Apakah Lebih Bagus Smart TV atau Android TV? Simak Penjelasannya!

Smart TV atau android tv

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah lebih bagus Smart TV atau Android TV untuk rumah Anda. Kedua jenis TV ini pada dasarnya memiliki beberapa perbedaan, mulai dari segi fisik maupun fitur teknologinya.

Agar Anda memahami lebih jelas lebih bagus Smart TV atau Android TV untuk kebutuhan keluarga Anda, yuk simak pembahasannya dalam artikel berikut!

Apa Itu Smart TV?

Smart TV dapat dijelaskan sebagai sebuah perangkat televisi yang memiliki akses ke internet. TV ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengakses konten secara online dengan menghubungkannya secara wireless atau memakai kabel ethernet.

Perbedaannya dengan TV digital adalah Smart TV memiliki aplikasi khusus yang memang dirancang khusus untuk Anda melakukan streaming acara televisi, film, video, atau bahkan musik. Streaming itu dapat dilakukan tanpa memerlukan kotak streaming.

Bentuk dari Smart TV sekilas akan mengingatkan Anda dengan bentuk komputer. Tertarik untuk membelinya?

Pengertian Android TV, Canggih Banget!

Apa itu Android TV? Android TV merupakan sebuah perangkat televisi yang dikembangkan oleh google. Secara fitur, sebenarnya Android TV lebih unggul karena fitur-fiturnya lebih banyak dibandingkan Smart TV.

Jenis tipe ini juga memiliki konektivitas internet. Selain itu, Anda juga bisa menerima lebih banyak akses konten dan aplikasi yang tersedia di Google Play Store saat menggunakan Android TV.

Pada dasarnya, memang Android TV termasuk dalam kategori Smart TV. Hal yang membedakannya adalah beberapa fitur dan fungsi tambahan yang tersedia oleh sistem operasi Android.

Dengan sistem operasi Android, ada banyak fasilitas bawaan yang ditawarkan Android TV, contohnya seperti seperti Google Assistant dan Chromecast. Nilai plusnya lagi, apabila Anda masuk menggunakan akun yang sama seperti pada ponsel, akan dapat mengakses semua aplikasi dan langganan yang telah Anda simpan sebelumnya.

Untuk Anda pengguna pengguna ponsel Android, kemudahaan ini akan sangat menguntungkan!

Lebih Bagus Smart TV atau Android TV? Berikut Panduan Memilihnya!

Sebelum memutuskan untuk memilih jenis televisi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut telah kami rangkum beberapa panduan memilih Smart TV atau Android TV. Check this out!

1. Cari Tahu Apa Aplikasi Pendukung TV

Pertama-tama sebelum memilih jenis TV yang tepat, Anda harus mencari tahu apakah jenis TV tersebut membutuhkan aplikasi khusus untuk menikmati siaran TV?

Apabila iya, maka Android TV sebenarnya lebih simpel dan bisa diandalkan. Sebab, aplikasinya pasti sudah tersedia di App Library atau Google Play Store. 

Anda bisa langsung memilih aplikasi nonton film dan video favorit. Bahkan, Anda bisa menggunakan aplikasi YouTube sampai Netflix pada televisi karena itu sudah termasuk optimalisasi platform yang mendukung!

Sedangkan, perangkat Smart TV umumnya menggunakan sistem operasi lain, mulai dari operasi bawaan dari pabrikan dengan aplikasi yang cukup terbatas. Namun, Anda tetap bisa menikmati layanan streaming di Smart TV! Karena akses ke Netflix, YouTube, atau Prime Video kebanyakan memang tersedia di Smart TV.

2. Pertimbangkan Fitur Screen Mirroring

Panduan kedua untuk membandingkan lebih bagus Smart TV atau Android TV adalah mempertimbangkan fitur screen mirroring-nya. Apakah Anda pernah dengar soal fitur ini sebelumnya?

Screen mirroring atau yang disebut juga sebagai keterhubungan layar dapat menghubungkan televisi Anda perangkat smartphone. Pada poin ini, Android TV memang diunggulkan lagi karena kehadiran fitur Chromecast yang sudah built-in. Yang berarti, Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk menggunakan fiturnya.

Di sisi lain, Smart TV memang memerlukan Anda memiliki aplikasi tambahan apabila ingin menggunakan screen mirroring. Sedikit catatan, beberapa tipe atau merek Smart TV memang tak memiliki fitur screen mirroring ini.

3. Pelajari Fitur Voice Assistant Pada Perangkat TV

Perbandingan lainnya dapat dilihat dari kehadiran fitur Voice Assistant. Apa itu fitur voice assistant? Voice assistant adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol televisi mereka melalui perintah suara. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan remote tambahan.

Dari pertimbangan ini, lagi-lagi Android TV unggul karena telah dibekali dengan Google Assistant dari Google. Sedangkan tidak semua Smart TV punya fiturnya.

Beberapa merk TV menengah ada yang memiliki voice control. Walaupun penggunaan dan fungsinya tidak selengkap fitur Google Assistant dari Android TV.

4. Kenali Pembaruan Aplikasi dan OS-nya

Selanjutnya, berhubungan dengan poin kedua tentang pilihan koleksi aplikasi, Anda juga bisa mencari tahu lebih bagus Smart TV atau Android TV dari segi pembauran aplikasi maupun OS.

Perangkat Smart TV seringnya memiliki pembaruan yang cukup lama dan sulit. Sedangkan, Android TV dapat melakukan pembaruan aplikasi dan OS secara otomatis. Tak hanya itu, Android TV juga memiliki konektivitas dengan WiFi yang baik.

5. Pertimbangkan Juga Layanan Purnajual

Pertimbangan terakhir dari keputusan memilih perangkat televisi yang tepat adalah layanan purna jualnya. Nah, Smart TV maupun Android TV memang sama-sama memiliki layanan tersebut.

Mulai dari garansi yang diberikan, layanan servis ketika terjadi masalah, ataupun harga jual kembali. Dari sisi ini, harga Smart TV relatif lebih stabil karena pengoperasiannya cenderung lebih mudah dan perawatannya yang lebih ringan.

5 Tips Memilih Smart TV atau Android TV yang Tepat

Saat ini, ada banyak pilihan Smart TV atau Android TV yang bisa Anda temukan di pasaran. Agar Anda tidak bingung, kami telah merangkum beberapa panduan memilihnya di bawah ini! Berikut uraiannya:

1. Ukuran Smart TV atau Android TV

Tips pertama, adalah Anda harus mencari tahu seberapa besar ruangan tempat meletakkan televisi tersebut. Contohnya, Anda bisa memilih TV berukuran 32 inci untuk ruangan yang tidak terlalu besar. Sedangkan, untuk ukuran ruangan yang lebih luas, pilihlah ukuran inci televisi yang lebih besar.

Ukuran Smart TV atau Android TV yang sesuai kebutuhan akan membuat suasana menonton menjadi lebih menyenangkan. Penting, nih!

2. Fitur-fitur yang Ditawarkan Oleh Smart TV atau Android TV

Selain itu, Anda bisa mencari tahu apa saja fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Smart TV atau Android TV. Untuk Anda yang ingin menonton melalui layanan streaming, Anda sebaiknya memilih smart TV karena dapat terhubung dengan bluetooth atau wifi.

Tapi, Anda juga bisa memilih Android TV karena ada fitur Google Assistant yang bisa membuat Anda mengontrol televisi dengan leluasa melalui audio saja.

3. Pastikan Konektivitas Smart TV atau Android TV cukup baik

Tips yang berikutnya adalah memerhatikan konektivitasnya. Pastikan bahwa Anda bisa menyambungkan koneksi internet melalui televisi dengan lebih mudah. Hal ini akan menentukan kelancaran streaming Anda saat menonton televisi.

4. Pilih Smart TV atau Android TV yang Memiliki Garansi Resmi

Berikutnya, Anda juga bisa memilih Smart TV atau Android TV yang telah dilengkapi dengan garansi resmi. Sehingga, saat ada kerusakan, Anda bisa memperbaiki televisi dengan lebih nyaman.

Biasanya garansi ini bervariasi tergantung dari merk televisi yang Anda beli. Tips penting, nih!

5. Sesuaikan Pilihan Smart TV atau Android TV dengan Budget

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah menyesuaikan anggaran yang Anda miliki. Jangan sampai pilihan Smart TV atau Android TV Anda memberatkan anggaran pengeluaran, ya.

Tapi, sekarang sudah banyak kok jenis televisi yang harganya ramah di kantong dan memiliki fitur-fitur unggulan!

Itu dia pembahasan lengkap tentang perbandingan lebih bagus Smart TV atau Android TV. Sekarang Anda sudah lebih paham kan soal perbedaan kedua jenis televisi tersebut?

Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru