman yang Akan Dipajang

Langkah pertama yaitu menyiapkan tanaman yang akan dipajang di depan rumah. Pilihlah tanaman yang sudah atau mendekati jadi. Beberapa indikator tanaman tersebut siap pajang adalah sudah memiliki ranting utama, anak ranting, dan gerak dasar sesuai dengan keinginan.

Pilihlah tanaman berukuran kecil atau sedang. Apabila menghendaki tanaman yang besar, maka cukup gunakan 1 pohon saja. Hal ini bertujuan untuk membuat pandangan menjadi lebih leluasa dan memuat banyak koleksi tanaman.

  • Bersihkan Lahan yang Akan Ditempati

Langkah selanjutnya adalah membersihkan lahan yang akan digunakan sebagai tempat memajang koleksi tanaman Anda. Pembersihan dimaksudkan supaya taman lebih bersih, dan tidak mengganggu pandangan.

Proses ini harus Anda lakukan walaupun menggunakan tiang penyangga pot. Anda dapat menggunakan rumput liar yang dibersihkan untuk dibuat kompos. Dengan begitu, tidak ada yang terbuang sia-sia.

  • Siapkan Tiang Penyangga Pot

Cara nomor 3 adalah menyiapkan tiang penyangga pot. Pecinta bonsai umumnya menggunakan tiang penyangga berbahan dasar semen dan pasir yang dipesan secara custom. Tiang tersebut dapat Anda gunakan untuk meletakkan pot.

Apabila tidak mempunyai tiang penyangga, Anda dapat menggunakan batuan alam, batu bata, atau kayu yang disusun sedemikian rupa agar pot dapat terlihat dari jauh. Hal ini juga dapat memudahkan dalam melakukan perawatan.

  • Atur Letak Tanaman Sesuai dengan Keinginan

Langkah terakhir adalah mengatur letak tanaman sesuai dengan keinginan pilihlah satu atau dua tanaman koleksi Anda yang dirasa paling bagus. Letakkan tanaman tersebut pada posisi paling tinggi di antara tanaman yang lainnya.

Atur jarak setiap tanaman pada posisi yang ideal. Jarak yang disarankan adalah berkisar antara 50-80 cm. Apabila Anda meletakkan setiap pohon dengan jarak yang terlalu dekat dapat berpotensi tersenggol saat melakukan perawatan.

 

Baca Juga : Peran Penting Kotak Untuk Menyimpan Barang  di Rumah

 

Jenis Bonsai yang Cocok Diletakkan di Depan Rumah

Pemilihan tanaman untuk dipajang di depan rumah juga harus diperhatikan. Ada beberapa contoh tanaman yang bisa Anda jadikan referensi untuk dipajang. Walaupun demikian, sesuaikan dengan koleksi yang Anda miliki.

  • Asam Jawa

Asam Jawa mempunyai tekstur batang dan daun yang unik. Semakin tua usia bonggol atau pohonnya, maka kesan angker dari asam jawa akan semakin keluar. Hal ini dapat Anda jadikan daya tarik saat dipajang di depan rumah.

pinterest.com

Daun asam jawa juga cukup unik. Setiap pagi dan sore hari, daun tanaman tersebut akan mengatup dengan sendirinya. Hal ini juga berlaku ketika kondisi cuaca sedang dingin. Ketika pagi menjelang, asam jawa akan kembali membuka daunnya untuk berfotosintesis.

  • Sancang

Tanaman kedua yang tak kalah cantik untuk dipajang adalah sancang. Banyak kolektor sengaja menjadikan sancang sebagai ikon di depan rumah mereka. Hal itu dikarenakan pohon tersebut mempunyai karakter yang berbeda dengan pohon lainnya.

Sancang mempunyai daun seperti mangkuk. Saat gerak dasar, ranting, dan anak ranting mulai terbentuk, daun sancang akan mengecil dengan sendirinya. Bahkan, saat tanaman sudah siap pajang, ukuran daun sancang hanya 1-5 mm saja.

  • Ficus Dolar

Ficus dolar juga sangat cocok untuk dipajang di depan rumah. Daunnya yang lebar serta mengelilingi pohon utama membuat tanaman ini nyaman dipandang. Selain itu, daun dolar juga hijau muda cerah saat masih muda dan berubah menjadi hijau pekat saat sudah tua.

Kebanyakan pengoleksi tanaman akan meletakkan ficus dolar ke dalam pot mungil. Cara ini dilakukan untuk menghemat tempat dan memudahkan perawatan. Apabila ingin memindahkan ke tempat lain pun tidak akan kesulitan.

  • Anting Putri

Pilihan terakhir adalah bonsai anting putri. Tanaman ini terkenal dengan daunnya yang cukup lebat dan bunga putih cantik di sela-sela rantingnya. Sama seperti tanaman ficus dolar, anting putri juga dominan diletakkan di pot mungil.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru